Para Srikandi Indonesia yang Siap Ukir Prestasi di SEA Games 2019

Cabor karate dan renang siap berikan medali di SEA Games

Jakarta, IDN Times - Ajang olahraga terakbar se-Asia Tenggara, yakni SEA Games 2019 Filipina resmi dibuka dua hari lagi. Kontingen Indonesia pun canangkan target 45 emas dalam pergelaran ajang dua tahunan yang sudah memasuki edisi ke-30 ini.

Tentu saja, beberapa cabang olahraga bakal diandalkan guna meraup pundi-pundi medali, sebut saja bulu tangkis, renang, atletik, dan beberapa olahraga lainnya.

Namun demikian, tak menutup kemungkinan medali-medali juga dihasilkan lewat olahraga lain, termasuk dari para srikandi berprestasi yang sangat diandalkan di SEA Games kali ini.

Siapa saja mereka?

1. Ceyco Georgia Zefanya Hutagalung ingin naik podium di SEA Games

Para Srikandi Indonesia yang Siap Ukir Prestasi di SEA Games 2019Atlet Karate, Ceyco Georgia Zefanya Hutagalung. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Atlet berusia 20 tahun ini bakal memulai debutnya di SEA Games kali ini. Walau disebut pendatang baru, ia ingin mengukir sejarah manis dalam penampilannya di Manila. Ia pun kini sudah siap tempur untuk mengharumkan nama bangsa lewat cabor karate.

"Persiapannya sejauh ini sudah mau 100 persen jelang SEA Games. Sya turun di kumite +61 kg putri. Kalau saya pribadi gak ditarget dari federasi saya, tapi saya punya target sendiri. Target saya pribadi ingin di podium ya, mau juara satu, dua, atau tiga yang penting di podium," kata Cecyo kepada IDN Times.

Rasa optimistis memang terus didengungkan oleh Ceyco sebelum mentas. Ia merasakan banyak perkembangan yang diraih timnya, terutama usai menjalani Training Center (TC) di Jepang. Walhasil, ia merasa cabor karate bakal memberikan yang terbaik dalam SEA Games nanti.

Baca Juga: Pesan Jokowi saat Lepas Kontingen SEA Games 2019: Harus Masuk 2 Besar

2. Azzahra Permatahani optimistis di dua nomor

Para Srikandi Indonesia yang Siap Ukir Prestasi di SEA Games 2019Atlet renang Indonesia di SEA Games, Azzahra Permatahani. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Di cabor renang, atlet muda Azzahra Permatahani jadi andalan federasi tertinggi renang Indonesia, PRSI, untuk bisa berbicara di ajang SEA Games 2019.

Bagaimana tidak, perenang berusia 17 tahun itu bakal turun di lima nomor dalam perlombaan yang digelar di New Clark City Aquatics Center, 4-9 Desember 2019.

Lima nomor yang bakal Azzahra lakoni nanti adalah 200m gaya kupu-kupu, 200m gaya ganti, 400m gaya ganti, 100m gaya dada, 200m gaya ganti. Tapi, hanya dua nomor yang diyakini bakal bisa dimenangkan Azzahra nanti, yakni 200m dan 400m gaya ganti.

"Ingin pecahkan rekor sendiri di Jakarta Open. Maunya, sih, di gaya 200m gaya ganti jadi 216 detik jadi 215 detik, dan 400m gaya ganti inginnya di bawah 448 detik," ujar Azzahra.

Kepercayaan dirinya pun meningkat saat dirinya tampil nanti. Maklum, orang tuanya dipastikan menonton langsung dan mendampingi Azzahra selama membela negara di Filipina.

3. Maya Sheva ingin buat kenangan manis pada debutnya di SEA Games

Para Srikandi Indonesia yang Siap Ukir Prestasi di SEA Games 2019Atlet karate Indonesia di SEA Games 2019, May Sheva. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Maya Sheva tak mau menyia-nyiakan kesempatan pertamanya tampil di SEA Games. Perempuan asal Jakarta itu langsung canangkan target tinggi untuk meraih medali emas dalam nomor kumite bawah 50kg. Ia pun tak segan bersaing dengan karateka-karateka unggulan seperti dari, Vietnam atau tuan rumah Filipina.

Persiapan pun sudah dilakukan dengan matang oleh Maya. Selain bersama Ceyco dan kolega menjalankan TC di Negeri Sakura, ia juga sempat mentas di ajang Pra-PON yang jadi salah satu perwakilan kontingen DKI Jakarta.

"Ini menjadi pengalaman pertama saya di SEA Games. Tahun lalu saya Asian Games tak ikut. Saya ingin hasil terbaik," tukas dia.

https://www.youtube.com/embed/zooOle319ro

Baca Juga: SEA Games 2019 Bermasalah, Menpora: Jangan Bully Filipina, Lah!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya