Comscore Tracker

Jumpa di Final Piala Eropa, Inggris dan Italia Sama-sama Rindu Gelar

Dua tim tampil meyakinkan sejak awal

Jakarta, IDN Times - Piala Eropa 2020 akhirnya memasuki fase puncak. Final turnamen antar negara Benua Biru itu menyajikan final idaman. Italia dan Inggris akan berebut juara di final. 

Kemenangan Inggris 2-1 atas Denmark lewat laga ketat di Wembley Stadium, Kamis dini hari (8/7/2021) tadi mewujudkan final yang meyajikan dua tim dengan kesempurnaan itu. Seperti apa?

1. Italia sempurna sejak penyisihan

Jumpa di Final Piala Eropa, Inggris dan Italia Sama-sama Rindu Gelartwitter.com/EURO2020

Italia tampil luar biasa sejak memulai turnamen empat tahunan ini. Tergabung di Grup A, Gli Azzurri berhasil tampil sempurna dan menempati posisi teratas dengan meraih sembilan poin, hasil dari tiga kali menang, yakni kontra Turki (3-0), Wales (1-0), dan Wales (1-0).

Tampil di babak 16 besar, Italia sempat dapat perlawanan sengit dari Austria. Mereka bahkan harus menjalani laga hingga babak tambahan untuk memastikan menang dengan skor 2-1. 

Selanjutnya, Italia diuji tim peringkat satu dunia, Belgia, pada perempat final. Mereka tampil sangat baik dan mampu menjinakkan Setan Merah dengan skor 2-1.

Mental tim besutan Roberto Mancini benar-benar terasah saat bertemu Spanyol. Sempat unggul satu gol, La Furia Roja membuat mereka terhentak usai menyamakan skor 1-1. Mereka pun terus menekan Italia hingga babak perpanjangan waktu.

Namun, para penggawa Italia tampil sangat tenang di babak tos-tosan. Mereka pun berhasil akhirnya bisa lolos dari lubang jarum dan mengunci kemenangan 4-2.

Baca Juga: Mesin Waktu Roberto Mancini, dari Enrico ke Federico Chiesa

2. Inggris singkirkan Denmark untuk lolos ke final Piala Eropa 2020

Jumpa di Final Piala Eropa, Inggris dan Italia Sama-sama Rindu GelarItalia berjumap Inggris di laga final PIala Eropa 2020. (twitter/EURO2020).

Inggris jadi lawan Italia di laga final nanti. Mereka juga terbilang sebagai tim yang sangat konsisten di Piala Eropa edisi kali ini. Luke Shaw dan kolega sempat diragukan karena hanya berhasil meraih tujuh poin, setelah menang atas Kroasia (1-0), imbang melawan Skotlandia (0-0), dan menundukkan Republik Ceko (1-0).

Tim yang dinakhodai Gareth Southgate pun sempat dinilai tak akan melangkah jauh di ajang ini. Walhasil, mereka tak begitu diunggulkan saat bersua Jerman di babak 16 besar.

Namun, Inggris menunjukkan penampilan gemilang saat memulangkan Der Panzer 2-0, hingga akhirnya mulai diperhitungkan jadi calon juara. Terlebih, mereka terus menunjukkan perkembangan setiap kali mentas di turnamen ini.

Usai itu, Ukraina dibantai Inggris, 4-0, pada perempat final. Teranyar, giliran Denmark yang tampil penuh kejutan juga dibuat tak berkutik. Mereka harus kalah 1-2 dari Inggris di semifinal.

3. Final Italia vs Inggris digelar di Wembley pada 12 Juli 2021

Jumpa di Final Piala Eropa, Inggris dan Italia Sama-sama Rindu Gelarpotret Timnas Inggris(skysports.com)

Duel Italia melawan Inggris bisa dibilang jadi final yang ideal di Piala Eropa 2020. Keduanya sudah membuktikan diri sebagai raja sepak bola di Benuar Biru. Terlebih, Italia yang memang dikenal sebagai raja turnamen dan tengah lapar gelar usai gagal tampil di Piala Dunia 2018.

Sedangkan, Inggris mau mencari trofi setelah gagal berprestasi dalam 55 tahun terakhir. Apalagi, mereka hampir meraih trofi di tiga turnamen terakhir, namun selalu gagal di semifinal.

Nah, gak sabar menantikan pertarungan ini? Kita tunggu di layar kaca pada 12 Juli 2021 mendatang.

Baca Juga: Kisah Jenderal Italia Gemetar Lepaskan Ice Cold Penalty

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya