4 Pesepak Bola dengan Gelar Akademis Mumpuni, Ada Lewandowski

Bukti bahwa pendidikan dan pekerjaan bisa selaras!

Jakarta, IDN Times - Siapa bilang jika pemain harus mengorbankan pendidikan untuk bisa meraih sukses di dunia sepak bola? Hal itu tak berlaku bagi mayoritas orang, termasuk para pemain yang tengah berkarier di Eropa.

Tak sedikit pesepak bola Eropa memiliki latar belakang pendidikan tinggi. Selain punya kemampuan di lapangan hijau, mereka juga punya kecerdasan mumpuni lantaran bisa menyelesaikan kuliah hingga sarjana bahkan magister.

Hal itu tak lepas dari kesadaran mereka terkait pentingnya pendidikan tinggi, terutama sebagai bekal pemain jika memasuki masa purnatugas.

Berikut beberapa pesepak bola dunia yang mempunyai gelar tinggi di dunia pendidikan.

1. Giorgio Chiellini

4 Pesepak Bola dengan Gelar Akademis Mumpuni, Ada Lewandowskitwitter.com/chiellini/

Dikenal garang di lapangan, tak ada yang tahu jika Giorgio Chiellini punya kepedulian tinggi terhadap pendidikannya.

Buktinya, dia berhasil menyelesaikan pendidikan tinggi di University of Turin’s School of Management and Economics dengan gelar magister jurusan administrasi bisnis.

Tak hanya sekadar lulus, eks Juventus yang kini bermain untuk Los Angeles ini juga punya prestasi mentereng di dunia pendidikan, karena lulus dengan status cumlaude.

Prestasi tersebut memang sering diraihnya sejak masih duduk di bangku sekolah.

Baca Juga: Butuh Playmaker, AC Milan Ingin Memboyong Juan Mata

2. Juan Mata

4 Pesepak Bola dengan Gelar Akademis Mumpuni, Ada Lewandowskien.as.com

Sama dengan Chiellini, eks pemain Manchester United Juan Mata juga punya prestasi mengilap di pendidikan. Bedanya, Mata menyelesaikan program sarjana dua jurusan sekaligus.

Pertama dia rampung menyelesaikan sarjana jurnalisme di Universitas Madrid. Selanjutnya, dia kembali mengenyam pendidikan tinggi saat berada di Manchester United, dengan berhasil mengantongi gelar sarjana Marketing and Sports Science dari Universitas Manchester.

Semua itu diraih pemain Vissel Kobe itu dengan cukup sulit. Maklum, gelar tersebut didapatkan ketika pemain asal Spanyol itu menjalani kompetisi padat di Liga Inggris.

3. Robert Lewandowski

4 Pesepak Bola dengan Gelar Akademis Mumpuni, Ada LewandowskiRobert Lewandowski (fcbarcelona.com)

Robert Lewandowski merupakan salah satu penyerang hebat yang dimiliki Barcelona. Sudah banyak rekor gol berhasil diciptakannya selama memperkuat Bayern Muenchen

Bomber Polandia juga ternyata tak hanya hebat dalam urusan menciptakan gol saja, karena dia juga berhasil menyelesaikan pendidikan tinggi di negaranya. Dia mampu lulus dengan gelar Pendidikan Fisik di Sekolah Olahraga Warsawa, Polandia dengan lama studi 10 tahun.

4. Henrikh Mkhitaryan

4 Pesepak Bola dengan Gelar Akademis Mumpuni, Ada Lewandowskipotret Henrikh Mkhitaryan (twitter.com/HenrikhMkh)

Kepiawaiannya menjadi gelandang di lapangan memang ditunjang kecerdasan yang dimiliki Mkhitaryan. Hal itu pula yang mengantarkannya meraih gelar diploma dari Institute of Physical Culture di Armenia, studi ekonomi dari St Petersburg Institute.

Tak hanya itu, mantan penggawa Arsenal yang tengah memperkuat ke Inter Milan ini juga sempat mengikuti pelatihan untuk menjadi pengacara.

Kepintarannya semakin tergambar karena lihai menggunakan lima bahasa internasional, yakni Inggris, Rusia, Prancis, Portugis, dan negaranya Armenia.

Baca Juga: Mkhitaryan di Simpang Jalan, Bertahan di Roma atau Pulang ke Arsenal

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya