Comscore Tracker

Mengenal Quique Setien, Pelatih Baru Barcelona dari Klub Semenjana

Setien belum pernah menukangi tim besar

Jakarta, IDN Times - Barcelona akhirnya resmi menunjuk eks pelatih Real Betis, Quique Setien, sebagai pengganti Ernesto Valverde.

Valverde sendiri dipecat usai kalah secara dramatis dari Atletico Madrid di ajang Supercopa de Espana beberapa hari lalu. Kegagalan Barcelona di ajang ini berimbas kepada nasib eks pelatih Atletic Bilbao ini ditendang keluar dari Camp Nou.

Lalu siapakah Setien ini?

1. Brilian secara taktik dan pengembangan pemain, Setien akan jadi jodoh yang pas untuk Barcelona

Mengenal Quique Setien, Pelatih Baru Barcelona dari Klub SemenjanaAnsu Fati usai mencetak gol ke gawang Inter Milan, Rabu (11/12) dini hari tadi. Twitter/@ChampionsLeague

Pada tahun 2019 lalu, dalam sebuah wawancara dengan The Coaches Voice, Setien pernah mengungkapkan bahwa Barcelona asuhan Johan Cruyff adalah inspirasinya. Kini, ia ada di Barcelona untuk meneruskan nilai-nilai sepak bola ala Cruyff yang begitu dia agungkan.

"Bermain melawan Barcelona-nya Cruyff, kamu akan menghabiskan sepanjang laga berlarian mengejar bola. Lalu saya bilang ke diri saya sendiri: 'Ini yang saya suka. Saya ingin ada di tim seperti ini dan mencari tahu kenapa mereka bisa bermain seperti ini'," ujar Setien kala itu.

Dengan karier terbaiknya tercatat kala membesut Real Betis, Setien memang terkenal dengan pendekatan taktik yang mengedepankan penguasaan bola dan permainan menyerang yang memukau. Nilai ini sangat cocok dengan kultur sepak bola di Camp Nou.

Apalagi, semasa di Betis, ia terbukti piawai memoles bakat pemainnya mulai dari Giovani Lo Celso (kini di Tottenham Hotspur) dan Fabian Ruiz (kini di Napoli). Jangan lupa, ia juga mampu mengorbitkan para pemain jempolan seperti Junior Firpo, yang uniknya, kini ada di Barcelona.

Hal serupa bisa ia terapkan di Barcelona karena La Masia, akademi mereka yang tersohor itu, tak kekurangan bakat baru. Mulai dari Ansu Fati hingga Riqui Puig, semua siap dipoles. Juga mengoptimalkan peran Frenkie de Jong, yang tidak terlalu mengilap ketika dibesut oleh Valverde.

Baca Juga: Barcelona Paling Produktif Cetak Gol dalam 10 Tahun Terakhir! 

2. Tapi, Setien bisa jadi pilihan yang berbahaya karena hanya pernah menukangi klub semenjana

Mengenal Quique Setien, Pelatih Baru Barcelona dari Klub SemenjanaPelatih baru Barcelona, Quique Setien. Twitter/@Goal

Setien di Betis adalah Setien yang bermain sepak bola menyerang, mampu membangun serangan dengan baik dari kiper, dan tampil dominan sepanjang laga dengan penguasaan bola. Namun, patut dicatat, Setien di Betis hanyalah klub semenjana dengan masalah kronis yakni lini serang mandul dan tak ada trofi.

Jika pencapaian trofi bisa dikesampingkan, masalah lini serang ini jadi "penyakit Setien". Para pemain andalan Setien di Betis adalah barisan gelandangnya dengan nama-nama seperti Mauricio Lemos, Lo Celso, hingga Fabian Ruiz. Namun, ia tak memiliki penyerang haus gol yang bisa dipoles jadi andalan.

Di Barcelona, ia tak hanya diberkahi oleh Lionel Messi, namun juga sosok flamboyan asal Prancis, Antoine Griezmann.

Bisakah Setien membuktikan bahwa ia bukan pelatih spesialis klub medioker dengan sumber daya yang ada di Barcelona?

3. Klausul kontrak unik Setien di Barcelona

Mengenal Quique Setien, Pelatih Baru Barcelona dari Klub SemenjanaXavi Hernandez, legenda Barcelona yang sempat dirumorkan akan jadi pelatih baru di Camp Nou. Twitter/@Goal

Menurut kabar yang dilansir dari ESPN, klausul kontrak yang kabarnya diberikan Barcelona oleh Setien memuat klausul pemutusan sepihak sewaktu-waktu jika klub merasa performa Barcelona tak bagus bersama Setien.

Setien sendiri dikontrak selama dua tahun hingga 2022, menyingkirkan Xavi Hernandez, yang disebut-sebut akan kembali ke Barcelona namun ditahan Al Sadd setidaknya sampai musim panas 2020.

Apakah ini berarti Setien hanya pelatih transisi sembari menunggu Xavi kembali ke Catalan? Atau justru, Barcelona di bawah Setien justru menjelma jadi klub mengerikan seperti era Pep Guardiola dahulu?

Baca Juga: Pecat Valverde, Barcelona Tunjuk Quique Setien Sebagai Pelatih Baru

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Just For You