Comscore Tracker

David Maulana dkk juga Jalani Kursus Kepelatihan di Inggris

Selanjutnya Garuda Select hadapi Preston North End

Jakarta, IDN Times - Skuat Garuda Select masih menjajal kekuatan tim-tim remaja Inggris. Teranyar mereka menghadapi Huddersfield Town U18, Selasa (18/2). David Maulana dkk menang dengan skor 3-0 lewat dua gol dari​ Bagus Kahfi dan satu gol sepakan bebas David Maulana.

Menariknya, tidak hanya menjalani uji coba. Beberapa program lain dijalani tim Garuda Select. Termasuk kursus kepelatihan. Seperti apa?

1. Skuat Garuda Select jalani kursus kepelatihan

David Maulana dkk juga Jalani Kursus Kepelatihan di InggrisGaruda Select saat menghadapi Huddersfield Town. Dok. Mola TV

Selang beberapa hari, Garuda Select kembali mempersiapkan diri guna menyambut laga uji coba selanjutnya menghadapi Preston North End U-18, Selasa mendatang. Evaluasi serta penyempurnaan taktik tentu jadi fokus utama.

Namun, pembekalan bagi para pemain tidak hanya terbatas dalam hal taktik. Sebagai bekal jangka panjang, mereka diberi Program Kepelatihan Level 1 FA Inggris.

Dalam program ini, seluruh pemain Garuda Select akan mendapat lisensi atau sertifikat sebagai bukti mengikuti latihan dari induk organisasi sepak bola Inggris.

"Meski masih berusia rata-rata 16 tahun, mereka sudah dibekali ilmu kepelatihan langsung dari Inggris yang berguna bagi karier di masa depan," ujar Wise, selaku Direktur Teknik Garuda Select.

Baca Juga: Indonesia Tuan Rumah PD U-20, David Maulana: Mimpi Saya dari Kecil

2. Arsa Ahmad terbantu dengan kursus kepelatihan ini

David Maulana dkk juga Jalani Kursus Kepelatihan di InggrisGaruda Select kala menghadapi Huddersfield Town. Dok. Mola TV

Salah satu materi yang diberikan dalam pelatihan adalah terkait pertolongan pertama dalam keadaan yang tidak diinginkan alias darurat. Di sesi tersebut, para pemain diajarkan bagaimana melakukan tindak penanganan yang tepat di saat hal-hal yang bersifat darurat semisal pingsan, tersedak, mau pun cedera yang bersifat traumatik terjadi.

Program pelatihan itu dirasa sangat bermanfaat oleh para pemain. Bagi mereka, mengetahui langkah-langkah penanganan situasi darurat secara tepat menjadi bekal penting untuk karier mereka. Hal itu diamini oleh salah satu peserta program pelatihan, Arsa Ahmad.

"Banyak sekali hal penting yang diajarkan. Salah satunya cara menangani kondisi darurat di mana salah satu rekan terjatuh pingsan. Langkah-langkah yang dibutuhkan seperti membuka saluran pernapasannya, mengarahkan kepala menghadap ke atas, hingga mengecek detak jantungnya. Semuanya menjadi wawasan baru bagi kami," ujar pemain yang biasa bermain sebagai striker atau gelandang ini.

3. Awal pekan depan, Garuda Select akan hadapi Preston North End

David Maulana dkk juga Jalani Kursus Kepelatihan di InggrisGaruda Select vs Huddersfield Town U-18 (Dok. Mola TV)

Dalam beberapa hari ke depan, Preston North End sudah menanti Bagus Kahfi dan kolega. Pada Selasa (25/2) mendatang, laga melawan Preston akan jadi laga penutup Garuda Select pada bulan Februari.

 

Penampilan Garuda Select dapat disaksikan melalui LIVE MATCH secara gratis di MOLA TV. Selain itu, MOLA TV juga menyediakan liputan dokumenter kegiatan latihan dan berbagai kehidupan para pemain selama mengikuti program Garuda Select.

Banyak hal menarik dan menyentuh yang layak menjadi pembelajaran bagi siapa pun yang ingin meraih impian, termasuk mimpi para pemain Garuda Select untuk menjadi pemain Tim Nasional Indonesia. Aksi-aksi dari para pemain Garuda Select bisa disaksikan di: ​Mola TV.

Baca Juga: Kalah Tipis dari Sheffield, Garuda Select Tetap Tuai Pujian dari Lawan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya