Comscore Tracker

Lacak Lokasi Orang-orang Terdekat Kamu, Coba 7 Aplikasi Android Ini

Hayo siapa yang suka kepoin pacarnya?

Terkadang kita suka kepo untuk mengetahui keberadaan anggota keluarga atau teman. Tapi itu penting agar jika ada situasi darurat, tidak kebingungan lagi untuk menghubungi.

Nah, sebenarnya ada aplikasi android yang bisa membuat kita selalu terkoneksi dengan orang terdekat kita. Aplikasi ini mirip Find My Friends punya Apple.

Apa saja aplikasinya? Dan bagaimana cara penggunaannya? Yuk, simak hal berikut ini!

1. Glympse

Lacak Lokasi Orang-orang Terdekat Kamu, Coba 7 Aplikasi Android Inihubspot.net

Rekomendasi pertama jatuh kepada Glympse. Aplikasi ini sempat menjadi salah satu aplikasi paling populer di Play Store. Tujuan utama dari Glympse adalah untuk berbagi lokasi dengan teman dan keluarga secara cepat dan mudah. Aplikasi ini sepenuhnya gratis dan bisa langsung digunakan tanpa harus mendaftar terlebih dahulu. 

Kamu bisa mengatur berapa lama pembagian lokasi dilakukan. Akses akan dihentikan setelah waktu tersebut berakhir. Yang terpenting adalah, semua akses terhadap lokasimu tidak akan terjadi tanpa seizin dirimu sendiri. 

2. Sygic Family Locator

Lacak Lokasi Orang-orang Terdekat Kamu, Coba 7 Aplikasi Android Initopbestalternatives.com

Sygic Family Locator adalah aplikasi yang cocok untuk melacak lokasi anggota keluargamu. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan informasi lokasi secara real time. Ditambah dengan layanan pesan bawaan, Sygic Family Locator jadi semakin praktis dan mudah untuk digunakan.

Fitur lain yang bisa kamu akses adalah tombol SOS. Ini bisa digunakan ketika salah satu anggota keluarga tidak ada kabar selama beberapa waktu. Tinggal tekan tombol SOS, aplikasi akan secara otomatis melacak posisi mereka di peta. 

3. Find My Friends

Lacak Lokasi Orang-orang Terdekat Kamu, Coba 7 Aplikasi Android IniIDN Times/Izza Namira

Banyak orang yang ingin tahu bagaimana cara melacak seseorang hanya dengan nomor teleponnya. Perusahaan bernama Family Safety Production mewujudkan permintaan publik tersebut berupa aplikasi Find My Friends.

Cara penggunaannya mudah dan cepat. Cukup masukkan nomor telepon atau alamat email, kemudian, aplikasi ini akan membagikan permintaan akses. Ketika sudah disetujui dengan yang bersangkutan, kamu akan langsung bisa tahu mereka sedang berada di mana.

4. Google Maps

Lacak Lokasi Orang-orang Terdekat Kamu, Coba 7 Aplikasi Android Initechcrunch.com

Aplikasi bawaan yang ada di handphone Android ini memiliki fitur yang jarang diketahui orang, yaitu fitur melacak nomor HP teman atau keluraga. Untuk melakukannya, Google Maps bergantung pada orang yang membagikan lokasinya kepadamu.

Cara melakukannya hampir sama dengan aplikasi lain. Setelah membuka Google Maps, kamu perlu mengklik Menu > Location Sharing > Add People. Kemudian set durasi pembagian lokasi atau pilih Until you turn this off. Setelahnya kamu tinggal memilih kontak dari handphone. Kamu juga bisa mengirimkan permintaan agar temanmu melakukan hal yang sama.

5. Life360

Lacak Lokasi Orang-orang Terdekat Kamu, Coba 7 Aplikasi Android Iniamazonaws.com

Life360 memiliki tujuan untuk memudahkan penggunanya terus terkoneksi dengan orang-orang tercinta. Aplikasi ini memiliki fitur circle, yaitu grup pribadi yang bisa kamu buat bersama dengan keluarga atau temanmu. Dengan merekalah kamu bisa berbagi lokasi.

Keunggulan dari Life360, kamu tidak harus membagikan lokasimu setiap saat. Misalnya kamu hanya memerlukannya saat keluar malam, tapi tidak saat akhir pekan. Tidak hanya itu, aplikasi yang telah diunduh lebih dari satu juta pengguna ini juga menyediakan peta khusus untuk setiap circle. Di sana kamu bisa melihat lokasi setiap anggota.

6. Google Trusted Contacts

Lacak Lokasi Orang-orang Terdekat Kamu, Coba 7 Aplikasi Android Iniaolcdn.com

Satu lagi aplikasi dari Google yang bisa kamu gunakan untuk melacak nomor ponsel teman. Ia adalah Google Trusted Contacts. Seperti namanya, kamu bisa selalu terhubung dengan orang-orang yang kamu percaya, seperti kekasih, keluarga, atau teman. 

Yang membedakannya dengan Google Maps, aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk menggunakan fitur auto-response. Ini artinya, ketika salah satu kontak meminta lokasimu tapi kamu tidak merespons dalam batas waktu tertentu, Trusted Contacts akan mengirimkannya secara otomatis. Ini penting terutama saat kamu sedang berada di situasi darurat.

7. GeoZilla

Lacak Lokasi Orang-orang Terdekat Kamu, Coba 7 Aplikasi Android Inigeozilla.com

GeoZilla adalah aplikasi lain yang patut untuk kamu coba dengan teman-temanmu. Fitur berbeda yang dimilikinya adalah kamu bisa membagi tugas rumah dengan anggota grup berdasarkan lokasi. Misalnya untuk berbelanja, membeli peralatan tertentu, dan lain-lain. 

Menurut review dari Make Use Of, keunggulan aplikasi ini jika dibandingkan dengan yang lainnya adalah ia tidak banyak menguras baterai. Sebab GeoZilla memiliki fitur Significant Location Change (SLC).

Ia memastikan agar aplikasi tidak menyala jika kamu keluar rumah dengan jarak yang dekat. Sebagai gantinya, ia hanya akan mulai aktif ketika kamu bergerak cukup jauh. 

Bagus nih sepertinya aplikasi-aplikasi di atas. Cocok nih untuk yang sering pengin tahu lokasi orang-orang terdekatnya. Silakan diunduh nih guys!

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You