Comscore Tracker

Persiraja Vs PSMS Disetop karena Penonton, Satu Pemain Diopname

Ilham Fathoni berbenturan dengan Redi

Banda Aceh, IDN Times - Duel PSMS Medan kontra Persiraja di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, pada Minggu (27/6/2021) hanya digelar satu babak. Laga dihentikan karena penonton masuk ke stadion.

Padahal laga itu seharusnya digelar tanpa penonton. Tak ingin ada kerumunan, pihak panitia penyelenggara beserta manajemen kedua tim memutuskan menghentikan pertandingan bertajuk El Clásico Sumatra tersebut.

"Pertandingan terpaksa dihentikan karena mengingat tiba-tiba membludaknya penonton," kata Sekretaris Umum Persiraja Banda Aceh, Rahmat Djailani, pada Minggu (27/6/2021).

1. Menghentikan laga usai berkoodinasi dengan Satgas COVID-19 Kota Banda Aceh

Persiraja Vs PSMS Disetop karena Penonton, Satu Pemain DiopnameSuasana Stadion Harapan Bangsa di Banda Aceh, Aceh saat laga uji coba antara Persiraja Banda Aceh melawan PSMS Medan (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Pantauan IDN Times di lokasi, 10 menit sebelum laga di mulai stadion masih terlihat sepi dan hanya diisi oleh beberapa awak media.

Jelang kick off pertandingan hingga 10 menit laga berlangsung, jumlah penonton yang datang ke stadion terus bertambah. Bahkan kursi di Tribun VVIP stadion, nyaris penuh.

Melihat kondisi tersebut, Rahmat mengatakan, penyelenggara beserta manajemen Persiraja Banda Aceh melakukan koordinasi dengan Satgas COVID-19 Kota Banda Aceh. Hasilnya diputuskan untuk menunda pertandingan.

Langkah ini diambil mengingat kejadian serupa dikatakannya, pernah dialami tim asal ibu kota Provinsi Aceh itu. Akan tetapi, saat itu Defri Rizky dan kawan-kawan sedang melakukan latihan.

"Daripada kita bermasalah lagi akhirnya kita mengambil keputusan untuk menghentikan pertandingan," ujar Rahmat.

2. Telah mengantisipasi kerumunan di stadion dengan cara menggelar live streaming

Persiraja Vs PSMS Disetop karena Penonton, Satu Pemain DiopnameSuasana Stadion Harapan Bangsa di Banda Aceh, Aceh saat laga uji coba antara Persiraja Banda Aceh melawan PSMS Medan (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Rahmat mengaku, jauh sebelum laga antara kedua klub ini berlangsung, pihaknya telah mengantisipasi membludaknya kehadiran penonton di stadion.

Salah satu cara yang ditempuh pihak manajemen klub dan panitia penyelenggara yakni dengan menggandeng vidio.com untuk melakukan live streaming (video siaran langsung) berbayar.

"Kita memang sudah mencoba mengantisipasi tapi memang jebol juga. Itu juga di luar prediksi dan antisipasi kita," ujarnya.

"Sebenarnya kita tetap mematuhi aturan pemerintah bahwa sepak bola harus digelar tanpa penonton dan segala macam. Kita tetap mematuhi itu. Tetapi kita tetap sulit melakukan," imbuh Rahmat.

Baca Juga: Gara-gara Ramai Penonton, Laga Persiraja Vs PSMS Medan Disetop

3. Akui adanya kelemahan penjagaan di pintu masuk stadion

Persiraja Vs PSMS Disetop karena Penonton, Satu Pemain DiopnameSuasana Stadion Harapan Bangsa di Banda Aceh, Aceh saat laga uji coba antara Persiraja Banda Aceh melawan PSMS Medan (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Sekretaris umum Persiraja Banda Aceh itu menyampaikan, penjagaan di pintu masuk stadion sudah ketat.

Akan tetapi dikarenakan hanya peran dari sipil dan manajemen klub, sehingga penjagaan tidak bisa membendung penonton yang ingin masuk

"Memang harus kita akui kita tidak memakai aparat keamanan. Kita hanya memakai panitia sipil dan teman-teman manajemen. Namun ya begitu," ucap Rahmat.

