Cetak Gol Ke-50, Ini Rekor Gemilang Lionel Messi Sepanjang 2019 

Messi juga catatkan rekor hattrick terbanyak di LaLiga

Jakarta, IDN Times - Sinar Lionel Messi belum redup. Buktinya permain berjulukkan La Pulga ini mencatatkan gol ke-50 tahun ini kala Barcelona mencukur Alaves dengan skor 4-1 pada laga lanjutan LaLiga yang dihelat di Stadion Camp Nou, Sabtu (22/12).

Pemain berpaspor Argentina itu menandai gol terakhirnya dengan sangat menawan. Bagaimana tidak, Messi mampu melakukan sepakan indah dari jarak 25 meter yang tak dapat dibendung kiper Alaves, Fernando Pacheco Flores.

1. Messi sembilan kali mencetak 50 gol atau lebih pertahun dalam satu dekade terakhir

Cetak Gol Ke-50, Ini Rekor Gemilang Lionel Messi Sepanjang 2019 Lionel Messi merayakan gol Barcelona pada laga lawan Borussia Dortmund, Kamis (28/11) dini hari tadi. Twitter/@ChampionsLeague

Torehan ini membuatnya jadi salah satu pemain yang berhasil mencetak lebih dari 50 gol setiap tahun baik saat membela klub maupun negara. Sejak 2010 silam, hanya sekali Messi gagal mencetak lebih dari 50 gol, yakni saat 2013. Sisanya, pemain berusia 32 tahun itu acap kali jadi momok menakutkan bagi setiap kiper yang berhadapan dengan Barcelona.

Gilanya, Messi pernah membuat rekor fantastis dengan mencetak 91 gol dalam satu tahun. Catatan itu jadi bukti sahih jika Messi layak disebut jadi salah satu pemain terbaik dunia sejauh ini.

Gol ke gawang Alaves juga membuat Messi ditetapkan sebagai pemain yang berhasil mencetak gol terbanyak Eropa pada 2019 ini. Ia mampu mencatatkan namanya di papan skor 34 kali dari 32 penampilannya selama tahun ini, unggul lima gol dari pemain lain.

2. Messi berhasil lampaui catatan hat-trick Ronaldo di LaLiga

Cetak Gol Ke-50, Ini Rekor Gemilang Lionel Messi Sepanjang 2019 Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo (kanan) disebut sebagai pemain terbaik dunia yang ada saat ini. 90min.in

Sebelum membuktikan konsistensi kesuburuannya jelang libur Natal, Messi sempat didaulat meraih penghargaan individu, yakni Ballon d'Or 2019. Itu adalah gelar keenam serupa yang diraih Messi sepanjang karier sepak bolanya.

Berselang beberapa hari dari itu, Messi juga mampu mencatatkan rekor baru sebagai raja hat-trick di Laliga. Ia berhasil mengalahkan seteru abadinya, Cristiano Ronaldo yang sebelumnya jadi pemain terbanyak yang berhasil mencetak tiga gol dalam satu pertandingan.

Dilansir dair Opta, Messi mampu membukukan 35 kali hat-trick atau unggul satu catatan atas Ronaldo alias CR7 yang mencetak 34 kali di Liga Spanyol. Ia berhasil melampaui hat-trick tersebut melalui 462 pertandingan, lebih banyak dari Ronaldo yang hanya membutuhkan 288 laga di LaLiga untuk mencetak hat-trick.

3. Barcelona berhasil membuat catatan tak terkalahkan terpanjang sejak 2011 jika tampil di Camp Nou

Cetak Gol Ke-50, Ini Rekor Gemilang Lionel Messi Sepanjang 2019 Pemain Barcelona, Lionel Messi hampir pasti mencetak 50 gol lebih setiap musim selama satu dekade terakhir. bleacherreport.com

Kegemilangan Messi dalam menutup tahun membuat Barcelona berhasil membuat rekor positif, yakni 11 laga tanpa kekalahan saat tampil di Camp Nou musim ini. Total, Barcelona mengakhiri tahun 2019 dengan 24 kemenangan dan empat imbang, nirkekalahan pertama Barcelona di kandang sejak 2011.

Barcelona juga punya kans besar untuk mengakhiri 2019 di posisi puncak klasemen LaLiga karena berhasil mengumpulkan 39 poin. Posisi mereka bisa saja tergesar, dengan catatan, Real Madrid mampu menang dengan skor lebih dari enam gol dalam pertandingan melawan Atletico Bilbao.

Baca Juga: Disebut Cinta Sejati, 15 Potret Romantis Lionel Messi Bareng Istri

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya