Indonesia Siap Hadapi Thailand, Beto: Suporter Fokus Dukung Saja!

Timnas Indonesia terancam sanksi dari FIFA

Jakarta, IDN Times - Striker naturalisasi, Alberto “Beto” Goncalves , menyatakan kesiapannya saat Timnas Indonesia menghadapi Thailand dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (9/9).

"Saya selalu 100 persen di lapangan. Sepakbola ini sangat saya cintai sekali. Apalagi, lawan Thailand, saya berharap suporter datang lagi untuk dukung kami ya, kami punya kesempatan dan gak akan mudah menyerah nanti," kata Beto kepada awak media.

1. Suporter diminta untuk fokus mendukung tim di lapangan

Indonesia Siap Hadapi Thailand, Beto: Suporter Fokus Dukung Saja!IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Pria kelahiran Brasil itu meminta para suporter untuk datang dan mendukung saja. Menurutnya, para penggemar tak usah melakukan hal negatif yang bisa meragukan tim dan fokus memberikan suntikan semangat kepada para pemain saja.

Hal itu berkaca pada laga sebelumnya, di mana perilaku suporter mempengaruhi mental pemain di lapangan.

"Fokus untuk dukung kami saja, karena kami di lapangan mencoba memberikan hasil maksimal untuk mereka. Ketika lawan Malaysia, kami sempat memimpin 2-1, mereka (penonton) senang, tapi ketika Malaysia cetak gol, mereka kecewa. Harusnya tidak boleh, tunggu sampai akhir. Setelah posisi menjadi 2-2 masih ada beberapa menit, peluang menang masih ada, tapi karena itu kami langsung down," ujar dia.

Baca Juga: Akan Hadapi Thailand, Simon McMenemy Siap Mainkan Osas Saha

2. Beto sedih karena tindakan suporter di stadion

Indonesia Siap Hadapi Thailand, Beto: Suporter Fokus Dukung Saja!IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Beto mengaku cukup terpukul atas tindakan yang dilakukan oleh para penggemar Timnas Indonesia.

"Jadi saya sedih lihat itu ya. Mudah-mudahan ke depan kami ubah mental. Kalian datang ke stadion untuk dukung tim, bukan bikin masalah dengan suporter lain," bebernya.

Sebab, lanjut pemain berusia 38 tahun tersebut, hal itu sangat berpengaruh kepada tim di lapangan. Ketika pemain sedang fokus, tiba-tiba ada insiden yang membuat laga terhenti, hal itu membuat pemain jadi drop.

3. Beto khawatir Timnas Indonesia terkena sanksi FIFA

Indonesia Siap Hadapi Thailand, Beto: Suporter Fokus Dukung Saja!IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Hal itu membuat Beto semakin khawatir jika skuat Garuda bakal mengalami kerugian lantaran terancam sanksi dari federasi sepakbola dunia. Terlebih, duel kontra Malaysia sebelumnya disiarkan secara langsung dan FIFA bisa melihatnya dengan mudah.

"Seluruh dunia bisa nonton, itu FIFA juga. FIFA pun selalu tegas, kalau kena sanksi, kasihan kami pemain. Kami butuh suporter, dengan suporter saja susah, apalagi tanpa suporter. Itulah yang membuat saya sedih sekali. Tetapi saya masih percaya dan berpikir ke depan," tukas dia.

4. Stefano Lilipaly sempat tenangkan suporter

Indonesia Siap Hadapi Thailand, Beto: Suporter Fokus Dukung Saja!IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Sebagaimana diketahui, laga antara Indonesia vs Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno sempat memanas pada Kamis (5/9) malam lalu. Puluhan suporter tim tamu bahkan harus melompati pagar pembatas tribun dan lapangan, serta merangsek ke tribun tempat suporter Malaysia berada.

Selama sekitar lima menit laga terhenti dan terlihat beberapa pemain Timnas Indonesia yang dipimpin Stefano Lilipaly tampak menenangkan suporter tuan rumah, sampai akhirnya laga kembali digelar.

Baca Juga: Indonesia v Malaysia, Tagar #TimnasDay Jadi Trending Twitter Worldwide

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya