Ada 10 Pemain U-23 di Timnas Indonesia, Regenerasi Siap Berjalan?

Shin Tae-yong panggil banyak pemain muda di Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Pemanggilan pemain-pemain muda di Timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong terus menjadi isu menarik. Keberanian pelatih asal Korea Selatan itu menepikan sejumlah nama senior dan langganan timnas senior memunculkan sedikit pertanyaan: apakah proses regenerasi jadi alasan utama keputusan Coach Shin?

1. Ada 10 pemain berusia di bawah 23 tahun di Timnas Indonesia saat ini

Ada 10 Pemain U-23 di Timnas Indonesia, Regenerasi Siap Berjalan?Pemain Timnas Indonesia, Koko Ari Araya sedang berduel dengan salah satu pemain Persita. (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Jika menilik data pemain di 29 nama yang dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia, ada 10 pemain yang punya usia di bawah 23 tahun. Bahkan, ke-10 pemain ini tidak dominan di satu lini saja, namun tersebar di berbagai lini baik kiper, belakang, hingga striker.

Di kiper, nama Muhammad Riyandi (20 tahun) jadi wakilnya, sementara di sektor bek, ada 4 nama pemain di bawah 23 tahun yakni Asnawi Mangkualam (20 tahun), Koko Ari Araya (20 tahun), Rachmat Irianto (20 tahun), dan Andy Setyo (22 tahun).

Bergeser ke lini tengah, Egy Maulana Vikri (20 tahun) dan I Kadek Agung Widnyana (22 tahun) jadi perwakilan dari U-23. Sementara di pos striker, Muhammad Rafli (21 tahun), Osvaldo Haay (22 tahun), dan Yakob Sayuri (22 tahun) bercokol di sana.

Baca Juga: 10 Langganan Timnas Indonesia yang Gak Dilirik Shin Tae-yong

2. Rataan umur pemain Timnas Indonesia kini relatif muda yakni 24,6 tahun!

Ada 10 Pemain U-23 di Timnas Indonesia, Regenerasi Siap Berjalan?Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Dari daftar 29 nama yang dipanggil, Timnas Indonesia kini banyak dihuni para pemain muda berusia di bawah 25 tahun. Dari data yang dihimpun oleh IDN Times, hanya 7 pemain dari total 29 nama yang berusia 30 tahun atau lebih. Ke-7 nama itu adalah Rivky Mokodompit (kiper), Fachruddin Aryanto dan Johan Ahmat Farizi (bek), Hendro Siswanto dan Asep Berlian (gelandang), serta Ilija Spasojevic dan Irfan Bachdim (striker).

Sementara itu, status sebagai pemain tertua adalah Spasojevic dengan umur 32 tahun, sementara pemain termuda ada 5 nama yang masing-masing berusia 20 tahun yakni Muhammad Riyandi (kiper), Asnawi Mangkualam, Koko Ari Araya, dan Rachmat Irianto (bek), serta Egy Maulana Vikri (gelandang).

Lalu dari total 29 nama pemain itu, rataan umur skuat Timnas Indonesia saat ini ada di angka yang relatif muda yakni 24,6 tahun!

3. Tepikan banyak langganan timnas senior, Shin Tae-yong persiapkan regenerasi?

Ada 10 Pemain U-23 di Timnas Indonesia, Regenerasi Siap Berjalan?Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Selain munculnya banyak pemain U-23 dan rataan umur pemain Timnas Indonesia yang ada di bawah 25 tahun, memunculkan persepsi bahwa Shin Tae-yong tengah mempersiapkan regenerasi.

Persepsi ini muncul karena selain banyak memanggil nama baru dan para pemain muda, Coach Shin juga menepikan para pemain senior seperti Andritany Ardhiyasa, Andik Vermansah, hingga Stefano Lilipaly.

Sebagai perbandingan saja, Andritany dan Andik masing-masing berusia 28 tahun, sementara Lilipaly, Rizky Pora, dan Alberto Goncalves misalnya, sudah berusia kepala tiga. Bahkan, Beto kini berusia 39 tahun dan akan genap 40 tahun pada Desember mendatang.

Baca Juga: Timnas Indonesia Dipenuhi Pemain Muda, Revolusi ala Shin Tae-yong?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya