Siaran Langsung Timnas U-22 vs Vietnam: Pecahkan Penantian 28 Tahun?

Vietnam jadi lawan terberat Timnas U-22 di SEA Games?

Jakarta, IDN Times - Indonesia punya peluang besar bawa medali emas pada cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019. Syaratnya, mereka mampu meraih kemenangan atas Vietnam saat tampil pada partai final yang digelar di Stadion Rizal Memoriam, Manila, Filipina, Selasa (10/9).

Namun, tembok tinggi bernama Vietnam tak akan mudah untuk dilewati. Maklum, mereka merupakan satu-satunya tim yang belum pernah dikalahkan dalam ajang ini. Paling banter, lawan bisa menahan imbang yakni saat Thailand bermain imbang 2-2 melawan Vietnam.

Catatan apik itu memang bukan kebetulan, sebab selama Vietnam dilatih Park Hang-seo, tak sekali pun mereka menderita kekalahan. Total, sudah 26 pertandingan mereka nirkalah, yakni 21 menang dan 5 sisanya diakhiri dengan hasil imbang.

1. Indra tak silau dengan rekor-rekor Vietnam

Siaran Langsung Timnas U-22 vs Vietnam: Pecahkan Penantian 28 Tahun?Pelatih Timnas U-22, Indra Sjafri ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Namun, Indra Sjafri sejauh ini belum khawatir. Mereka tetap optimistis dan memilih fokus untuk menyiapkan tim menghadapi pertandingan final yang bakal digelar itu. Terlebih, anak asuhnya juga sudah siap untuk memberikan kontribusi maksimal.

Pelatih berusia 54 tahun itu pun sudah menyiapkan strategi untuk meredam Vietnam. Ia menjelaskan strategi dan taktik permainan, kemudian diaplikasikan dalam latihan yang melibatkan semua pemain, termasuk penjaga gawang.

"Tim sudah siap tampil. Para pemain sudah siap dan sangat percaya diri untuk menang," kata mantan pelatih Bali United tersebut dikutip dari laman resmi PSSI.

Baca Juga: [FOTO] Ke Final SEA Games 2019, Momen Timnas U-22 Ini Layak Dikenang!

2. Final tak selalu bersahabat dengan Timnas U-22

Siaran Langsung Timnas U-22 vs Vietnam: Pecahkan Penantian 28 Tahun?Saddil Ramdani (kiri) memeluk Egy Maulana Vikri (kanan) saat melakukan selebrasi gol bagi Timnas U-22. Dok. PSSI

Namun, usai itu muncul kekhawatiran lain. Timnas Indonesia ternyata selalu kesulitan jika menghadapi pertandingan final SEA Games. Sebanyak lima pertandingan final yang sudah dijalankan, skuat Garuda hanya dua kali saja mampu mengakhiri laga dengan kemenangan.

Namun, hal itu tak menyurutkan optimisme Indra.

"Saya tetap yakin. Target saya membawa Timnas U-22 itu bukan hanya ke final, tapi jadi juara. Namun, kita tak mau takabur, karena manusia tak bisa melawan takdir. Siapa pun lawannya di final saya hadapi," bebernya.

3. Vietnam siap pecah telur untuk meraih medali emas di SEA Games untuk pertama kalinya

Siaran Langsung Timnas U-22 vs Vietnam: Pecahkan Penantian 28 Tahun?Penyerang Timnas U-22, Egy Maulana Fikri diadang pemain Vietnam dalam laga ketiga Grup B SEA Games, Minggu (1/12). Dok PSSI

Sementara, Vietnam tak kalah menggebu. Mereka juga ingin sekali meraih hasil positif untuk mengejar medali emas yang belum pernah didapatkan sepanjang keikutsertaan mereka dalam SEA Games. Hal itulah yang membuat pelatih Vietnam Park Hang-seo sangat berambisi pecahkan rekor.

Park menyebut, kesempatan yang diraih ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Menurutnya, masyarakat Vietnam begitu berharap kepada para pemain untuk bisa membawa medali emas SEA Games untuk pertama kalinya ke negaranya.

"Sudah 29 kali SEA Games kami lewati dan ini percobaan ke-30. Semua rakyat Vietnam sangat berharap. Para pemain dan saya harus mempertaruhkan segalanya untuk juara. PM Vietnam memberikan semangat, ia menyebut rakyat Vietnam selalu mendukung di belakang," tukas dia.

4. Perkiraan susunan pemain Timnas U-22 melawan Vietnam

Siaran Langsung Timnas U-22 vs Vietnam: Pecahkan Penantian 28 Tahun?Indonesia kalah 1-2 dari Vietnam pada babak penyisihan Grup B SEA Games 2019 pada 1 Desember lalu. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama

Perkiraan susunan pemain Timnas U-22 vs Vietnam:

Indonesia U-22 (4-3-3): Nadeo Arga Winata; Firza Andika,  Andy Setyo Nugroho, Bagas Adi Nugroho, Asnawi Mangkualam Bahar; Zulfiandi, Syahrian Abimanyu; Evan Dimas Darmono; Saddil Ramdani, Osvaldo Haay, Egy Maulana Vikri;.

Vietnam U-22 (4-4-2): Bui Tien Dung; Do Thanh Thinh, Ho Tan Tai, Nguyen Thanh Chung, Huynh Tan Sinh; Le Ngoc Bao, Nguyen Trong Hung, Nguyen Hoang Duc, Truong Van Thai Quy; Tien Linh, Ha Duc Chinh.

Baca Juga: Nostalgia Timnas Indonesia Merengkuh Medali Emas di SEA Games 1991

https://www.youtube.com/embed/zooOle319ro

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya