Permalukan Thailand, Indonesia Awali SEA Games 2019 dengan Mulus!

Gol cepat Egy Maulana jadi kunci kemenangan

Jakarta, IDN Times - Timnas U-22 berhasil memulai debutnya dengan manis di SEA Games 2019 Filipina. Mereka berhasil menundukkan tim kuat Thailand dengan skor 2-0 pada laga pertama Grup B di Stadion Rizal Memoriam, Manila, Selasa(26/11).

Tampil dalam laga perdana, Indra Sjafri langsung menurunkan skuat terbaiknya. Hal itu membuat Timnas U-22 langsung memberikan tekanan ke jantung pertahanan Thailand sejak babak pertama di mulai. Tak sia-sia, Timnas U-22 bisa unggul cepat saat laga belum genap lima menit.

Pada menit ke-4 Evan Dimas yang melepaskan tendangan lewat sepak pojok ke mulut gawang Thailand berhasil membuat kemelut di depan gawang Nont Muangngam. Bola liar pun berhasil disambar Egy Maulana Vikri sehingga membuat Timnas U-22 unggul satu gol.

Sepuluh menit berselang, Timnas Indonesia kembali membuka peluang untuk memperlebar jarak. Kali ini giliran Egy yang berhasil melepaskan umpan matang ke kotak 12 pas. Sayang, Evan Dimas yang tak mampu memanfaatkannya lantaran sepakannya masih melambung di atas mistar gawang.

Memasuki menit ke-20 Thailand mulai menguasai jalannya laga. Mereka mulai bisa masuk ke kotak penalti Timnas Indonesia. Namun, kuartet lini belakang yang dikomandoi kapten tim, Andy Setyo Nugroho, masih tampil disiplin sehingga membuat Timnas Indonesia tak kebobolan.

Pada sisa babak pertama sebetulnya pasukan Gajah Perang terus membombardir pertahanan Timnas U-22. Bahkan, jelang jeda mereka berhasil menciptakan peluang lewat tendangan bebas. Beruntung, Nadeo Arga Winata berhasil menepis umpan berbahaya yang mengarah ke pemain depan Thailand.

Kedua tim tak bisa mengubah keadaan hingga 45 menit pertama selesai. Thailand [pun harus puas mengakhiri laga babak pertama dengan posisi tertinggal 1-0 dari Saddil Ramdani dan kolega.

Memasuki babak kedua, Timnas U-22 tampil lebih bertenaga. Mereka kembali berani keluar menyerang untuk menambah keunggulan. Namun, pasukan Merah-Putih acap sekali terburu-buru saat memegang bola, sehingga aliran serangan beberapa kali terputus sebelum memasuki sepertiga lapangan lawan.

Asnawi Mangkualam Bahar memiliki kesempatan emas untuk mencetak gol pada menit ke-54. Pemain asal Makassar itu berhasil melakukan solo run dan mengelabui tiga pemain Thailand sampai akhirnya masuk ke kotak berbahaya. Tapi, penyelesaian akhirnya berbuah buntu, karena bola hanya membentur mistar.

Thailand hampir saja menciptakan gol lewat tendangan voli Sitthicok Paso saat laga berjalan 67 menit. Akan tetapi, tendangannya masih melambung di atas mistar Nadeo. Skor pun masih bertahan untuk keunggulan Timnas U-22 1-0 atas Thailand.

Sebaliknya, Timnas U-22 juga berhasil menciptakan peluang pada menit ke-79. Osvaldo Haay yang berhasil menusuk sisi kanan pertahanan Thailand mampu melepaskan umpan matang mendatar ke mulut gawang Thailand. Hanya saja, Saddil tak bisa memanfaatkan dengan baik lantaran bola hanya bergulir lemah.

Usaha Timnas U-22 untuk menambah keunggulan akhirnya berbuah hasil. Melalui serangan balik kilat pada menit ke-86, Saddil berhasil menggiring bola ke pertahanan Thailand. Ia pun berhasil melepaskan umpan matang yang bisa diselesaikan dengan baik oleh Osvaldo Haay.

Pemain Timnas Indonesia semakin di atas angin usai unggul dua gol. Mereka terus berusaha menguasai bola untuk menghabiskan waktu sisa pada babak kedua. Sebaliknya, Thailand kesulitan mencari peluang karena pemain Timnas U-22 lebih banyak bermain di daerahnya sendiri.

Kedua tim tak bisa mencetak gol lagi hingga peluit panjang dibunyikan. Walhasil, Timnas U-22 berhasil menyelesaikan laga pertamanya dengan torehan tiga poin karena berhasil menang 2-0 atas Thailand.

 

Susunan pemain:

Indonesia (4-3-3): Nadeo Arga Winata; Asnawi Mangkualam, Bagas Adi Nugroho, Andy Setyo, Firza Andika; Evan Dimas/Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, Zulfiandi; Saddil Ramdani, Muhammad Rafli/Osvaldo Haay, Egy Maulana Vikri/Feby Eka Putra.

Thailand (4-4-2): Nont Muangngam; Thitahorn Auksornsri, Shinnaphat Leeaoh, Srayut Sompim, Saringkan Promsupa; Anon Amornlertsak, Jaroensak Wonggorn, Chatmongkol Tongkiri, Kritsada Kaman; Supachi Chaided, Suphanat Mueanta.

Baca Juga: Laga Perdana SEA Games 2019, Indra Sjafri Tak Gentar dengan Thailand

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya