Comscore Tracker

Kualifikasi Piala Dunia 2022, Ini yang Akan Menjadi Lawan Indonesia

Juara grup dan 4 runner-up terbaik ke babak selanjutnya

Jakarta, IDN Times - Undian babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia telah dilaksanakan di markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (17/7). Hasilnya, Indonesia berada satu grup dengan tim-tim tetangga di ASEAN.

Ketiga rival Indonesia adalah Thailand, Vietnam, dan Malaysia. Bersama dengan negara kuat Timur Tengah, yakni Uni Emirat Arab, keempatnya akan bergabung di Grup G.

Hasil ini tentu sedikit menguntungkan bagi Indonesia, sebab mereka akan lebih mengenal calon lawannya dari negara-negara Asia Tenggara. Tak pelak, kesempatan mereka untuk melangkah lebih jauh pun terbuka lebar.

Tentu banyak yang bertanya mengenai kenapa keempat tim dari Asia Tenggara ini bisa tergabung dalam satu grup. Alasannya, keempatnya berada di dalam pot yang berbeda-beda.

Di antara keempatnya, Vietnam berada di pot yang paling tinggi, yakni unggulan kedua. Sedangkan Thailand mengikuti di bawahnya yakni di pot ketiga.

Lalu, ada Malaysia yang berada di pot keempat diikuti Indonesia yang masuk pot paling bontot. Sementara, UEA berada di pot pertama dan menjadi tim unggulan di babak kualifikasi ini.

Format dalam babak kualifikasi ini bakal menggunakan sistem double round robin di mana semua tim bakal bentrok satu sama lain. Nantinya, juara grup dan empat runner-up terbaik bakal langsung melenggang ke babak akhir kualifikasi Piala Dunia zona Asia.

Selain sebagai ajang untuk menentukan negara mana yang berhak mendapatkan jatah tiket ke Piala Dunia 2022, babak ini juga dijadikan sebagai ajang untuk menentukan negara mana saja yang berhak masuk ke Piala Asia 2023.

Babak kualifikasi sendiri rencananya bakal dimulai pada 5 September 2019 - 9 Juni 2020 mendatang.

Baca Juga: Sebelum Masuk Timnas, Ini 5 Klub yang Pernah di Bela Riko Simanjuntak

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Just For You