4. Tidak ada laga lanjutan yang ditunda, pihak manajemen meminta maaf

Persiraja Vs PSMS Disetop karena Penonton, Satu Pemain DiopnameSuasana Stadion Harapan Bangsa di Banda Aceh, Aceh saat laga uji coba antara Persiraja Banda Aceh melawan PSMS Medan (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Pihak manajemen Persiraja Banda Aceh menegaskan, tidak ada lagi laga lanjutan dari pertandingan uji coba melawan PSMS Medan yang baru saja ditunda.

"Tidak ada lagi uji coba di Banda Aceh. Kita akan lakukan uji coba di Jakarta," ungkap Rahmat.

Sementara itu, terkait penundaan ini, pihak manajemen Persiraja Banda Aceh meminta maaf atas ketidak nyamanan kepada warga yang telah membeli tiket untuk bisa nonton live streaming dari rumah.

"Kita mohon maaf juga terutama kepada teman-teman yang sudah nonton dari rumah dan beli tiket live streaming namun tidak bisa nonton sampai habis. Kita mohon maaf kebijakan ini terpaksa kita ambil," tutupnya.

5. Pertandingan diwarnai dua kartu merah, Ilham Fathoni dilarikan ke rumah sakit

Persiraja Vs PSMS Disetop karena Penonton, Satu Pemain DiopnameLaga uji coba antara Persiraja Banda Aceh melawan PSMS Medan di Stadion Harapan Bangsa di Banda Aceh (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Hingga peluit panjang babak pertama ditiupkan, skor pertandingan antara Persiraja Banda Aceh dan PSMS Medan masih 0-0.

Sejak kick off babak pertama dimulai, PSMS Medan tampak bermain lebih mengotot di lima menit babak pertama. Itu terlihat dari permainan anak asuh Ansyari Lubis yang hanya memberi ruang setengah lapangan kepada Defri Rizky dan kawan-kawan.

Bahkan, PSMS Medan membuka peluang gol lewat Rahmat Hidayat. Namun lemahnya tendangan kaki kiri di dalam kota pinalti sehingga dengan mudah diamankan oleh Fahrurazi Quba.

Memasuki menit 10, giliran Tim Lantak Laju --julukan Persiraja-- melakukan serangan. Striker Persiraja, Poulu berpeluang mencetak gol, namun sundulannya bisa diantisipasi Sendri.

Serangan dari anak asuh Hendri Susilo tak berhenti di situ. Lelis sempat membuat para pemain Persiraja nyaris merayakan gol. Sayang sundulannya melebar dari gawang PSMS.

Saling serang dan meningkatnya tempo permainan antara kedua tim, mempengaruhi kondisi emosional para pemain.

Di menit ke-30 wasit terpaksa memberikan kartu merah ketika Defri Rizky dan Rahmad Hidayat terlibat perkelahian di lapangan. Alhasil kedua tim terpaksa bermain hanya dengan 10 pemain.

Persiraja kembali mendapatkan peluang di menit ke-38 melalui tendangan melengkung Redi Rusmawan dari sisi kiri luar kotak pinalti. Kesigapan Sendri di bawah mistar gawang PSMS membuat tendangan itu hanya menghasilkan sepak pojok.

Selain itu PSMS juga harus kehilangan Ilham Fathoni yang dilarikan ke rumah sakit setelah berbenturan dengan pemain Persiraja, Redi Rusmawan.

Starter Persiraja:
Fahrurazi Quba, M Rivaldi, M Robby, Leonardo Lelis, Agus Suhendra, Vanja Markovic, Defri Rizky, Shori Murata, Redi Rusmawan, M Isa, Poulu Henruigue

Starter PSMS:
Sendri Johansyah, Wiganda Pradika, Sendi Abelia Tacchinardi, Afipul Huda, I Gade Sukadana, M Hari Nasution, Ichsan Pratama, Hamdi Sula, Ilham Fatoni, Anis Nabar, dan Rahmad Hidayat.

Baca Juga: Uji Coba Lawan PSMS, Ini Target Persiraja Banda Aceh

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya