Kongres PSSI di Depan Mata, Siapa Calon Ketua Umum Terkuat?

Usai La Nyalla menarik diri, siapa caketum terkuat?

Jakarta, IDN Times - Kongres Luar Biasa PSSI akan dihelat pada Sabtu (2/11) mendatang di Ancol, Jakarta Utara. Di agenda ini sendiri, federasi sepakbola Indonesia ini akan memilih Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan anggota Exco PSSI periode 2019-2023.

Nama-nama lama di sepakbola Indonesia muncul sebagai kandidat, serta ada juga nama-nama baru yang terasa asing di telingan awam. Siapa saja yang kini jadi calon terkuat Ketua Umum PSSI periode 2019-2023?

1. La Nyalla tarik diri, Mochamad Iriawan jadi favorit?

Kongres PSSI di Depan Mata, Siapa Calon Ketua Umum Terkuat?IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Beberapa hari jelang KLB sendiri, keputusan mengejutkan dibuat oleh salah Caketum yakni La Nyalla Mattalitti. Mantan Ketua Umum PSSI ini mencalonkan diri di bursa sekarang. Namun, dengan dalih KLB yang akan dihelat akhir pekan nanti tak sesuai arahan FIFA, Ketua DPD RI ini memutuskan menarik diri.

Dengan asumsi KLB tetap akan dihelat Sabtu (2/11) mendatang, calon terkuat sendiri kini mengarah kepada Sekretaris Utama Lemhanas yang juga wakil dari korps Bhayangkara yakni Mochamad Iriawan atau akrab dikenal sebagai Iwan Bule.

Baca Juga: Jokowi-Ma'ruf Dilantik, La Nyalla Harap Perekonomian Lebih Baik

2. Iwan Bule klaim punya dukungan banyak voters

Kongres PSSI di Depan Mata, Siapa Calon Ketua Umum Terkuat?IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Untuk menjadi Ketum PSSI, para Caketum memang harus menggaet voters-voters yang memang berasal dari klub dan Asprov di berbagai daerah di Indonesia.

Dalam deklarasi yang dilakukannya beberapa bulan lalu, Iwan Bule menyatakan banyak voters yang ia klaim ada di angka 50 persen, telah nyatakan dukungan untuk dirinya.

"Cukup banyak, sudah ada 23 klub, Asprov ada 20, sisanya ada di Liga 2 cukup banyak. Jadi hampir 50, mudah-mudahan komitmen ya," ujar Iwan Bule beberapa waktu lalu pada awak media.

"Mudah-mudahan niat tulus voters-voters tersebut bisa tetap komitmen akan memilih saya saat KLB dilakukan. Saya sempat sampaikan visi-misi dan niat saya di tempat mereka masing-masing. Saya akan maksimalkan sisa hidup saya untuk kepentingan sepakbola negara Indonesia," tambahnya lagi.

3. Kuda hitam yang siap jegal Iwan Bule

Kongres PSSI di Depan Mata, Siapa Calon Ketua Umum Terkuat?Instagram/@drhonk

Selain Iwan Bule, sejatinya ada nama-nama yang berpotensi jadi kuda hitam, seperti mantan pengurus Pelita Jaya, Rahim Soekasah, dan pengusaha migas, Vijaya Fitriyasa.

Rahim Soekasah sendiri dikenal sebagai sosok yang cukup populer di dunia sepakbola Indonesia, sementara Vijaya adalah nama baru yang punya rekam jejak sebagai pengusaha sukses.

Vijaya juga cukup ambisius dengan serentetan program yang diklaimnya sanggup membuat sepakbola Indonesia jadi lebih berkembang dan semakin maju.

Namun pertanyaannya: cukupkah itu memenangkan hati para voters yang sempat disinggung La Nyalla sebagai voters yang tak berdaulat itu?

Baca Juga: Profil Caketum PSSI: Iwan Bule Mengilap di Polri, Bagaimana di PSSI?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya