Comscore Tracker

Thailand vs Indonesia: Tak Ada yang Perlu Dicemaskan Garuda Muda!

Thailand sedang kelelahan tuh

Jakarta, IDN Times - Tim nasional Indonesia U-22 akhirnya mendapat ujian sesungguhnya di SEA Games 2019. Dahaga 28 tahun emas akan coba dituntaskan tahun ini oleh generasi Egy Maulana dkk yang dipadu dengan beberapa pemain senior.

Thailand, sang juara bertahan langsung dihadapkan sebagai ujian pertama timnas pada laga pembuka grup B, di Stadion Rizal Memorial, Filipina, Selasa (26/11) sore ini pukul 15.00 WIB.

Thailand tentu diyakini superior. Tapi mereka datang dengan skuat yang kelelahan dan tanpa pemain senior. Kans besar bagi pasukan Indra Sjafri?

1. Di SEA Games 2017, Thailand jadi juara tanpa sanggup kalahkan Indonesia

Thailand vs Indonesia: Tak Ada yang Perlu Dicemaskan Garuda Muda!Aksi para pemain Timnas Thailand di ajang Piala Asia 2019. the-afc.com

Mengenang dua tahun lalu, generasi Kevin Deeromram dan kolega kala itu menjadi juara di Malaysia pada SEA Games 2017 tanpa sekali pun mampu mengalahkan Malaysia. Kala itu, keduanya bertemu di fase grup dan berbagi angka 1-1.

Di fase grup kala itu, Indonesia juga tergabung bersama Thailand dan Vietnam, namun Garuda Muda kala itu mampu lolos dari babak grup sebelum takluk 1-0 atas tuan rumah Malaysia di final. Walau begitu, Septian David Maulana dan kolega kala itu menang 3-1 atas Myanmar di perebutan perunggu.

Baca Juga: Ada Egy dan Firza, Ini 20 Nama Skuat Timnas U-22 Pilihan Indra Sjafri

2. Thailand akui datang ke SEA Games 2019 dengan fisik yang kelelahan

Thailand vs Indonesia: Tak Ada yang Perlu Dicemaskan Garuda Muda!Aksi pemain Buriram United, Supachok Sarachat, di ajang AFC Champions League 2019. Twitter/@theafccl

Thailand sendiri baru-baru ini mengabarkan bahwa skuatnya datang ke Filipina untuk ajang SEA Games 2019 dengan kondisi fisik tak prima.

Setelah musim kompetisi yang panjang di Thai League, Supachok Sarachat dan kolega juga sebagian diperbantukan di timnas senior yang berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 sejak September lalu hingga pertengahan November kemarin.

"Harus diakui, kami datang ke SEA Games 2019 dengan fisik yang kelelahan setelah kompetisi yang panjang," ujar bintang Buriram United, Supachok, dikutip dari laman resmi federasi sepak bola Thailand, FAT.

3. Jauh-jauh hari, Indra Sjafri sudah tegaskan ia tak gentar dengan nama besar Thailand dan status juara bertahan mereka

Thailand vs Indonesia: Tak Ada yang Perlu Dicemaskan Garuda Muda!Indra Sjafri pimpin Timnas U-22 di SEA Games 2019 IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Walau begitu, Indra Sjafri selaku pelatih Timnas U-22 sudah dari jauh hari menyatakan bahwa ia tak gentar dengan Thailand. Baginya, tak ada yang perlu dicemaskan dari sang juara bertahan.

"Thailand tidak perlu dicemaskan. Insyaallah dengan doa dan dukungan dari masyarakat, kita semua bisa raih medali emas," ujar Indra saat melakukan wawancara eksklusif bersama IDN Times di IDN Media HQ, Jakarta, Rabu (19/11) lalu.

Timnas U-22 sendiri datang ke SEA Games 2019 dengan modal cukup oke. Mereka menjadi juara Piala AFF U-22 tahun ini dan di dua uji coba terakhir melawan Iran U-22, Egy Maulana Vikri dan kolega sukses tak terkalahkan dengan catatan imbang 1-1 dan menang 2-1 di laga kedua.

https://www.youtube.com/embed/vGHybdAN4PM

Baca Juga: Golongan Darah hingga Sidik Jari, Jadi Alasan Pilih Pemain Timnas U-22

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya