Laga PSIM Jogja Lawan Persis Solo Ricuh, Dua Mobil Polisi Rusak Parah

Dipicu karena tuan rumah PSIM kalah

Yogyakarta, IDN Times - Laga lanjutan Liga 2 2019 antara PSIM Yogyakarta dan Persis Solo di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Senin (21/10/2019) diwarnai kericuhan. Dua mobil polisi rusak parah akibat ulah oknum suporter.

Pertandingan sendiri berakhir untuk kemenangan tim tamu, PSIM kalah 2-3 dari Persis Solo.

1. Pecah di penghujung laga

Laga PSIM Jogja Lawan Persis Solo Ricuh, Dua Mobil Polisi Rusak ParahIDN Times/Tunggul Kumoro

Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Armaini menyebut, kericuhan dimulai saat pertandingan memasuki menit-menit akhir. Wasit pun sampai menghentikan laga karenanya.

"PSIM kan kalah, nah dari itu penonton kecewa. Dari atas sudah terdengar seruan, mungkin dari sebagian suporter yang kecewa," kata Armaini di Stadion Mandala Krida.

Baca Juga: PSIM Yogyakarta Versus Persik Kediri Berakhir Ricuh, 100 Orang Luka

2. Mobil polisi jadi sasaran amukan

Laga PSIM Jogja Lawan Persis Solo Ricuh, Dua Mobil Polisi Rusak ParahIDN Times/Tunggul Kumoro

Dikatakan Armaini, saat itu beberapa oknum suporter mencoba melampiaskan amarah mereka kepada para pemain tim tuan tamu. Namun, kepolisian dengan sigap mengamankan dan mengevakuasi punggawa Persis Solo.

"Kita prioritaskan untuk mengevakuasi pemain Persis. Nah, bisa kita evakuasi, marah pula mereka (oknum suporter) sama polisi," keluh Armaini.

Akibat emosi tak terkontrol itu, beberapa fasilitas milik kepolisian jadi sasaran. "Yang paling parah adalah dua mobil patroli. Satu dibakar, satu dirusak," sambungnya.

Dari hasil pantauan IDN Times di lokasi, kedua mobil tersebut dalam kondisi terbalik. Satu mobil ringsek pada bagian atap dan kaca, sementara yang satunya hangus total hingga nyaris yang tersisa hanya rangka.

3. Polisi lakukan penyelidikan

Laga PSIM Jogja Lawan Persis Solo Ricuh, Dua Mobil Polisi Rusak ParahIDN Times/Tunggul Kumoro

Pihaknya akan melakukan penyelidikan tentang kericuhan yang terjadi selama satu jam ini. Selain itu akan dilakukan pengecekan fasilitas stadion dan milik kepolisian yang rusak. 

"Nanti kita lakukan penyelidikan ya," tegasnya.

Selain itu, kepolisian juga akan duduk bersama panitia pelaksana guna melakukan evaluasi terkait penyelenggaraan pertandingan sore ini.

"Ya masalah pemberian izin nanti kita evaluasi lah, nanti kita evaluasi untuk kebaikan kita bersama ya. Masih terlalu dini kita bicara soal perizinan ya. Intinya saat ini kondisinya sudah kondusif, itu yang kita harapkan," pungkasnya.

Baca Juga: 3 Alasan Manchester United Mungkin akan Terdegradasi Musim Ini

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya