Comscore Tracker

Jadi Lebih Mudah, 9 Aplikasi Ini Bisa Membantu Ibadah di Bulan Ramadan

#RamadanDiRumah Semoga ibadahnya berkah ya!

Alhamdulillah, Bulan Ramadan sudah genap dua pekan kita lalui. Semoga semangatmu untuk beribadah tetap tak tergoyahkan, ya. 

Agar kamu tetap semangat dan tidak lengah, ada sejumlah aplikasi smartphone yang bisa membantumu. IDN Times merangkumnya dalam sembilan kategori. Yuk, intip rekomendasinya berikut ini!

1. Alquran digital

Jadi Lebih Mudah, 9 Aplikasi Ini Bisa Membantu Ibadah di Bulan Ramadanislamidia.com

Ini adalah aplikasi pertama yang wajib kamu miliki karena sangat praktis. Kamu bisa membawanya ke mana saja untuk mencapai target baca Alquran selama bulan Ramadan ini.

Ada banyak aplikasi yang tersedia di Play Store dan App Store. Contohnya Quran for Android, Al Quran Indonesia, Quran Best, dan lain sebagainya. Jangan lupa cari yang ada terjemahannya, ya, agar kamu semakin memahami apa makna bacaanmu.

Baca Juga: Untuk Para Jomblo, Ini Kumpulan Doa Meminta Jodoh yang Baik

2. Waktu salat

Jadi Lebih Mudah, 9 Aplikasi Ini Bisa Membantu Ibadah di Bulan Ramadanplay.google.com

Aplikasi selanjutnya adalah penunjuk waktu salat. Kamu harus memilikinya terutama di saat banyak masjid tidak beroperasi seperti ini.

Contoh aplikasi yang bisa kamu unduh adalah Muslim Pro, iPray, Athan Now, dan lain-lain. Pastikan kamu menyesuaikan lokasimu di dalam aplikasi agar waktu yang ditunjukkan lebih akurat, ya!

3. Pengingat waktu imsak dan berbuka

Jadi Lebih Mudah, 9 Aplikasi Ini Bisa Membantu Ibadah di Bulan Ramadanplay.google.com

Tak kalah penting, di bulan Ramadan ini, kita membutuhkan aplikasi yang bisa menunjukkan waktu imsak dan berbuka puasa. Dengan begitu, kita bisa makan sahur dan berbuka tepat waktu.

Pada umumnya, aplikasi penunjuk waktu salat juga memiliki fitur ini kok. Atau jika ingin alternatif lainnya, kamu bisa coba Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan atau Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla. 

4. Penunjuk arah kiblat

Jadi Lebih Mudah, 9 Aplikasi Ini Bisa Membantu Ibadah di Bulan RamadanANTARA FOTO/REUTERS/Yasser Bakhsh

Salah satu syarat sah salat adalah kita harus menghadap ke arah kiblat. Maka dari itu, jangan ragu untuk memasang aplikasi arah kiblat di smartphone kamu. Contohnya, Qibla, Qibla Finder, Qibla Compass, dan lain-lain. Ketika arah kiblat lebih akurat, salat pun jadi lebih afdal!

5. Kumpulan doa salat sunnah

Jadi Lebih Mudah, 9 Aplikasi Ini Bisa Membantu Ibadah di Bulan Ramadanmadrasatelquran.com

Ramadan adalah bulan di mana kita harus meningkatkan ibadah kita. Salah satunya adalah dengan memperbanyak salat sunnah. Jika kamu tidak tahu doa apa yang harus dibaca, ada banyak aplikasi yang bisa membantumu, lho. Install saja aplikasi seperti Sholat Sunnah Lengkap, Shalat Sunnah & Dzikir Doa, atau Tuntunan Shalat Sunnah. 

Baca Juga: 20 Game Offline Android Terbaik 2020, Anti Bosan Gak Boros Internet!

6. Pengingat target ibadah

Jadi Lebih Mudah, 9 Aplikasi Ini Bisa Membantu Ibadah di Bulan Ramadanplay.google.com

Apa target yang ingin kamu capai di Ramadan tahun ini? Apakah target khatam Alquran, hafalan, ataukah yang lainnya? Kamu sebaiknya memasang aplikasi yang bisa mengingatkanmu untuk mencapainya. 

Salah satu aplikasi yang bisa membantumu adalah Yaumi. Kamu bisa memasukkan targetmu ke dalam fitur Paket Aktivitas. Nantinya, akan ada rapor yang merekap apa saja kegatanmu selama Ramadan ini. Seru, kan? 

7. Penyedia konten islami

Jadi Lebih Mudah, 9 Aplikasi Ini Bisa Membantu Ibadah di Bulan Ramadanplay.google.com

Salah satu hal bermanfaat yang sebaiknya ditingkatkan saat Ramadan adalah menambah pengetahuan tentang Islam. Ada banyak cara yang bisa kamu coba. Misalnya dengan mendengarkan kajian, membaca buku atau artikel yang terkait, dan lain sebagainya. Beberapa aplikasi yang bisa membantumu adalah Umma, Muslim Go, dan Muslim Pro.

8. Aplikasi zakat dan sedekah

Jadi Lebih Mudah, 9 Aplikasi Ini Bisa Membantu Ibadah di Bulan Ramadandailyinspirations.co

Di penghujung puasa nanti, jangan lupa siapkan zakat fitrah, ya! Tak hanya itu, kamu juga bisa menambah pahala dengan bersedekah sepanjang bulan Ramadan. Agar tidak lupa, pasanglah aplikasi pengingat zakat dan sedekah. Contohnya Kitabisa, Amalin, Zakat Mobile, dan lain sebagainya. Mereka juga bisa menyalurkan uangmu ke orang yang membutuhkan, lho!

9. Aplikasi resep masakan untuk sahur dan berbuka

Jadi Lebih Mudah, 9 Aplikasi Ini Bisa Membantu Ibadah di Bulan RamadanIDN Times/Izza Namira

Nah, yang terakhir jangan sampai lupa memasang aplikasi resep makanan. Walaupun tidak berkaitan dengan ibadah, ini penting untuk menjaga agar kamu makan dengan sehat saat sahur dan berbuka puasa. Install saja Yummy, Cookpad, atau aplikasi resep masakan lainnya. Gak bingung mikirin menu makanan lagi, deh!

Itulah sejumlah aplikasi yang bisa membantumu beribadah dan menjalani bulan Ramadan. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Yuk Dihafal, Doa Sesudah Salat Tarawih Lengkap dengan Artinya

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya