Comscore Tracker

Hati-hati Juventus, Ajax Bisa Jadi Sandungan, Ini Statistiknya

Jangan remehkan Ajax

Jakarta, IDN Times - Juventus mengincar tiket semifinal Liga Champions. Untuk itu mereka harus menumbangkan Ajax Amsterdam pada  leg kedua babak 8 besar Liga Champions Eropa musim 2018/2019, Rabu (17/3) dini hari nanti.  

Ajax Amsterdam tentu tidak bisa diremehkan. Sebelumnya mereka baru menyingkirkan Real Madrid di babak 16 besar. Ini tentu harus menjadi catatan yang diperhatikan Juventus untuk leg II ini. Meskipun Juventus punya keunggulan gol tandang dengan skor 1-1 di Johan Cruyff Arena pekan lalu.

1. Juventus punya rekor superior atas Ajax

Hati-hati Juventus, Ajax Bisa Jadi Sandungan, Ini Statistiknyatwitter/championsleague

Walau cukup dibuat kewalahan di leg pertama oleh ketangguhan Ajax di kandangnya, Juventus sukses mencuri satu gol tandang melalui sundulan Cristiano Ronaldo kala itu. Di kandang sendiri, Juventus tentu punya keuntungan lebih. Walau harus tetap berhati-hati mengingat Ajax punya segalanya untuk merepotkan tuan rumah, setidaknya Bianconeri punya rekor 10 laga tak terkalahkan di 10 pertemuan terakhir melawan Ajax.

Baca Juga: Real Madrid Ditahan Imbang Leganes, Simak 5 Fakta Berikut

2. Namun, Ajax juga terbukti tangguh kala meladeni wakil Italia

Hati-hati Juventus, Ajax Bisa Jadi Sandungan, Ini Statistiknyatwitter/championsleague

Setelah kewalahan di 8 laga kala meladeni wakil asal Italia, Ajax kini telah berubah. Skuat asuhan Erik ten Hag kini punya catatan 2 kali menang dan 2 kali imbang dari 4 pertemuan terakhir meladeni wakil Italia, termasuk saat ditahan imbang 1-1 oleh Juventus di leg pertama. Sebelumnya, dari 8 laga, Ajax kalah 7 kali dan hanya sanggup 1 kali menahan imbang perwakilan dari Negeri Pizza.

3. Ajax berupaya lolos ke semifinal untuk pertama kali setelah 22 tahun

Hati-hati Juventus, Ajax Bisa Jadi Sandungan, Ini Statistiknyatwitter.com/AFCAjax

Jika sukses menumpas perlawanan Juventus, Ajax akan lolos ke semifinal pertama mereka di Liga Champions Eropa sejak terakhir melakukannya pada musim 1996/1997, atau sekitar 22 tahun lalu. Selain itu, mereka juga akan jadi tim asal Belanda pertama sejak 2004/2005, yang bisa lolos ke semifinal Liga Champions setelah sebelumnya itu terakhir dilakukan oleh sang rival, PSV Eindhoven.

4. Tapi, Juventus adalah langganan semifinalis Liga Champions, lho

Hati-hati Juventus, Ajax Bisa Jadi Sandungan, Ini Statistiknyatwitter.com/juventusfcen

Walau Ajax punya misi besar, tim muda ini wajib ingat bahwa Giorgio Chiellini dan kolega adalah tim berpengalaman di pentas Eropa. Dalam lima musim terakhir, Juventus sudah dua kali lolos ke semifinal yakni pada edisi 2014/2015 dan 2016/2017. Bahkan, Juventus juga lolos ke final walau akhirnya ditumpas oleh ketangguhan Real Madrid, juara bertahan tiga musim beruntun yang uniknya, disingkirkan Ajax pada babak 16 besar lalu.

Laga kedua tim ini akan sangat seru!

Baca Juga: Ajax Tak Butuh Hormat dari Juventus

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya