Comscore Tracker

Profil Calon Ketum PSSI: Iwan Bule, Pendatang Baru yang Dijagokan 

Karirnya mulus di Polri

Jakarta, IDN Times - PSSI siap memilih ketua umum baru. Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI akan digelar 2 November mendatang dengan agenda memilih ketua, wakil ketua dan 12 anggota komite eksekutif. 

Tahap pencalonan sudah digelar dan ada 8 calon yang lolos. Termasuk beberapa nama seperti La Nyalla Mataliti atau Rahim Soekasah.

Selain itu ada juga pendatang baru yang muncul, yakni Komjen Pol Mochamad Iriawan alias Iwan Bule yang siap menjadi orang nomor satu PSSI itu. Mampukah sang pendatang baru?

1. Iwan Bule sudah aktif di sepakbola sejak 2009

Profil Calon Ketum PSSI: Iwan Bule, Pendatang Baru yang Dijagokan IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Melihat pengalamannya di sepakbola Indonesia, Iwan memang tak pernah mengisi posisi strategis di organisasi PSSI. Namun, ia ternyata sudah aktif berkecimpung dalam dunia bal-balan sejak 2009 lalu.

Jika banyak orang bertanya mengenai pengalamannya di dunia si kulit bundar, Iwan ternyata menjadi Dewan Penasihat Persib pada 2009 silam. Selain itu, ia juga aktif sebagai pelindung di kepengurusan Asosiasi Provinsi (Asprov) Jawa Barat.

Baca Juga: Turnamen Kelompok Umur Askot PSSI Medan, Ini Para Juaranya

2. Iwan Bule cemerlang dalam kariernya di kepolisian

Profil Calon Ketum PSSI: Iwan Bule, Pendatang Baru yang Dijagokan IDN Times/Vanny El Rahman

Di luar sepak bola, karier kepolisian Iwan memang bisa dibilang cukup cemerlang. Jejak profesinya melesat sangat cepat pertama kali dirinya langsung didapuk menjadi Kapolres Tegal Polda Jateng pada 2001.

Tak lebih dari satu dasawarsa, atau tepatnya cuma delapan tahun saja, dirinya sudah dipromosikan sebagai Dir Reskrimum Polda Metro Jaya hingga mengemban jabatan-jabatan penting di Polri sampai saat ini.

Namanya semakin dikenal publik saat didapuk menjadi Dir Reskrimum Polda Metro Jaya. Di sana, ia sempat menangani kasus paling menghebohkan yakni pembunuhan kontroversial, Nasrudin Zulkarnaen, yang melibatkan mantan Ketua KPK, Antasari Azhar.

3. Iwan pernah terseret kasus HAM

Profil Calon Ketum PSSI: Iwan Bule, Pendatang Baru yang Dijagokan IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Selain itu ia juga sempat menjabat sebagai Wadir I/Kamtranas Bareskrim Polri, Dir Binmas Baharkam Polri, hingga jadi pimpinan Polda Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, hingga Jawa Timur.

Ia juga pernah menjabat sebagai Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, saat Pilkada serentak digelar di Jawa Barat.

Di balik karier cemerlangnya, Iwan Bule, begitu kerap dirinya disapa, ternyata juga pernah dikaitkan dengan kasus pelanggaran HAM yang menimpa Novel Baswedan (salah satu penyidik KPK). Namanya mencuat usai Tim Gabungan Pencari Fakta (TPF) tengah menyelidiki kasus penyiraman air keras terhadap Novel.

Baca Juga: Dibantai UEA, Ini Syarat Indonesia Jika Ingin Lolos dari Fase Grup

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You