Comscore Tracker

Mengenal Duo Asia yang Sempat Buat Publik Anfield Terdiam

Hwang Hee-chan dan Takumi Minamino tampil memukau

Jakarta, IDN Times - Duel RB Salzburg kontra Liverpool, Kamis (3/10) dini hari akan selalu diingat publik Asia. Dua pemain andalan Asia Hwang Hee-Chan, dari Korea Selatan dan Takumi Minamino, dari Jepang tampil mengejutkan publik Anfield. Meski akhirnya harus kalah 4-3, namun performa keduanya disorot.

Salzburg sempat tertinggal 3-0. Namun performa apik dua nama itu menjadi inspirator kebangkitan Salzburg. Tim asal Jerman pun menyamakan skor 3-3.

Keduanya berkontribusi maksimal di tiga gol Salzburg yang bersarang ke gawang Liverpool dan sempat membuat Anfield terdiam beberapa waktu. 

1. Takumi Minamino, alumnus Cerezo Osaka yang mengilap di Eropa

Mengenal Duo Asia yang Sempat Buat Publik Anfield TerdiamTwitter/@sefa_sports

Minamino baru berusia 24 tahun di 2019 ini dan namanya mulai rutin menghiasi skuat senior Timnas Jepang. Minamino sendiri memang bukan pemain biasa-biasa saja.

Mentas dari tim muda Cerezo Osaka, pemuda asli Osaka ini langsung bersinar bersama tim senior klub kota kelahirannya, sebelum akhirnya mendapatkan mimpi besar pesepakbola asal Asia: berkarier di Eropa.

Pada 2015, mahar sebesar 800 ribu euro dibayarkan Salzburg untuk memboyong Minamino yang baru berusia 20 tahun ke Austria. Di sana, ia mengukir namanya sebagai salah satu pesepakbola terbaik dari Asia.

Sejauh ini, Minamino sudah mencetak 61 gol dan 41 asis untuk RB Salzburg di semua ajang. Di tahun keempatnya berseragam Salzburg, ia juga semakin moncer. Panggilan ke Timnas Jepang mulai rutin dan sejauh ini ia sudah tampil 19 kali bersama timnas dan cetak 7 gol.

Musim ini, ia sudah berkontribusi 1 gol dan 3 asis di Liga Champions, termasuk satu gol cantik dan satu asis manis untuk gol Erling Braut Haaland yang sempat membuat Salzburg mengimbangi Liverpool dini hari tadi.

Saking moncernya performa Minamino, beberapa suporter Liverpool di dunia maya bahkan mendesak Juergen Klopp untuk merekrutnya di Januari nanti!

Baca Juga: Rekor Buruk Ole, 4 Fakta Menarik Duel Man United Lawan Arsenal

2. Hwang Hee-chan memukau Anfield dan mempecundangi Virgil van Dijk

Mengenal Duo Asia yang Sempat Buat Publik Anfield TerdiamTwitter/@airtelufootball

Nama kedua adalah bintang yang bisa dibilang bersinar paling terang: Hwang Hee-chan. Pemain berusia 23 tahun ini sendiri menyumbang 1 gol dan 1 asis di laga dini hari tadi, termasuk salah satunya adalah dengan kesuksesannya mengelabui Virgil van Dijk, sebelum mencetak gol pertama Salzburg.

Hee-chan sendiri sejatinya punya karier yang cukup kaya di usia yang masih belia. Ia sudah meninggalkan Korea sejak 2015, hijrah ke Austria bersama FC Liefering, sebelum kemudian ia dibeli Salzburg seharga 400 ribu euro pada 2016. Sempat jalani peminjaman bersama Hamburg SV di Jerman, Hee-chan kini kembali dan jadi pilihan utama di Salzburg.

Sejauh ini, ia sudah ukir 35 gol dan 17 asis di sepanjang kariernya bersama Salzburg. 

3. Uniknya, Hwang Hee-chan akrab di telinga orang Indonesia

Mengenal Duo Asia yang Sempat Buat Publik Anfield TerdiamTwitter/@airtelufootball

Hwang Hee-chan sendiri sejatinya cukup akrab di telinga pencinta sepakbola Indonesia. Ia bagian dari Timnas U-19 Korea Selatan yang pernah dikalahan oleh Timnas U-19 Indonesia pada laga yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Kala itu, di 2013, Hee-chan dan kolega takluk 2-3 di Jakarta pada Kualifikasi Piala Asia U-19, di mana Evan Dimas mencetak tiga gol di laga tersebut.

Lalu, 5 tahun berselang, Hee-chan kembali ke Indonesia bersama Timnas U-23 Korea Selatan dan Son Heung-min, untuk menggondol medali emas di ajang Asian Games 2018.

Baca Juga: Mengenal Haaland, Wonderkid Norwegia yang Ukir Rekor di UCL

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You