Comscore Tracker

Gara-gara Ini Manchester City Absen 2 Musim di Liga Champions

The Citizens disanksi karena langgar finansial fair play

Manchester City harus menerima kenyataan pahit. Mereka harus melupakan Liga Champions hingga dua musim ke depan.

Setelah musim ini, mereka harus absen di turnamen antarklub Eropa itu selama dua tahun beruntun. Penyebabnya, The Citizens melanggar aturan Financial Fair Play (FFP).

Mengapa bisa demikian?

1. Kenapa City bisa langgar FFP?

Gara-gara Ini Manchester City Absen 2 Musim di Liga ChampionsManchester City

Seperti dilaporkan oleh UEFA, sejak musim 2018, tim investigasi keuangan dari federasi sepak bola Eropa tersebut sudah menilai ada yang janggal dari laporan keuangan City sejak musim 2012 hingga 2016.

Dalam kurun waktu itu, jawara Premier League dua musim terakhir itu diduga lakukan penggelembungan dana sponsor di neraca keuangannya. Kabarnya, City sejatinya hanya dapat 8 juta pounds dari kerja sama dengan Etihad, tetapi di laporan keuangan mereka melaporkan pemasukan sekitar 67,5 juta pounds.

Nyatanya, sisa 59,5 juta itu disebut-sebut adalah dana suntikan pribadi dari pemilik mereka, Sheikh Mansour. Hal ini dilakukan agar seolah-olah City aman dari jerat FFP karena pemasukan mereka positif.

Baca Juga: MU Antisipasi Virus Corona, Kasihannya Ighalo Harus Berlatih Sendiri 

2. City akan absen di UCL 2020/2021 dan 2021/2022

Gara-gara Ini Manchester City Absen 2 Musim di Liga Championshighpresssoccer.com

Akhirnya, per Sabtu (15/2) ini, diputuskan oleh UEFA bahwa Manchester City dipastikan melanggar FFP dan harus absen selama dua musim dari Liga Champions Eropa terhitung mulai musim depan.

Kendati begitu, City masih bisa ajukan banding ke Badan Arbitrase Olahraga (CAS) terkait hukuman ini dan bila banding dikabulkan, musim depan City masih bisa mentas di Liga Champions.

3. Pep Guardiola khawatir pemainnya akan hengkang ke klub lain

Gara-gara Ini Manchester City Absen 2 Musim di Liga Championstalksport.com

Dikutip dari sumber ESPN, manajer City, Pep Guardiola, tampaknya akan setia bersama klubnya kendati dihukum larangan tampil di Eropa selama dua musim.

Walau begitu, Guardiola khawatir hal ini akan berpengaruh ke psikis pemainnya, terutama mereka yang kini berada di usia emas karier sepak bolanya seperti Bernardo Silva, Raheem Sterling, Ederson Moraes, hingga Aymeric Laporte.

Baca Juga: Bakal Lepas John Stones, Manchester City Incar 4 Bek Baru

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya