Menakar Kekuatan Timnas Turki di Piala Eropa 2020

Turki punya bom yang siap mengejutkan

Jakarta, IDN Times - Bicara tentang Timnas Turki, sebenarnya mereka tim yang tidak terlalu bergelimang prestasi, baik itu di ajang Piala Eropa maupun Piala Dunia. Namun, dalam setiap turnamen, potensi mereka untuk menggigit selalu ada, termasuk di Piala Eropa 2020 ini.

Turki jadi satu di antara 24 tim yang sukses memastikan diri lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Khusus untuk gelaran kali ini, Turki layak untuk diwaspadai. Selain karena mereka tidak terkalahkan sepanjang 2021, ada hal lain yang bikin Turki berpotensi meledak di Piala Eropa 2020 ini.

Baca Juga: Tampil Impresif, 6 Pemain Turki yang Mencuri Perhatian Musim Ini

1. Kelebihan skuat Turki

Menakar Kekuatan Timnas Turki di Piala Eropa 2020Timnas Turki di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Murad Sezer)

Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, skuat Turki dalam gelaran Piala Eropa 2020 ini punya potensi yang bagus untuk meledak. Pasalnya, rata-rata di antara mereka bermain di lima liga top Eropa macam Italia, Spanyol, Jerman, Prancis, dan Inggris.

Di AC Milan, Hakan Calhanoglu jadi pemain yang menonjol dan mampu mengantarkan "Rossoneri" jadi runner-up Serie A 2020/21. Caglar Soyuncu dan Cengiz Uender juga tampil ciamik dan mampu membawa Leicester City bersaing di papan atas Premier League.

Kapten Turki, Burak Yilmaz, dan Zeki Celik juga tidak boleh dikesampingkan. Ia berperan membawa OSC Lille meraih gelar juara Ligue 1 2020/21, sekaligus memutus dominasi Paris Saint-Germain (PSG) di Prancis. Beberapa pemain lain macam Enes Unal dan Irfan Kahveci juga layak dinantikan.

Berbekal pemain-pemain yang mentas di lima liga top Eropa ini, skuat Turki sekarang menjanjikan sebuah kualitas. Hasilnya, sejauh ini dari tiga laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Turki tidak terkalahkan. Mereka juga sanggup menundukkan Belanda.

Baca Juga: Skuat Timnas Inggris Diumumkan, Banjir Full Back Kanan

2. Kelemahan skuat Turki

Menakar Kekuatan Timnas Turki di Piala Eropa 2020Timnas Turki di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Murad Sezer)

Terlepas dari kualitas yang menjanjikan, skuat Turki tetap memiliki kelemahan. Hal itu tampak saat mereka ditahan imbang Latvia dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, 30 Maret 2021 silam.

Di dua pertandingan tersebut, lini pertahanan Turki begitu rentan dibobol oleh para pemain Latvia. Mereka tidak mampu mempertahankan keunggulan dua angka, dan akhirnya harus rela bermain imbang 3-3 lawan Latvia.

Nah, masalah pertahanan ini mesti segera dibenahi Turki. Dengan adanya sosok Soyuncu dan Merih Demiral di tim, semestinya Turki bisa mengatur pertahanan mereka dengan lebih baik. Apalagi, di Piala Eropa 2020 nanti, lawan-lawan berat sudah menanti mereka.

3. Turki satu grup dengan Italia, Wales, dan Swiss

Menakar Kekuatan Timnas Turki di Piala Eropa 2020Timnas Turki di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Murad Sezer)

Dalam gelaran Piala Eropa 2020 nanti, Turki akan satu grup dengan Italia, Swiss, dan Wales. Untuk ukuran Turki, jelas ini adalah grup yang tidak bisa dibilang enteng. Lawan-lawan mereka sudah punya karakteristik masing-masing.

Italia saat ini tengah berbenah bersama Roberto Mancini. Sedangkan Wales dan Swiss, mereka juga sama-sama punya potensi untuk mengancam, karena sama-sama berisikan pemain yang juga mentas di liga top Eropa. Namun, asa Turki untuk melaju tetap ada.

Asalkan, di Piala Eropa 2020 nanti, Timnas Turki bisa menunjukkan semangat yang sama seperti 2008 silam. Kala itu, mereka melawan kemustahilan dan menembus babak semifinal, sebelum akhirnya Jerman menghentikan langkah mereka.

Baca Juga: 5 Alasan Tim Nasional Portugal Bakal Menjadi Juara Piala Eropa 2020

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya