Comscore Tracker

Final SEA Games, Indonesia vs Vietnam: Kalau Gak Sekarang Kapan Lagi?

Vietnam belum terkalahkan

Jakarta, IDN Times - Penantian panjang medali emas cabang sepak bola SEA Games 2019 selama 28 tahun akan segera kita akhiri. Satu partai terakhir harus dilalui dengan kemenangan saat Indonesia bersua Vietnam pada final di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (10/12).

Bukan tim yang asing memang bagi Garuda Muda. Soalnya timnas U-22 sebelumnya sudah bersua di penyisihan grup B. Hasilnya Indonesia ditekuk 1-2 meski sempat unggul lebih dulu.

Dan sulitnya, Vietnam punya catatan superior di bawah asuhan pelatih asal Korea Park Hang-seo. Tak sekalipun mereka kalah dari 26 laga. So, apa itu jadi alasan untuk takut? Rasanya tidak. Soalnya kalau gak sekarang, kapan lagi?

1. Indra tak silau dengan rekor-rekor Vietnam

Final SEA Games, Indonesia vs Vietnam: Kalau Gak Sekarang Kapan Lagi?Pelatih Timnas U-22, Indra Sjafri ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Namun, Indra Sjafri sejauh ini belum khawatir. Mereka tetap optimistis dan memilih fokus untuk menyiapkan tim menghadapi pertandingan final yang bakal digelar itu. Terlebih, anak asuhnya juga sudah siap untuk memberikan kontribusi maksimal.

Pelatih berusia 54 tahun itu pun sudah menyiapkan strategi untuk meredam Vietnam. Ia menjelaskan strategi dan taktik permainan, kemudian diaplikasikan dalam latihan yang melibatkan semua pemain, termasuk penjaga gawang.

"Tim sudah siap tampil. Para pemain sudah siap dan sangat percaya diri untuk menang," kata mantan pelatih Bali United tersebut dikutip dari laman resmi PSSI.

Baca Juga: [FOTO] Ke Final SEA Games 2019, Momen Timnas U-22 Ini Layak Dikenang!

2. Final tak selalu bersahabat dengan Timnas U-22

Final SEA Games, Indonesia vs Vietnam: Kalau Gak Sekarang Kapan Lagi?Saddil Ramdani (kiri) memeluk Egy Maulana Vikri (kanan) saat melakukan selebrasi gol bagi Timnas U-22. Dok. PSSI

Namun, usai itu muncul kekhawatiran lain. Timnas Indonesia ternyata selalu kesulitan jika menghadapi pertandingan final SEA Games. Sebanyak lima pertandingan final yang sudah dijalankan, skuat Garuda hanya dua kali saja mampu mengakhiri laga dengan kemenangan.

Namun, hal itu tak menyurutkan optimisme Indra.

"Saya tetap yakin. Target saya membawa Timnas U-22 itu bukan hanya ke final, tapi jadi juara. Namun, kita tak mau takabur, karena manusia tak bisa melawan takdir. Siapa pun lawannya di final saya hadapi," bebernya.

Baca Juga: Manila dan Nostalgia Emas Sepak Bola SEA Games 1991 yang Tak Terlupa

3. Vietnam siap pecah telur untuk meraih medali emas di SEA Games untuk pertama kalinya

Final SEA Games, Indonesia vs Vietnam: Kalau Gak Sekarang Kapan Lagi?Penyerang Timnas U-22, Egy Maulana Fikri diadang pemain Vietnam dalam laga ketiga Grup B SEA Games, Minggu (1/12). Dok PSSI

Sementara, Vietnam tak kalah menggebu. Mereka juga ingin sekali meraih hasil positif untuk mengejar medali emas yang belum pernah didapatkan sepanjang keikutsertaan mereka dalam SEA Games. Hal itulah yang membuat pelatih Vietnam Park Hang-seo sangat berambisi pecahkan rekor.

Park menyebut, kesempatan yang diraih ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Menurutnya, masyarakat Vietnam begitu berharap kepada para pemain untuk bisa membawa medali emas SEA Games untuk pertama kalinya ke negaranya.

"Sudah 29 kali SEA Games kami lewati dan ini percobaan ke-30. Semua rakyat Vietnam sangat berharap. Para pemain dan saya harus mempertaruhkan segalanya untuk juara. PM Vietnam memberikan semangat, ia menyebut rakyat Vietnam selalu mendukung di belakang," tukas dia.

4. Perkiraan susunan pemain Timnas U-22 melawan Vietnam

Final SEA Games, Indonesia vs Vietnam: Kalau Gak Sekarang Kapan Lagi?Indonesia kalah 1-2 dari Vietnam pada babak penyisihan Grup B SEA Games 2019 pada 1 Desember lalu. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama

Perkiraan susunan pemain Timnas U-22 vs Vietnam:

Indonesia U-22 (4-3-3): Nadeo Arga Winata; Firza Andika,  Andy Setyo Nugroho, Bagas Adi Nugroho, Asnawi Mangkualam Bahar; Zulfiandi, Syahrian Abimanyu; Evan Dimas Darmono; Saddil Ramdani, Osvaldo Haay, Egy Maulana Vikri;.

Vietnam U-22 (4-4-2): Bui Tien Dung; Do Thanh Thinh, Ho Tan Tai, Nguyen Thanh Chung, Huynh Tan Sinh; Le Ngoc Bao, Nguyen Trong Hung, Nguyen Hoang Duc, Truong Van Thai Quy; Tien Linh, Ha Duc Chinh.

Baca Juga: [BREAKING] Dramatis! Indonesia Lolos ke Final SEA Games

https://www.youtube.com/embed/zooOle319ro

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya