Comscore Tracker

7 Teknologi Ini Diprediksi akan Punah 10 Tahun Lagi, Siap-siap Ya!

Selalu ada inovasi baru

Teknologi selalu berubah cepat. Selalu muncul inovasi baru di setiap zamannya untuk menggantikan teknologi yang lebih dulu ada, atau menyempurnakannya menjadi lebih baik. 

Contohnya disket berganti menjadi flash disk dan belakangan orang menggunakan penyimpanan google drive atau iCloud. Begitu juga dengan smartphone yang terus berkembang dengan teknologinya.

Seiring perkembangan zaman, 7 teknologi ini bisa jadi tidak berguna lagi 10 tahun mendatang. Apa saja itu?

1. Remote control

7 Teknologi Ini Diprediksi akan Punah 10 Tahun Lagi, Siap-siap Ya!youtube.com

Kehilangan remote televisi di bawah bantal atau sofa adalah masalah yang ada di masa lalu. Kini sudah banyak teknologi yang tersambung ke Wi-Fi. Artinya televisi, AC, atau kipas angin sudah bisa dikontrol melalui komputer, tablet, handphone, atau bahkan smartwatch.

Tidak hanya itu, teknologi assistant seperti Alexa dan Siri juga bisa menggantikan tugas remote kontrol. Kamu hanya perlu menggunakan suara untuk mengoperasikannya.

2. Kartu kredit

7 Teknologi Ini Diprediksi akan Punah 10 Tahun Lagi, Siap-siap Ya!deserve.com

Ketika pertama kali ditemukan, kartu kredit benar-benar memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Mereka tidak perlu lagi membawa banyak uang tunai karena kartu kredit bisa membayarkan tagihan dengan mudah. Akan tetapi itu sudah 70 tahun yang lalu.

Kini sudah banyak uang elektronik yang menawarkan kemudahan pembayaran. Kamu hanya perlu install aplikasinya di handphone tanpa membawa banyak kartu di dompet.

3. CD dan DVD

7 Teknologi Ini Diprediksi akan Punah 10 Tahun Lagi, Siap-siap Ya!cdrinfo.com

Sudah bukan hal yang mengejutkan lagi kalau media fisik seperti CD dan DVD sudah banyak ditinggalkan. Pernahkah kamu mendengarkan lagu dari CD selama sebulan terakhir?

Masyarakat sekarang lebih menyukai layanan streaming seperti Joox dan Spotify untuk musik. Sedangkan untuk video kini sudah ada Netflix dan YouTube yang merajai pasaran. Mereka tidak lagi membutuhkan media fisik untuk mendapatkan hiburan.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Channel YouTube via Smartphone

4. Charger kabel

7 Teknologi Ini Diprediksi akan Punah 10 Tahun Lagi, Siap-siap Ya!fonepaw.com

Kira-kira sepuluh tahun dari sekarang kamu tidak perlu lagi khawatir kehabisan baterai handphone walaupun tidak membawa kabel Teknologi ini akan digantikan dengan charger wireless yang lebih praktis. Bahkan sejumlah perusahaan gadget sudah mulai menciptakan alat charging yang bisa mengubah gelombang radio dan Wi-Fi menjadi listrik untuk mengisi baterai handphone.

5. ATM

7 Teknologi Ini Diprediksi akan Punah 10 Tahun Lagi, Siap-siap Ya!bangkokpost.com

Walaupun sudah ada uang elektronik, uang tunai masih mendominasi perekonomian. Ini karena masih banyak orang yang belum terbiasa dengan teknologi tersebut. Namun percaya atau tidak, kira-kira sepuluh tahun dari sekarang, cashless society diprediksi akan terwujud sepenuhnya.

Dilansir dari ListVerse, kini hanya sembilan persen populasi dunia yang masih menggunakan uang fisik. Oleh karena itu, nantinya orang tidak lagi membutuhkan ATM untuk menarik uang.

6. Menara telekomunikasi

7 Teknologi Ini Diprediksi akan Punah 10 Tahun Lagi, Siap-siap Ya!IDN Times/Istimewa

Menara telekomunikasi atau yang sering disebut sebagai BTS (Base Tranceiver Station) berfungsi untuk menjembatani jaringan telekomunikasi dengan perangkat pengguna. Namun bagaimana bisa teknologi tersebut ditinggalkan? Ini karena sebagian handphone sudah dirancang untuk tidak memerlukan tower tersebut.

Qualcomm adalah perusahaan pertama yang menyadarinya dan sudah mulai meneliti bagaimana cara mengembangkan teknologi penggantinya. Pada akhirnya, kita tidak lagi memerlukan menara telekomunikasi.

7. Bioskop

7 Teknologi Ini Diprediksi akan Punah 10 Tahun Lagi, Siap-siap Ya!imgix.net

Para ahli sudah membahas topik ini berkali-kali. Akan tiba saatnya orang tidak lagi pergi ke bioskop untuk menonton film terbaru. Ini karena sudah banyak smart TV yang bisa menggantikan perannya. Sebagian bahkan menawarkan fitur 3D seperti bioskop. Selain itu, ilmuwan memprediksi di masa depan masyarakat akan beralih ke Virtual Reality untuk menikmati film.

Tentu saja jika hilang teknologi yang muncul akan lebih canggih. Jangan merasa kehilangan!

Baca Juga: Spesifikasi Mirip, 7 Alasan HP Xiaomi Bisa Lebih Murah dari Samsung

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya