Comscore Tracker

Mengenang Game Boy, Konsol Game Mungil Favorit Anak-anak 90-an

Game Pokemon paling populer di konsol ini

Game Boy merupakan konsol legendaris yang diminati. Terutama bagi anak-anak tahun 90an. Meski kini sudah tidak diproduksi, namun Game Boy baru ulang tahun ke-30 pada 21 April lalu.

Untuk kembali mengenang Game Boy, kami sajikan ulasan perjalanan game milik Nintendo ini sejak 1989 sampai berakhir dengan 

1. Nintendo melepas Game Boy pertama kali di Jepang pada 1989

Mengenang Game Boy, Konsol Game Mungil Favorit Anak-anak 90-anredbull.com

Tepatnya pada 21 April 1989, Game Boy lahir ke dunia ini. Adalah kreasi dari Gunpei Yokoi yang memproduksi game legenda Metroid untuk Nintendo Entertainment System. Kehadiran Game Boy memperkenalkan dunia dengan hadirnya mobile console yang bisa dibawa ke mana-mana namun memiliki kualitas 8bit.

Baca Juga: 10 Negara Berpenghasilan Tertinggi dari eSport, Indonesia Kapan Ya?

2. Tiga bulan kemudian Amerika mengenal Game Boy

Mengenang Game Boy, Konsol Game Mungil Favorit Anak-anak 90-anengadget.com

Game Boy baru dilepas di Amerika pada 31 Juli 1989. Ledakan popularitas konsol ini datang ketika Tetris masuk ke dalam salah satu rooster judul game. Padahal sebelumnya Game Boy sudah merilis Super Mario Land.

3. Pada 1994, Super Game Boy hadir sebagai salah satu fitur tambahan Game Boy untuk Super Nintendo

Mengenang Game Boy, Konsol Game Mungil Favorit Anak-anak 90-anmic.com

Jika kamu mengira Super Game Boy adalah Game Boy keluaran terbaru, maka kamu salah besar. Super Game Boy adalah cartridge game untuk Super Nintendo. Dengan cartridge game yang memiliki slot untuk Game Boy game ini, orang-orang dapat memainkan game dari Game Boy di TV. Bahkan game tertentu akan mendapatkan warna tambahan ketika dimainkan menggunakan Super Game Boy.

4. Akhirnya Game Boy dikembangkan hingga menjadi Virtual Boy di 1995

Mengenang Game Boy, Konsol Game Mungil Favorit Anak-anak 90-anifixit.com

14 Agustus 1995, orang-orang akhirnya mendapatkan hal baru. Konsol yang masih digarap Yokoi ini, dan masih dianggap sedarah dengan Game Boy, dapat memberikan gambar 3D berkualitas 32bit, walaupun hanya dalam kemasan berwarna hitam dan merah. Virtual Boy memberikan pembaharuan lagi dalam dunia game, namun dirinya tak ramai dimainkan.

5. Pokemon Red dan Blue menggemparkan konsol ini

Mengenang Game Boy, Konsol Game Mungil Favorit Anak-anak 90-anpolygon.com

Selepas satu tahun dari sepeninggalan Yokoi karena kecelakaan lalu lintas di 4 Oktober 1997, Pokemon pertama kali dirilis. Kesuksesan game ini di pasar Game Boy menjadikan Pokemon sebagai salah satu trademark Nintendo.

6. Pengembangan pertama Game Boy dikuatkan untuk masalah display

Mengenang Game Boy, Konsol Game Mungil Favorit Anak-anak 90-anyoutube.com Brandon Salt

Bernama Game Boy Color yang rilis pada 18 November 1998, konsol berjalan ini pada akhirnya mampu menyuguhkan warna kepada para pemainnya hingga 56 warna. Game Boy Color dianggap sebagai penerus pertama dari generasi Game Boy  dan mengganti seluruh keberadaan Game Boy dalam waktu kurang dari tiga tahun.

7. 2001, Game Boy memasuki dunia yang lebih modern

Mengenang Game Boy, Konsol Game Mungil Favorit Anak-anak 90-anretromodding.com

Dunia Game Boy terus dikembangkan sedemikian rupa hingga melahirkan Game Boy Advance. Konsol yang rilis pada 21 Juni 2001 ini mampu memberikan gambar yang setara dengan kualitas Super Nintendo. Sayangnya, ketika masuk di handheld console ini, game dari Game Boy dan Game Boy (konsolnya) tak lagi dapat dimainkan.

8. Game Boy hanya dapat bertahan hingga empat tahun kemudian dan setelah itu digantikan dengan Nintendo DS

Mengenang Game Boy, Konsol Game Mungil Favorit Anak-anak 90-anebay.com

Generasi paling terakhir dari Game Boy bernama Game Boy Micro. Ini adalah desain paling mutakhir dari Game Boy Advance yang mana menghilangkan beberapa fitur yang kurang berguna untuk menghasilkan konsol yang jauh lebih kecil. Game Boy Micro dirilis satu tahun setelah perilisan Nintendo DS dan mengakhiri sejarah Game Boy.

Game-game dari Game Boy masih bisa dimainkan saat ini. Tahun 2011-2014, game bisa dimainkan di Nintendo 3DS dan Wii U.

Baca Juga: Nostalgia Sambil Main, 9 Game Android Permainan Tradisional Indonesia

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya