[BREAKING] Bungkam Spanyol Lewat Adu Penalti, Italia ke Final! 

Italia menang dengan skor 4-2

Jakarta, IDN Times - Italia berjuang mati-matian untuk memastikan langkahnya ke final Piala Eropa 2020. Bentrok dengan Soanyol di Stadion Wembley, Rabu (8/67/2021), mereka berhasil meraih kemenangan melalui drama adu penalti

Kedua tim bermain imbang 1-1 hingga babak perpanjangan waktu. Italia sempat unggul lebih dulu lewat gol Federico Chiesa pada mneit 60. Spanyol kemudian menyamakan kedudukan pada menit le-80 melalui aksi Alvaro Morata.

Spanyol langsung memperagakan permainan cepat. Mereka menguasai jalannya laga dan tak memberikan kesempatan hingga pertandingan berjalan lima menit. Hanya saja, mereka masih sulit menembus pertahanan Italia yang rapat.

Italia justru mendapat kesempatan pertama pada menit 17. Lorenzo Insigne mendapatkan peluang melalui tendangan bebas. Namun, umpan yang dia berikan ke dalam kotak penalti berhasil ditangkap dengan mudah kiper Spanyol, Unai Simon.

Spanyol baru bisa mengancam gawang Italia menit 25. Dani Olmo berhasil melepaskan sepakan keras mendatar di dalam kotak penalti Italia. Hanya saja, kiper Italia Gianluigi Donnarumma berhasil unjuk gigi. Ia dengan sigap menghalau sepakan itu.

Kedua tim menurunkan tempo permainan di waktu sisa babak pertama. Walau begitu, keduanya masih berhasil menciptakan ancaman yang membuat jantung para penonton berdegup kencang. Namun, hingga turun minum kedudukan belum berubah. Babak pertama pun berakhir dengan skor sama kuat 0-0.

Babak kedua dimulai kedua tim kembali tancap gas dengan memeragakan permainan cepat. Menit 50 La Furia Roja langsung menciptakan peluang berbahaya. Memanfaatkan cut back Mikel Oyarzabal, Sergio Busquets menyambutnya dengan sepakan keras yang masih melambung tipis di atas gawang Donnarumma.

Dua menit berselang giliran Italia membalas dengan peluang yang tak kalah membahayakan. Federico Chiesa yang berhasil menusuk ke dalam kotak penalti dengan aksi individunya, langsung melakukan tendangan keras. Lagi-lagi ketenangan Unai Simon mampu mematahkan peluang berhaya itu.

Italia akhirnya berhasil unggul pada menit 60. Melalui serangan cepat, pemain belakang Spanyol sedikit panik. Bola liar yang coba dibuang berhasil diambil Chiesa. Pemain berusia 23 tahun itu menggiring bola ke dalam kotak berbahaya sekaligus melepaskan sepakan terukur yang tak bisa dijangkau Simon.

Tertinggal satu gol membuat Spanyol semakin agresif. Mereka mendapatkan peluang emas di depan mulut gawang Donnarumma. Hanya saja, Oyarzabal yang diberikan umpan manis oleh koke, gagal menjangkau bola dengan kepalanya. Skor belum berubah masih 1-0 untuk Italia.

Berkat serangan bertubi-tubi yang dilancarkan ke pertahanan Italia, Spanyol akhirnya bisa menyamakan kedudukan. Sepuluh menit sebelum laga berakhir, kombinasi yang baik dengan Dani Olmo berhasil diselesaikan oleh Alavaro Morata. Dengan sangat dingin ia menempatkan bola yang tak bisa dijangkau Donnarumma.

Italia terlihat panik usai kebobolan satu gol. Mereka terus mendapatkan tekanan dari para penyerang Spanyol. Beruntung, tak ada gol lagi yang bersarang ke gawang Donnarumma. Sampai babak kedua berakhir skor masih sama kuat 1-1. Sehingga laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu, Spanyol mendominasi jalannya pertandingan. Mereka menciptakan beberapa peluang berbahaya. Donnarumma pun harus jatuh bangun menyelamatkan gawangnya agar tidak kebobolan. Hingga 15 menit pertama, kedudukan masih belum berubah 1-1.

Babak kedua perpanjangan waktu, Italia sengaja tampil lebih lambat demi meredam permainan cepat Spanyol. Mereka pun menampilkan garis pertahanan rendah dan memanfaatkan serangan balik untuk bisa mencuri gol.

Domenico Berardi sempat membuat penonton bersorak pada menit 109, karena mampu menceploskan si kulit bundar. Namun, gol yang ia cetak akhirnya dianulir wasit. Pemain Sassuolo itu terlebih dahulu sudah terjebak off-side.

Kedua tim berusaha menciptakan peluang dengan tenaga yang tersisa. Hanya saja, hingga waktu habis, kedua tim belum bisa mengubah keadaan. Walhasil, untuk menentukan pemenang antara Italia melawan Spanyol, duel pun harus ditentukan dengan drama adu penalti.

Di babak adu penalti, Italia akhirnya keluar sebagai pemanang dengan skor 4-2. Dua algojo penalti, Dani Olmo dan Alvaro Morata gagal, gagal menunaikan tugasnya dengan baik. Italia pun akhirnya keluar sebagai pemenang dan memastikan satu tiket ke laga final Piala Eropa 2020.

Baca Juga: 5 Pemain asal Inggris yang Kariernya Bersinar di Luar Inggris

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya