Comscore Tracker

Kylian Mbappe, Dari Pahlawan Jadi Pesakitan di Piala Eropa 2020

Mbappe gagal penalti saat lawan Swiss

Jakarta, IDN Times - Kylian Mbappe menjadi salah satu pahlawan Prancis saat menjuarai Piala Dunia 2018. Namun kini Mbappe jadi pesakitan di Piala Eropa 2020. Penampilan buruknya di ajang ini membuatnya from Hero to Zero.

Ya, Prancis gagal melaju dari 16 besar setelah tumbang adu penalti dari Swiss 7-8 (3-3). Eksekusinya dibaca kiper Swiss, Sommer di Arena Nationala, Selasa (29/6/2021) dini hari. Sebelumnya selama 120 menit Les Blues ditahan 3-3. 

Tidak hanya kegagalan penalti itu, sepanjang turnamen Mbappe tak menunjukkan efek positif untuk pasukan Didier Deschamps.

1. Banyak membuang peluang di laga lawan Swiss

Kylian Mbappe, Dari Pahlawan Jadi Pesakitan di Piala Eropa 2020Kylian Mbappe ketika membela tim nasional Prancis. (eurosport.fr)

Selama 2x45 menit waktu normal, ditambah 2x15 menit perpanjangan waktu, sebenarnya Prancis bermain apik. Terlepas dari perlawanan ketat yang diberikan Swiss, Prancis tetap mampu menunjukkan mental mereka sebagai juara dunia.

Total, Prancis mampu mencetak 26 tembakan, berbanding 12 tembakan milik Swiss, di pertandingan tersebut. Namun, banyak peluang terbuang sia-sia, dan Mbappe jadi salah satu pemain yang kerap membuang peluang yang ada.

Dari enam tembakan yang Mbappe ciptakan di laga ini, lima di antaranya sama sekali tidak mengarah ke gawang. Sisanya, satu tembakan lagi berhasil diblok oleh lawan. Tampak bahwa penyerang Paris Saint-Germain (PSG) itu tidak main efektif di laga ini.

Baca Juga: Sayang Dilewatkan, Ini Jadwal Babak 16 Besar Piala Eropa 2020

2. Mbappe tidak menyumbang gol untuk Prancis

Kylian Mbappe, Dari Pahlawan Jadi Pesakitan di Piala Eropa 2020goal.com

Dibandingkan Karim Benzema yang sudah menyumbang empat gol, atau Antoine Griezmann yang mencetak satu gol, Mbappe justru sama sekali tidak mencetak gol di Piala Eropa 2020 ini.

Memang, di laga lawan Jerman, Mbappe sempat mencetak gol ke gawang Manuel Neuer. Sayang, golnya itu dianulir wasit karena berbagai sebab. Lanjut di laga lawan Hungaria dan Portugal, Mbappe kesulitan. Ia urung mencetak gol, dan sialnya tren itu berlanjut di laga lawan Swiss.

3. Mbappe adalah pemain yang egois

Kylian Mbappe, Dari Pahlawan Jadi Pesakitan di Piala Eropa 2020goal.com

Mbappe juga sempat bersitegang dengan Olivier Giroud. Saat itu Giroud menyindir pemain yang tidak mengoper bola saat ada kesempatan. Dan Mbappe yang merasa tersindir sempat perang komentar hingga membuat suasana ruang ganti memanas. 

Mantan pemain Timnas Prancis, Jerome Rothen, menyebut bahwa Mbappe memang jadi salah satu biang masalah bagi skuad Prancis di Piala Eropa 2020 ini, Ego tinggi yang ia miliki membuatnya bersitegang dengan beberapa pemain Prancis lain, salah satunya Olivier Giroud.

Belum lagi, Rothen melihat bahwa pelatih Prancis, Didier Deschamps, tidak menangani ini dengan baik. Alhasil, tidak heran penampilan Prancis sedikit angin-anginan di Piala Eropa 2020 ini, yang berujung pada kegagalan mereka melaju ke perempat final.

"Bahwa dia (Mbappe) jadi pemimpin di atas lapangan, tidak masalah. Namun saat hal itu (egonya) menyentuh luar lapangan, itu mengganggu. Didier Deschamps juga gagal mengatasi ini. Ya, secara keseluruhan, Kylian Mbappe gagal di Piala Eropa 2020 ini," ujar Rothen, dilansir Mirror.

Baca Juga: Piala Eropa 2020: Kylian Mbappe Berseteru dengan Olivier Giroud!   

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya