Comscore Tracker

Operasi Lutut, Van Dijk Terancam Absen hingga Akhir Musim

Tekel horor Pickford bikin Liverpool kesulitan

Jakarta, IDN Times - Pil pahit harus ditelan Liverpool, Bek andalannya Virgil van Dijk terancam absen panjang karena cedera parah di lututnya. Dia mengalami cedera Anterior Cruciate Ligamen (ACL) usai mendapat tekel horor dari kiper Everton, Jordan Pickford dalam derby merseyside pada Sabtu (11/10/2020) malam WIB.

Saat itu Van Dijk harus keluar di menit ke-12 karena tekel Pickford yang tak berbuah kartu. Pada akhirnya pertahanan Liverpool keteteran dan harus rela bermain imbang 2-2 setelah dua gol Sadio Mane (3') dan Mohamed Salah (72') dibalas dua gol masing-masing dari Michael Keane (19') dan Dominic Calvert-Lewin (81').

Spekulasi bermunculan karena harus menjalani operasi ACL dan terancam absen hingga 8 bulan. Ini berarti bisa sampai akhir musim.

1. Jurgen Klopp sebut Van Dijk sangat kesakitan dengan cedernya

Operasi Lutut, Van Dijk Terancam Absen hingga Akhir Musimtalksport.com

Pascalaga, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp menyebut jika Virgil van Dijk sedang dalam kondisi kurang baik. Menurut dia, sang pemain mengalami kesakitan di bagian lututnya usai mendapatkan terjangan horor dari kiper Timnas Inggris, Pickford.

"Saya tak tahu [kondisi cederanya itu separah apa], tapi yang pasti setelah kejadian itu kondisinya kurang baik, kata Jurgen Klopp dalam wawancara setelah pertandingan dikutip laman resmi klub.

Tak pelak, berbagai spekulasi buruk pun bermunculan. Van Dijk disebut bisa absen membela Liverpool sampai delapan bulan ke depan akibat kerusakan ligamen ACL yang cukup parah ini.

Baca Juga: Mirip Cederanya Virgil van Dijk, Bagus Kahfi Bakal Absen 8 Bulan 

2. Virgil van Dijk jadi andalan di jantung pertahanan Liverpool

Operasi Lutut, Van Dijk Terancam Absen hingga Akhir Musimtelegraph.co.uk

Jika kondisi tersebut benar, tentu cederanya pemain berusia 29 tahun itu jadi kerugian besar bagi Liverpool. Sebab sejauh ini Virgil van Dijk selalu jadi andalan di jantung pertahanan tim. Perannya pun tak tergantikan hingga Liverpool akhirnya bisa meraih gelar Liga Champions dua tahun silam dan Liga Inggris musim lalu.

Kontribusinya untuk Liverpool pada duel melawan Everton pun cukup baik. Terbukti, usai dirinya ditarik ke luar lapangan oleh Klopp, The Reds langsung kebobolan pada menit ke-19.

"Virgil tampil untuk kami, saya tidak bisa menghitung berapa laga yang telah dilalui secara berurutan. Tadi dia tampil dengan rasa sakit, tapi masih bisa mengeluarkan penampilan terbaiknya. Hanya saja dia tak bisa melanjutkan penampilannya. Itu jadi pertanda tidak baik," ujar mantan pelatih Borussia Dortmund itu.

3. The Reds ditunggu laga-laga sulit saat Van Dijk absen

Operasi Lutut, Van Dijk Terancam Absen hingga Akhir Musimstandard.co.uk

Kehilangan Virgil van Dijk tentu saja bisa meninggalkan cela menganga di lini belakang Liverpool. Padahal, mereka ditunggu laga-laga sulit melawan tim besar. Sehingga, usaha mereka untuk mewujudkan target dua musim menjadi juara Liga Inggris secara beruntun pada edisi kali ini, semakin berat.

Tak hanya itu, Liverpool juga bakal tampil tanpa Virgil van Dijk saat mengawali perjalanannya di ajang Liga Champions 2020-2021.Mohamed Salah dan kolega bakal away ke markas Ajax Amsterdam pada laga yang digelar 22 Oktober 2020 nanti.

Baca Juga: Liverpool Vs Everton Tanpa Pemenang

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya