Comscore Tracker

Lawan Pelecehan, Facebook Bikin Fitur Perlindungan Perempuan

Facebook akan gunakan teknologi Artificial Intelligence

Jakarta, IDN Times - Facebook melakukan aksi nyata perlindungan terhadap perempuan di dunia maya. Facebook melalui blog resminya mengatakan bahwa upaya ini dilakukan agar perempuan lebih nyaman bermedia sosial di Facebook.

Ini adalah bentuk perlindungan perempuan dari revenge porn--membagikan foto intim tanpa izin yang dapat berdampak pada korban secara negatif.

Fitur apa saja yang akan digunakan Facebook untuk melindungi pelecehan perempuan di media sosial?

1. Akan gunakan AI

Lawan Pelecehan, Facebook Bikin Fitur Perlindungan PerempuanFreepik.com/Tirachard

Rencananya Facebook akan gunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Mesin Facebook akan dipertajam untuk proaktif mendeteksi foto dan video telanjang atau hampir telanjang yang dibagikan tanpa izin. Jadi mesin akan bekerja tanpa perlu menunggu laporan pengguna yang menjadi korban.

Baca Juga: Langgar Privasi, Facebook Didenda 5 Miliar Dolar AS 

2. Sidik jari digital

Lawan Pelecehan, Facebook Bikin Fitur Perlindungan Perempuanventurebeat.com

Facebook juga akan membuat sistem sidik jari digital yang digunakan untuk melindungi files. Sistem ini dapat menghindarkan files dibagikan tanpa izin oleh orang lain. AI dikembangkan untuk mendeteksi foto atau video yang dibagikan tanpa izin oleh pemiliknya.

"Tema umum mengenai keamanan perempuan cenderung sama di berbagai tempat di dunia. Tapi jika melihat lebih spesifik ke negara atau wilayah tertentu, perilakunya sangat dipengaruhi oleh budaya setempat," ujar Wakil Direktur Manajemen Kebijakan Global Monica Bickert dikutip dari blog resmi Facebook, Rabu (30/10).

3. Kasus di tiap negara berbeda

Lawan Pelecehan, Facebook Bikin Fitur Perlindungan PerempuanIDN Times/Arief Rahmat

Kebijakan Facebook dalam memahami isu keamanan perempuan juga diperbaharui setelah berdiskusi dengan para ahli dan organisasi pemberdayaan perempuan di berbagai negara di dunia.

Hasilnya, tiap negara memiliki isu pelecehan seksual yang berbeda-beda sesuai dengan norma dan budaya yang ada. Misalnya, mengunggah foto bersama laki-laki yang bukan anggota keluarganya bukanlah hal yang lumrah di beberapa negara.

"Untuk menyikapi perbedaan tipe pelecehan yang luas, aturan kami harus bijaksana dan komprehensif," kata Facebook.

4. Fitur khusus di tiga negara ini

Lawan Pelecehan, Facebook Bikin Fitur Perlindungan PerempuanInstagram/roshagulla

Fitur khusus juga dibuat oleh Facebook bagi perempuan di India, Pakistan, dan Mesir. Fitur tersebut berupa kontrol untuk mengatur siapa yang dapat mengunduh serta membagikan foto profil mereka. Ini dilakukan karena ada kekhawatiran penggunaan foto profil dicuri dan digunakan oleh orang lain untuk tujuan jahat.

Selain itu secara global, Facebook memberikan alat untuk mengelola akun antara lain mengabaikan pesan, memblokir akun tanpa sepengetahuan pemilik akun tersebut.

Baca Juga: Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu dari Perangkat Facebook Portal Teranyar

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya