Comscore Tracker

Boros Baterai, Aplikasi-aplikasi Ini Bikin Handphone Cepat Lowbat

Kalau gak sedang digunakan ditutup saja

Terkadang kamu merasa bingung kenapa baterai handphone kamu cepat terkuras dayanya. Padahal kamu merasa sudah benar dalam pengisian baterai. 

Tapi kamu harus menyadari jika ada beberapa aplikasi android yang menyedot banyak daya baterai. Meski tidak sedang dibuka mereka terus berjalan sebagai background

Selain itu paket internet kamu juga disedot lho. Jadi sebenarnya kamu bisa lebih menghemat baterai jika cermat dalam pemakaian aplikasi berikut.


Dilansir dari peringkat yang dibuat oleh Avast dan AVG, berikut aplikasi yang cepat menguras baterai kamu.

1. Snapchat

Boros Baterai, Aplikasi-aplikasi Ini Bikin Handphone Cepat Lowbatsocialbarrel.com

Kabar buruk untuk pengguna setia Snapchat. Media sosial ini masuk ke dalam salah satu aplikasi pengisap baterai teratas berdasarkan survei. Ini karena aplikasi tersebut memiliki banyak filter dan harus memproses foto dan video. Dilansir dari XDA Developers Forum, sejumlah pengguna mengaku baterai mereka jauh lebih awet setelah uninstall Snapchat.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah mematikan data untuk aplikasi tersebut jika sedang tidak digunakan. Kamu juga bisa mengaktifkan fitur Travel Mode yang ada di Snapchat untuk menghindari loading foto dan video.

2. Tinder

Boros Baterai, Aplikasi-aplikasi Ini Bikin Handphone Cepat Lowbatstraight.com

Tinder memang mendorong aktivitas sosialmu, tetapi ia memakai banyak daya baterai handphonemu. Alasannya sederhana, Tinder secara konstan mendeteksi lokasi sehingga kamu bisa menemukan orang-orang yang terdekat dengan posisimu.

Untuk mengatasinya, kamu tidak hanya harus menutup aplikasi. Matikan semua notifikasi jika sedang tidak diperlukan. Ini bisa mengurangi daya yang diserap oleh Tinder.

3. Facebook

Boros Baterai, Aplikasi-aplikasi Ini Bikin Handphone Cepat Lowbatandroidpolice.com

Media sosial dengan pengguna terbanyak ini juga termasuk dalam daftar pengisap daya baterai handphone terbesar. Ini masuk akal karena Facebook memuat banyak konten yang memperberat kinerja handphone, seperti link, tulisan, video, dan foto.

Sadar akan masalah ini, Facebook meluncurkan versi mini dari aplikasinya yang dinamakan Facebook Lite. Tentunya ada beberapa fitur yang tidak bisa kamu akses melalui Facebook Lite, tapi ini lebih baik daripada handphonemu boros baterai.

Baca Juga: Ganti HP, Ini Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp yang Hilang

4. Aplikasi bawaan Samsung

Boros Baterai, Aplikasi-aplikasi Ini Bikin Handphone Cepat Lowbatyoutube.com

Salah satu masalah yang ada di handphone Android adalah banyaknya aplikasi bawaan yang terpasang secara otomatis, khususnya pada Samsung. Kamu pengguna Samsung pasti menyadari hal ini kan? Kamu mungkin tidak banyak menggunakannya, tetapi mereka tetap berjalan di background. Tiga tersangka utamanya adalah Samsung Link, Beaming Service for Samsung, dan WatchON.

Untuk mengatasi hal ini yang bisa kamu lakukan adalah mematikannya. Pergilah ke Settings > Application Manager > All dan klik salah satu aplikasi. Matikan Show notifications, klik Clear Data, dan Disable.

5. Tik Tok

Boros Baterai, Aplikasi-aplikasi Ini Bikin Handphone Cepat Lowbatvideomaker.com

Aplikasi yang banyak diminati anak-anak dan remaja ini menguras RAM, data internet, dan baterai. Pasalnya kamu harus mengaktifkan kamera dan internet secara bersamaan.

Selain itu, banyaknya video yang harus dimuat juga menjadi penyebabnya. Seperti sebelumnya, hal yang harus kamu lakukan adalah dengan mematikannya saat tidak sedang digunakan.

6. Youtube, Netflix, dan aplikasi streaming video lainnya

Boros Baterai, Aplikasi-aplikasi Ini Bikin Handphone Cepat Lowbattechbullion.com

Hampir semua aplikasi yang melibatkan elemen visual menguras banyak baterai. Tidak terkecuali aplikasi streaming video seperti Youtube dan kawan-kawannya. Hal yang bisa kamu lakukan adalah mengatur tingkat kecerahan handphone ke paling rendah dan tidak menggunakan headphone bluetooth.

Selain itu ada baiknya kamu juga memasang aplikasi handphone untuk bisa menghemat daya. Misalnya Greenify, Avast Battery Saver, DU Battery Saver, dan lain-lain. Selamat mencoba!

Baca Juga: Didominasi oleh Perusahaan Besar, Ini 8 Smartphone Terbaik 2019

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya