Menang Perdana, Persiraja Permalukan Macan Putih di Kandangnya

Gol Defri Rizki bungkam Persik

Kediri, IDN Times - Persiraja tampil perkasa di kandang  Persik Kediri, Stadion Brawijaya. Tim promosi asal Banda Aceh itu membungkam Persik 1-0, Sabtu (14/3) sore. 

Gol semata wayang tim lantak laju -julukan Persiraja Banda Aceh- diciptakan Defri Rizki pada menit-menit awal pertandingan. Tak hanya menjadi penentu, gol tersebut juga menjadi gol perdana tim asal Kota Banda Aceh itu dalam mengarungi Liga 1 2020.

Usai wasit asal Jawa Tengah, Dwi Purba Adi Wicaksana meniupkan peluit kick off, Tim tamu tampak begitu agresif melakukan serangan ke pertahanan tuan rumah. Serangan itu terbukti ampuh, Feri Komul dan kawan-kawan berhasil mengacak pertahanan anak asuh Joko Susilo dan menggetarkan gawang yang dikawal Junaidi di menit ke-2.

Defri Rizki yang begitu tenang memanfaatkan umpan dari Miftahul Hamdi sebelum melepaskan tendangan mendatar dari luar kotak penalti ke sisi kiri penjaga gawang Persik. 1-0!

Tertinggal satu gol, Faris Aditama mengomandoi kawan-kawan untuk bangkit dari ketertinggalan dengan melakukan serangan. Namun, ketatnya pertahanan Persiraja yang dijaga Adam Mitter, Luis Irsandi, Eriyanto, dan Rendy Saputra membuat serangan Macan Putih -julukan Persik Kediri- berulang kali dapat dipatahkan.

Jala gawang Fakhrurrazi Kuba sempat terancam dan nyaris gol. Sayang, peluang dari tendangan bebas Jefferson Alves di menit 24 hanya mengenai tiang gawang Persiraja. Tak hanya itu, Gasper Vega dan kawan-kawan juga beberapa kali melakukan gempuran hingga membuat Fakhrurrazi jatuh bangun mempertahankan gawangnya. Persiraja memimpin 1-0 hingga masuk ruang ganti.

Memasuki babak kedua, perjuangan anak asuh Hendri Susilo untuk menambah keunggulan nyaris terjadi. Memasuki lagi-lagi Defri Rizki nyaris membobol gawang Junaidi. Namun tendangan mendatar yang menyusur sudut gawang Persik masih dapat diantisipasi penjaga gawang.

Bermain ngotot serta keras ditunjukan kedua tim membuat wasit asal Jawa Tengah yang memimpin pertandingan mengeluarkan dua kartu merah sekaligus pada menit 60 untuk Fery Komul dari Persiraja dan Ante Bakmaz dari Persik Kediri. Kedua tim pun masing-masing harus bermain dengan 10 pemain.

Tuan rumah pun tak mau ketinggalan. Beberapa kali Fakhrurrazi jatuh bangun menghalau tendangan dan mengamankan bola masuk ke gawangnya. Para pemain Persik, mulai  dari Krisna Bayu Otto Kartika, Jefferson Alves, dan Septian Satria Bagaskara yang masuk pada menit 32 menggantikan Antoni Putro Nugroho tak secara bergantian menggempur gawang yang dikawal Fakhrurrazi.

Persik kembali mendapatkan peluang terakhir menit ke-94 melalui tendangan bebas. Eksekusi Jefferson Alves yang melambung jauh di atas mistar gawang Persiraja, menjadi sepakan terakhir sekaligus ditiupnya peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan sore itu. Skor pun tak berubah, 1-0 untuk Persiraja Banda Aceh.

Baca Juga: Kejutan! Persiraja Tahan Imbang Madura United di Kandangnya!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya