Comscore Tracker

Profil dan Skuat Lengkap Turki di Piala Eropa 2020

Tak terkalahkan sepanjang 2021

Jakarta, IDN Times - Dari 24 kontestan, Turki menjadi salah satu kekuatan kuda hitam yang diperhitungkan di ajang Piala Eropa 2020. Potensi kejutan selalu hadir dari tim berjuluk Bulan Sabit Bintang ini di setiap ajang Piala Eropa.

Apalagi mereka menjadi tim yang tak terkalahkan sepanjang 2021. Bagaimana potensi ledakan Turki di Piala Eropa 2020?

1. Kelebihan skuat Turki

Profil dan Skuat Lengkap Turki di Piala Eropa 2020Timnas Turki di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Murad Sezer)

Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, skuat Turki dalam gelaran Piala Eropa 2020 ini punya potensi yang bagus untuk meledak. Pasalnya, rata-rata di antara mereka bermain di lima liga top Eropa macam Italia, Spanyol, Jerman, Prancis, dan Inggris.

Di AC Milan, Hakan Calhanoglu jadi pemain yang menonjol dan mampu mengantarkan "Rossoneri" jadi runner-up Serie A 2020/21. Caglar Soyuncu dan Cengiz Uender juga tampil ciamik dan mampu membawa Leicester City bersaing di papan atas Premier League.

Kapten Turki, Burak Yilmaz, dan Zeki Celik juga tidak boleh dikesampingkan. Ia berperan membawa OSC Lille meraih gelar juara Ligue 1 2020/21, sekaligus memutus dominasi Paris Saint-Germain (PSG) di Prancis. Beberapa pemain lain macam Enes Unal dan Irfan Kahveci juga layak dinantikan. Selain itu juga ada Ozan Kabak, bek Liverpool.

Berbekal pemain-pemain yang mentas di lima liga top Eropa ini, skuat Turki sekarang menjanjikan sebuah kualitas. Hasilnya, sejauh ini dari tiga laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Turki tidak terkalahkan. Mereka juga sanggup menundukkan Belanda.

Baca Juga: Skuat Timnas Inggris Diumumkan, Banjir Full Back Kanan

2. Kelemahan skuat Turki

Profil dan Skuat Lengkap Turki di Piala Eropa 2020Timnas Turki di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Murad Sezer)

Terlepas dari kualitas yang menjanjikan, skuat Turki tetap memiliki kelemahan. Hal itu tampak saat mereka ditahan imbang Latvia dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, 30 Maret 2021 silam.

Di dua pertandingan tersebut, lini pertahanan Turki begitu rentan dibobol oleh para pemain Latvia. Mereka tidak mampu mempertahankan keunggulan dua angka, dan akhirnya harus rela bermain imbang 3-3 lawan Latvia.

Nah, masalah pertahanan ini mesti segera dibenahi Turki. Dengan adanya sosok Soyuncu dan Merih Demiral di tim, semestinya Turki bisa mengatur pertahanan mereka dengan lebih baik. Apalagi, di Piala Eropa 2020 nanti, lawan-lawan berat sudah menanti mereka.

3. Turki satu grup dengan Italia, Wales, dan Swiss

Profil dan Skuat Lengkap Turki di Piala Eropa 2020Timnas Turki di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Murad Sezer)

Dalam gelaran Piala Eropa 2020 nanti, Turki akan satu grup dengan Italia, Swiss, dan Wales. Untuk ukuran Turki, jelas ini adalah grup yang tidak bisa dibilang enteng. Lawan-lawan mereka sudah punya karakteristik masing-masing.

Italia saat ini tengah berbenah bersama Roberto Mancini. Sedangkan Wales dan Swiss, mereka juga sama-sama punya potensi untuk mengancam, karena sama-sama berisikan pemain yang juga mentas di liga top Eropa. Namun, asa Turki untuk melaju tetap ada.

Asalkan, di Piala Eropa 2020 nanti, Timnas Turki bisa menunjukkan semangat yang sama seperti 2008 silam. Kala itu, mereka melawan kemustahilan dan menembus babak semifinal, sebelum akhirnya Jerman menghentikan langkah mereka.

Skuat Turki:
Kiper: Altay Bayindir (Fenerbahce), Fehmi Mert Gunok (Medipol Basaksehir), Ugurcan Cakircan (Trabzonspor)

Bek: Mehmet Zeki Celik (Lille), Caglar Soyuncu (Leicester City), Kaan Ayhan (Sassuolo), Merih Demiral (Juventus), Mert Muldur (Sassuolo), Ozan Muhammad Kabak (Schalke 04), Ridvan Yilmaz (Besiktas) Cengiz Harapan (Le Havre)

Gelandang: Yusuf Yazici (Lille), Dorukhan Tokozo (Besiktas), Rfan Can Kahveci (Fenerbahce), Oke Yokuslu (Celta Vigo), Orkun Kökçü (Feyenoord), Ozan Tufan (Ferbahce), Taylan (Galatasaray), Hakan Calhanoglu (AC Milan)

Striker: Burak Yilmaz (Lille), Cengiz Under (AS Roma), Enes Unal (Getafe), Abdulkadir Omur (Trabzonspor), Muhammad Kerem Akturkoglu (Galatasaray), Halil Ibrahim Dervinoglu (Brentford), Kenan Karaman (Fortuna Dusseldorf)

Baca Juga: Moncer di Klub, 5 Penyerang Ini Malah Gagal Tampil di Piala Eropa 2020

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya