Juventus vs Ajax, Apa Kata Statistik Kedua Tim?

Ajax yang kini, bukan Ajax yang dahulu

Jakarta, IDN Times - Laga leg kedua babak 8 besar Liga Champions Eropa musim 2018/2019 siap dihelat pada Rabu-Kamis (17/4-18/4) dini hari nanti. Salah satu laga seru yang akan dihelat pada dini hari nanti adalah laga antara Juventus melawan tamunya dari Belanda, Ajax Amsterdam.

Bagaimana peluang kedua tim? Lalu, apakah memungkinkan adanya keajaiban dari Ajax seperti yang mereka tunjukkan di Santiago Bernabeu lalu? Berikut IDN Times Sport berupaya merangkumnya dalam pra-tinjau.

1. Juventus punya rekor superior atas Ajax

Juventus vs Ajax, Apa Kata Statistik Kedua Tim?twitter/championsleague

Walau cukup dibuat kewalahan di leg pertama oleh ketangguhan Ajax di kandangnya, Juventus sukses mencuri satu gol tandang melalui sundulan Cristiano Ronaldo kala itu. Di kandang sendiri, Juventus tentu punya keuntungan lebih. Walau harus tetap berhati-hati mengingat Ajax punya segalanya untuk merepotkan tuan rumah, setidaknya Bianconeri punya rekor 10 laga tak terkalahkan di 10 pertemuan terakhir melawan Ajax.

Baca Juga: Juventus Vs Ajax, Duel Hidup Mati Dua Tim Pencipta Kejutan UCL 

2. Namun, Ajax juga terbukti tangguh kala meladeni wakil Italia

Juventus vs Ajax, Apa Kata Statistik Kedua Tim?twitter/championsleague

Setelah kewalahan di 8 laga kala meladeni wakil asal Italia, Ajax kini telah berubah. Skuat asuhan Erik ten Hag kini punya catatan 2 kali menang dan 2 kali imbang dari 4 pertemuan terakhir meladeni wakil Italia, termasuk saat ditahan imbang 1-1 oleh Juventus di leg pertama. Sebelumnya, dari 8 laga, Ajax kalah 7 kali dan hanya sanggup 1 kali menahan imbang perwakilan dari Negeri Pizza.

3. Ajax berupaya lolos ke semifinal untuk pertama kali setelah 22 tahun

Juventus vs Ajax, Apa Kata Statistik Kedua Tim?twitter.com/AFCAjax

Jika sukses menumpas perlawanan Juventus, Ajax akan lolos ke semifinal pertama mereka di Liga Champions Eropa sejak terakhir melakukannya pada musim 1996/1997, atau sekitar 22 tahun lalu. Selain itu, mereka juga akan jadi tim asal Belanda pertama sejak 2004/2005, yang bisa lolos ke semifinal Liga Champions setelah sebelumnya itu terakhir dilakukan oleh sang rival, PSV Eindhoven.

4. Tapi, Juventus adalah langganan semifinalis Liga Champions, lho

Juventus vs Ajax, Apa Kata Statistik Kedua Tim?twitter.com/juventusfcen

Walau Ajax punya misi besar, tim muda ini wajib ingat bahwa Giorgio Chiellini dan kolega adalah tim berpengalaman di pentas Eropa. Dalam lima musim terakhir, Juventus sudah dua kali lolos ke semifinal yakni pada edisi 2014/2015 dan 2016/2017. Bahkan, Juventus juga lolos ke final walau akhirnya ditumpas oleh ketangguhan Real Madrid, juara bertahan tiga musim beruntun yang uniknya, disingkirkan Ajax pada babak 16 besar lalu.

Laga kedua tim ini akan sangat seru!

Baca Juga: Ajax Tak Butuh Hormat dari Juventus

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya