Comscore Tracker

Kecanduan Gadget? Ini 9 Cara Menguranginya Agar Bisa Produktif

Tahapannya harus diikutin ya

Berapa lama kamu menatap layar smartphone-mu dalam satu hari? Satu jam, dua jam, atau mungkun lebih dari lima jam?

Menurut penelitian terkini, setidaknya kita menghabiskan waktu kurang lebih enam jam untuk terus bersama gadget kita.

Itu setidaknya sudah lebih dari sepertiga waktu hidup kita. Untuk anak-anak sendiri, waktu untuk menatap layar bahkan lebih lama lagi.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bagaimana kita telah terkena candu akan gadget di zaman sekarang. Sama seperti obat-obatan, pengaruhnya sangatlah susah untuk diobati karena kita selalu menginginkannya kembali, namun bukan berarti kamu tidak bisa berhenti memandanginya dan meletakkanya jauh dari jangkauan tangan.

Kamu bisa mengakhiri kecanduan itu, tetapi kamu perlu proses yang bertahap dan perlahan-lahan. Inilah proses-proses untuk mengakhiri kecanduan itu.

1. Identifikasi untuk apakah ponselmu akan digunakan

Kecanduan Gadget? Ini 9 Cara Menguranginya Agar Bisa Produktifunsplash.com/@fikrirasyid

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan untuk apakah hapemu tersebut. Apakah hanya digunakan sebagai konsol game, alat hubungan via messenger ataukah apa?

Tujuan itu harus jelas ke mana dan akan mengubah apa dari hidupmu. Dari sini kamu sudah bisa tahu apa saja yang harus kamu kurangi dan langkah-langkah apa yang ditanggulangi.

2. Tentukan waktu yang ingin kamu gunakan untuk ponselmu

Kecanduan Gadget? Ini 9 Cara Menguranginya Agar Bisa Produktifunsplash.com/@rawpixel

Kamu sudah tahu apa yang akan kamu lakukan, sekarang tinggal membagi waktunya. Aturlah sedemikian rupa. Jika perlu gunakan alarm atau aplikasi pelacak waktu untuk mengetahui berapa lama kamu di depan gadget-mu. Contoh aplikasinya adalah Moment atau QFFTIME, atau menggunakan fitur yang ada di aplikasi, seperti YouTube yang memiliki fitur pengingat.

3. Identifikasi kegiatan apa yang akan kamu lakukan ketika mendapatkan waktu tersebut

Kecanduan Gadget? Ini 9 Cara Menguranginya Agar Bisa Produktifunsplash.com/@jens_johnsson

Anggap saja kamu sudah berhasil terlepas dari gadget-mu. Lalu kamu mau apa? Tanpa tujuan yang jelas, kamu malahan akan tersiksa karena tak ada kegiatan dan kemungkinan besar akan kembali ke gadget-mu tersebut. Kamu sudah harus ada bayangan kegiatan seperti apakah yang akan mengisi hari-harimu.

4. Gunakan aplikasi untuk melindungi dari aplikasi lain

Kecanduan Gadget? Ini 9 Cara Menguranginya Agar Bisa Produktifunsplash.com/@neonbrand

Aplikasi ini punya konsep seperti ad blocker di mana dia akan menahan kamu untuk tidak mengakses aplikasi-aplikasi serta berbagai website yang biasa kamu kunjungi. Beberapa contoh aplikasinya adalah Freedom, OFFTIME, dan Flipd.

Kamu bisa mengaturnya sendiri aplikasi dan website apa yang tidak ingin kamu akses agar tidak ketagihan. Kelihatannya sepele, tapi percayalah, ini berfungsi banget ketika kamu bekerja atau sedang belajar.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Merasa Sedang Kecanduan Gadget

5. Membuat pengingat untuk dirimu sendiri

Kecanduan Gadget? Ini 9 Cara Menguranginya Agar Bisa Produktifunsplash.com/@epicantus

Seperti yang sudah disebutkan di atas, buatlah alarm yang bisa mengingatkanmu berapa lama kamu sudah menghabiskan waktu. Ini akan membuatmu sadar untuk tidak mengaksesnya.

Beruntung bahwa pengembangan Android dan iOS nantinya akan memberikan fitur pengingat ini. Selain adanya larangan, kamu juga bisa melihat data aplikasi apa yang sering kamu buka.

6. Hapus aplikasi sosial media

Kecanduan Gadget? Ini 9 Cara Menguranginya Agar Bisa Produktifunsplash.com/@firmbee

Percayalah, yang membuatmu bertahan dan menatap terus layar gadget-mu tidak lain dan tidak bukan adalah media sosial. Facebook, Instagram, hal-hal itu membuat perhatianmu teralihkan. 

Maka cara paling mudah adalah dengan menghapusnya. Menyedihkan memang, namun itu adalah cara paling ampuh dan secara sadar akan membuatmu mengurangi waktu bersama gadget.

7. Atur auto-responder teks

Kecanduan Gadget? Ini 9 Cara Menguranginya Agar Bisa Produktifunsplash.com/@rawpixel

Bagi kita yang ada di Indonesia ini, fitur auto-responder jarang sekali digunakan dan kita lebih memilih untuk membalas jawaban orang yang mengirimkan pesan ke kita. Padahal hal itu cukup memakan waktu dan mengganggu mengingat berapa pesan yang kita terima dan harus kita balas.

Paling tidak dengan fitur auto-responder ini kamu bisa menginfokan ke orang bahwa kamu sedang sibuk dan akan membalasnya secepat mungkin. Contoh fiturnya adalah do not disturb while driving yang ada di iOS 11.

8. Lakukan hal-hal yang seharusnya kamu lakukan namun belum terlaksana

Kecanduan Gadget? Ini 9 Cara Menguranginya Agar Bisa Produktifunsplash.com/@steve_j

Membuat tempat charging yang tidak bisa dijangkau tanganmu ketika tidur, mematikan segala notifikasi dan lainnya. Intinya, mulailah dari hal-hal kecil yang sekiranya tidak pernah kamu lakukan dan dapat membuatmu kembali menatap gadget.

9. Ingatlah kembali tujuanmu

Kecanduan Gadget? Ini 9 Cara Menguranginya Agar Bisa Produktifunsplash.com/@priscilladupreez

Terkadang kita lupa apa tujuan kita untuk menjauhi gadget dan sering kali hal itu membuat kita datang kembali kepada mereka. Karena itu, selalu ingatlah apa tujuan kamu mau mengurangi penggunaan gadget. Buatlah pula gol yang positif sehingga kita tahu jika menjauhi gadget adalah salah satu cara agar kita bahagia.

Proses ini butuh waktu lama lho, jadi kamu harus bersabar. Jalani saja pelan-pelan dan nikmati setiap waktu kosongmu. Nanti kamu akan sadar betapa bahagianya kamu dan apa saja kesempatan yang bisa terbuka untukmu, tanpa ketagihan gadget.

Baca Juga: Begini Cara Menghindari Download Apps Palsu Biar Smartphone Aman!

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya