Comscore Tracker

Yuk Gunakan Aplikasi Password Manager, Ini 7 Alasan Logisnya

Kamu tidak perlu mengingat semua password

Handphone kini sudah menjadi pusat kehidupan generasi Millennials. Email, Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain semuanya diakses lewat HP.

Semakin banyak akun, semakin banyak pula password yang harus kamu ingat. Jika kamu termasuk orang yang sering lupa, maka boleh jadi kamu membutuhkan aplikasi password manager

Kira-kira apakah aman untuk menyimpan password di aplikasi tersebut? Apa keuntungan yang bisa kita dapatkan ya? Berikut ini tujuh penjelasan kenapa kamu membutuhkan bantuan password manager.

1. Kamu tidak perlu mengingat semua password

Yuk Gunakan Aplikasi Password Manager, Ini 7 Alasan Logisnyahswstatic.com

Coba hitung berapa banyak kata sandi yang kamu gunakan setiap harinya. Untuk membuka email, media sosial, Spotify, market place, dan masih banyak lagi. Jika hanya satu atau dua akun saja mungkin kamu sanggup. 

Akan tetapi jika sudah mencapai lebih dari lima, besar kemungkinannya untuk tertukar kan? Jika kamu menggunakan password manager, kamu tidak perlu mengingat semuanya. Cukup tuliskan saja di dalam aplikasi tersebut.

2. Kamu hanya perlu mengingat satu password

Yuk Gunakan Aplikasi Password Manager, Ini 7 Alasan Logisnyapicdn.net

Menggunakan password manager bisa meringankan ingatanmu. Kamu hanya perlu mengingat satu kata sandi, yaitu untuk membuka aplikasi tersebut. Bahkan terkadang kamu tidak perlu memasukkan password. Cukup gunakan opsi fingerprint dan aplikasi tersebut bisa terbuka hanya dengan sentuhan jari.

3. Password manager bisa mengisikan kata sandi di situs dan aplikasi

Yuk Gunakan Aplikasi Password Manager, Ini 7 Alasan Logisnyacodinginfinite.com

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan password manager adalah ia bisa menghemat waktumu. Kamu tidak perlu lagi mengisi password setiap kali akan masuk ke situs atau aplikasi handphone. Password manager bisa mengisikannya untukmu secara otomatis.

Bagaimana caranya? Ketika laman login dikunjungi, aplikasi bisa mendeteksinya. Kemudian akan muncul opsi apakah kamu mau mengisi password sendiri atau membiarkan aplikasi mengerjakannya.

Baca Juga: 8 Cara Ini Baik untuk Menjaga Privasi Para Milenial di Media Sosial

4. Kamu bisa mengecek dan mengubah password yang tersimpan

Yuk Gunakan Aplikasi Password Manager, Ini 7 Alasan Logisnyamakeuseof.com

Jika sudah menggunakan password manager, kamu pasti akan ketagihan dengan sistem auto-login yang dimilikinya. Akan tetapi bagaimana jika kamu perlu mengetahui kata sandimu? Kamu bisa membuka aplikasi dan cari password akun yang kamu butuhkan. Kemudian klik ikon mata untuk melihat kata sandi yang disembunyikan.

5. Kamu bisa mengaksesnya dari berbagai perangkat

Yuk Gunakan Aplikasi Password Manager, Ini 7 Alasan Logisnyalivemint.com

Handphone-mu ketinggalan tapi kamu harus membuka akun melalui komputer? Hal ini tidak jadi masalah kok. Sebagian besar password manager bisa dipasang di berbagai perangkat. Mulai dari handphone, tablet, hingga PC. Misalnya LastPass yang tersedia di Windows, Linux, iOS, Mac, dan Android. 

Kamu bisa menyinkronkan akun di setiap perangkat yang kamu miliki. Hanya perlu login ke akun yang sudah kamu miliki, aplikasi akan mendapatkan data yang tersimpan.

6. Password manager aman untuk digunakan

Yuk Gunakan Aplikasi Password Manager, Ini 7 Alasan Logisnyalastpass.com

Tentu kamu bertanya-tanya apakah aplikasi ini aman atau tidak kan? Pertama, password manager dilengkapi dengan master password atau kata sandi utama untuk bisa diakses. Ini bisa mengamankan penyimpanan sehingga hanya kamu yang bisa melihat data.

Selain itu password manager yang terpercaya menyediakan akses konten terenkripsi untuk penggunanya. Ini berarti hanya kamu yang bisa mengakses datamu. Tidak ada orang lain yang bisa melihatnya, termasuk developer.

7. Rekomendasi password manager yang bisa kamu pasang

Yuk Gunakan Aplikasi Password Manager, Ini 7 Alasan Logisnyapsafe.com

Ada banyak aplikasi password manager yang tersedia di App Store dan Play Store. Kamu bisa mencoba LastPass, Bitwarden, iCloud Keychain, Google Smart Lock, dan One Key. Mereka menawarkan layanan gratis untuk menyimpan kata sandi. Jika ingin fitur-fitur tambahan kamu harus membayar biaya berlangganan.

Apakah kamu tertarik untuk menggunakan password manager? Kamu bisa coba aplikasi di atas ya!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Edit Wajah Jadi Tua Selain FaceApp

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Just For You