Comscore Tracker

8 Hal yang Harus Dihindari Agar Koneksimu Aman Memakai WiFi Publik

Ternyata ada konsekuensinya meski gratis

Ada satu hal yang kini hampir selalu ditanyakan ketika kita memasuki cafe atau tempat nongkrong. "Ada WiFI gak?"

Pertanyaan itu memang mempertegas kebutuhan kita akan internet. Apalagi dengan adanya WiFi bisa puas nonton video tanpa khawatir harus kehabisan kuota yang memang kita persiapkan untuk sebulan ke depan.

Tapi apakah kamu yakin tidak ada konsekuensi di baliknya? Pada kenyataannya, ada banyak bahaya keamanan dan privasi yang dibawa oleh WiFi publik, terutama yang gratis.Contohnya, malware, penipuan, pencurian identitas, hingga phishing.

Ini cara mengakses WiFi publik agar aman. Yuk, disimak!

1. Jangan membuka akun bank, kartu kredit, dan akun finansial lainnya

8 Hal yang Harus Dihindari Agar Koneksimu Aman Memakai WiFi Publikclark.com

WiFi publik yang tidak aman rentan terhadap serangan hacker. Mereka dapat memonitor segala aktivitasmu.

Tak mau uangmu dicuri, kan? Maka dari itu, jangan buka akun finansialmu saat tersambung dengannya. 

2. Jangan mencentang pilihan sambung WiFi secara otomatis

8 Hal yang Harus Dihindari Agar Koneksimu Aman Memakai WiFi Publikunis.no

Walaupun sepele, menyambung WiFi secara otomatis ternyata dapat menempatkan perangkatmu dalam risiko keamanan. Kenapa demikian? Pilihan tersebut membuat kita tidak sadar ketika sedang terkoneksi. Bisa jadi, ada file penting yang sedang kita buka dan akhirnya pihak lain dapat mengaksesnya juga.

3. Jangan masuk ke akun-akun yang memerlukan password

8 Hal yang Harus Dihindari Agar Koneksimu Aman Memakai WiFi Publiktnwcdn.com

Dilansir dari Reader’s Digest, pengguna WiFi publik sebaiknya tidak log in ke akun yang membutuhkan username dan password. Hal ini dapat memberikan kesempatan bagi hacker untuk mencuri identitas dan akun kita. Tak mau hal itu sampai terjadi padamu, kan?

4. Jangan membuka file perusahaan

8 Hal yang Harus Dihindari Agar Koneksimu Aman Memakai WiFi Publikgreenwaldllp.com

Selanjutnya, jangan pernah membuka file yang bersifat konfidensial. Misalnya dari perusahaan tempatmu bekerja. Selain meminimalkan risiko terhadap peretasan, ini juga bertujuan untuk menghindari virus menyerang file tersebut. Selain itu, kamu juga sebaiknya tidak membuka email bisnis dan alat-alat yang kamu gunakan untuk bekerja. 

Baca Juga: Spek Gahar! Ini 7 Laptop dengan Performa Tinggi untuk Editing Video

5. Jangan mengakses email pribadi

8 Hal yang Harus Dihindari Agar Koneksimu Aman Memakai WiFi Publiklifewire.com

Selain tidak dianjurkan untuk membuka email perusahaan, kita juga sebaiknya tidak mengakses email pribadi kita dengan WiFi publik. Pasalnya, akun tersebut pasti kamu daftarkan ke berbagai media sosial dan akun lainnya.

Jika orang lain sampai mengetahui email dan password-mu, maka terbayang kan apa yang akan terjadi? Risiko peretasan pasti meningkat.

6. Jangan membuka URL yang alamatnya “http”

8 Hal yang Harus Dihindari Agar Koneksimu Aman Memakai WiFi Publikpickaweb.co.uk

Apa maksud dari larangan yang satu ini? Website yang beralamatkan “http” biasanya tidak terenkripsi, alias tidak terjamin keamanannya.

Maka dari itu, kamu harus selalu memastikan bahwa website yang kamu kunjungi memiliki alamat yang dimulai dengan “https”. Ini adalah salah satu indikasi bahwa situs tersebut aman.

7. Jangan berbelanja online

8 Hal yang Harus Dihindari Agar Koneksimu Aman Memakai WiFi Publikfinancialexpress.com

Berbelanja online sebaiknya menggunakan koneksi pribadi. Pasalnya, ketika kita check out, situs akan menampilkan beberapa informasi yang sifatnya konfidensial.

Mulai dari nomor telepon, alamat, nama lengkap, hingga nomor rekening bank. Menggunakan WiFi publik yang rentan “disusupi” akan meningkatkan risiko pembobolan akun dan tabungan kita di bank.

8. Jangan membagikan file

8 Hal yang Harus Dihindari Agar Koneksimu Aman Memakai WiFi Publikidgesg.net

Kamu harus menonaktifkan bluetooth dan sistem file sharing laptop ketika menggunakan WiFi publik. Kenapa? Lagi-lagi alasannya serupa, yaitu untuk menghindari adanya peretasan dan penyusupan oleh hacker. Mereka dapat mengakses file yang ada di laptopmu dengan mudah ketika kamu lengah. 

Lalu apa yang sebaiknya dilakukan agar perangkat kita aman?

8 Hal yang Harus Dihindari Agar Koneksimu Aman Memakai WiFi Publikpcmag.com

Ketika menggunakan WiFi publik, kita sebaiknya mengaktifkan Virtual Private Network (VPN). alat tersebut akan mengenkripsi semua data sehingga kita lebih terlindungi dari orang-orang tak bertanggung jawab. Walaupun begitu, VPN hanya memberikan satu layer proteksi saja. Kamu harus tetap menaati aturan di atas agar perangkat dan datamu lebih aman. 

Baca Juga: Pakai VPN karena Medsos Down, Ini Bahayanya Menurut Menkominfo

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya