Comscore Tracker

Shin Tae-yong dan PSSI Memanas, Ini Tanggapan Menpora

Shin kritik PSSI di media Korsel

Jakarta, IDN Times - Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong dan PSSI bersitegang. Penyebabnya Shin buka suara kepada media Korsel soal pengalamannya membesut timnas Indonesia yang baru seumur jagung. Ada kritik dari Shin Tae-yong soal target dan hal-hal lain yang dibebankan kepadanya.

Menanggapi ini Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali buka suara. Hal itu diungkapkannya di sela-sela Ngobrol Seru IDN Times bertajuk Olahraga Otomotif di Tengah Pandemik, Jumat (18/6).

"Kisruh? Saya melihat sih belum ada kisruh di situ, mungkin itu permasalahan komunikasi saja di antara keduanya," kata Zainuddin.

1. Saat ini Shin Tae-yong memilih pulang ke Korea Selatan karena timnas hanya gelar latihan virtual

Shin Tae-yong dan PSSI Memanas, Ini Tanggapan MenporaPelatih asal Korea Selatan saat memimpin latihan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Sejauh ini, politisi Partai Golkar itu melihat semua masih baik-baik saja. Memang, saat pandemik COVID-19 grafiknya sedang tinggi, Shin Tae-yong memilih pulang kampung, tapi Zainudin melihat pelatih berusia 51 tahun itu tetap bertanggung jawab atas tugasnya, karena memimpin pemusatan latihan Timnas U-19 secara virtual.

Shin Tae-yong sendiri, sejauh ini belum ada kejelasan kapan kembali ke Indonesia. Padahal, dirinya sudah diminta untuk segera kembali, lantaran PSSI sudah menyiapkan program TC bagi skuat Garuda yang disiapkan untuk tampil di ajang Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan dan Piala Dunia U-20 yang bakal digelar tahun depan di Indonesia.

Baca Juga: Mamek Sudiono, Pahlawan Kemenangan 1985 Terharu Dapat Bantuan PSMS

2. Shin Tae-yong tak dizinkan gelar TC Timnas U-19 di Korsel

Shin Tae-yong dan PSSI Memanas, Ini Tanggapan MenporaPemain Timnas U-19 saat melakukan seleksi di bawah komando Shin Tae-yong di Stadion Wibawa Mukti Cikarang beberapa waktu lalu. pssi.org

Sebelumnya, Shin Tae-yong blak-blakan kepada media Korsel terkait posisinya sebagai pelatih Timnas Indonesia. Shin Tae-yong sebelumnya meminta PSSI untuk memboyong Timnas U-19 melakukan pemusatan latihan di Korsel. Dia sudah menyusun sebuah program dan meminta pendapat federasi terkait hal itu.

Terlebih, di Indonesia masih cukup sulit menggelar TC lantaran kasus virus corona di Tanah Air masih sangat tinggi sehingga dianggap berisiko.

Namun sayang, keinginan pelatih berusia 51 tahun itu tak dikabulkan oleh PSSI. Sebaliknya, Shin Tae-yong diminta untuk datang kembali ke Indonesia untuk segera memimpin Timnas U-19 melakukan persiapan untuk dua ajang besar.

3. Shin Tae-yong kecewa dengan kebijakan PSSI

Shin Tae-yong dan PSSI Memanas, Ini Tanggapan MenporaPelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong (IDN Times/ Herka Yanis)

Shin Tae-yong pun langsung memberikan kritikan cukup pedas kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Hal itu langsung ditanggapi oleh federasi sepak bola tertinggi Tanah Air yang menyebut jika pernyataan itu belum tentu keluar dari mulut pelatih berusia 51 tahun tersebut.

"Di Indonesia muncul seribu kasus baru virus corona setiap hari, tapi PSSI meminta saya kembali memimpin latihan. Sikap PSSI berubah, padahal awalnya menjanjikan dukungan penuh kepada saya," kata Shin Tae-yong kepada News Join.

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong merasa kecewa karena sikap PSSI yang berubah-ubah sehingga selalu ada pergantian kebijakan dan pengurus baru.

Baca Juga: PSSI Bentuk Satgas Timnas Indonesia, Apa Fungsinya?

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya