Final Idaman Piala Eropa 2020: Inggris Vs Italia

Final Piala Eropa 2020 digelar di Wembley Stadium

Jakarta, IDN Times - Piala Eropa 2020 telah menyelesaikan laga semifinal pada Kamis (8/7/2021) dini hari. Dua tim terbaik dipastikan bakal bertarung memperebutkan gelar bergengsi sebagai raja di Benua Biru.

Italia jadi tim pertama yang berhasil memastikan diri mentas di laga puncak. Mereka berhasil menghentikan perlawanan Spanyol dalam laga yang berlangsung dramatis karena harus diselesaikan melalui adu penalti.

Sementara, Inggris dipastikan jadi lawan Italia di laga pamungkas nanti. Hal itu dipastikan usai mereka berhasil mengalahkan Denmark 2-1 dalam duel seru yang berlangsung di Wembley Stadium, Kamis dini hari (8/7/2021). 

Baca Juga: Sikap Cuek Italia Usai Lolos ke Final Piala Eropa 2020

1. Italia sempurna sejak penyisihan

Final Idaman Piala Eropa 2020: Inggris Vs Italiatwitter.com/EURO2020

Italia tampil luar biasa sejak memulai turnamen empat tahunan ini. Tergabung di Grup A, Gli Azzurri berhasil tampil sempurna dan menempati posisi teratas dengan meraih sembilan poin, hasil dari tiga kali menang, yakni kontra Turki (3-0), Wales (1-0), dan Wales (1-0).

Tampil di babak 16 besar, Italia sempat dapat perlawanan sengit dari Austria. Mereka bahkan harus menjalani laga hingga babak tambahan untuk memastikan menang dengan skor 2-1. 

Selanjutnya, Italia diuji tim peringkat satu dunia, Belgia, pada perempat final. Mereka tampil sangat baik dan mampu menjinakkan Setan Merah dengan skor 2-1.

Mental tim besutan Roberto Mancini benar-benar terasah saat bertemu Spanyol. Sempat unggul satu gol, La Furia Roja membuat mereka terhentak usai menyamakan skor 1-1. Mereka pun terus menekan Italia hingga babak perpanjangan waktu.

Namun, para penggawa Italia tampil sangat tenang di babak tos-tosan. Mereka pun berhasil akhirnya bisa lolos dari lubang jarum dan mengunci kemenangan 4-2.

2. Inggris singkirkan Denmark untuk lolos ke final Piala Eropa 2020

Final Idaman Piala Eropa 2020: Inggris Vs ItaliaItalia berjumap Inggris di laga final PIala Eropa 2020. (twitter/EURO2020).

Inggris jadi lawan Italia di laga final nanti. Mereka juga terbilang sebagai tim yang sangat konsisten di Piala Eropa edisi kali ini. Luke Shaw dan kolega sempat diragukan karena hanya berhasil meraih tujuh poin, setelah menang atas Kroasia (1-0), imbang melawan Skotlandia (0-0), dan menundukkan Republik Ceko (1-0).

Tim yang dinakhodai Gareth Southgate pun sempat dinilai tak akan melangkah jauh di ajang ini. Walhasil, mereka tak begitu diunggulkan saat bersua Jerman di babak 16 besar.

Namun, Inggris menunjukkan penampilan gemilang saat memulangkan Der Panzer 2-0, hingga akhirnya mulai diperhitungkan jadi calon juara. Terlebih, mereka terus menunjukkan perkembangan setiap kali mentas di turnamen ini.

Usai itu, Ukraina dibantai Inggris, 4-0, pada perempat final. Teranyar, giliran Denmark yang tampil penuh kejutan juga dibuat tak berkutik. Mereka harus kalah 1-2 dari Inggris di semifinal.

3. Final Italia vs Inggris digelar di Wembley pada 12 Juli 2021

Final Idaman Piala Eropa 2020: Inggris Vs Italiapotret Timnas Inggris(skysports.com)

Duel Italia melawan Inggris bisa dibilang jadi final yang ideal di Piala Eropa 2020. Keduanya sudah membuktikan diri sebagai raja sepak bola di Benuar Biru. Terlebih, Italia yang memang dikenal sebagai raja turnamen dan tengah lapar gelar usai gagal tampil di Piala Dunia 2018.

Sedangkan, Inggris mau mencari trofi setelah gagal berprestasi dalam 55 tahun terakhir. Apalagi, mereka hampir meraih trofi di tiga turnamen terakhir, namun selalu gagal di semifinal.

Kini, semua mata para pencinta sepak bola dunia tertuju pada pertarungan Italia melawan Inggris yang bakal dihelat di Wembley Stadium pada 12 Juli 2021. Siapa yang bakal jadi pemenang? Patut dinantikan!

Baca Juga: [BREAKING] Menang Dramatis, Inggris Melaju ke Final Piala Eropa 2020

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya