Comscore Tracker

Cahaya dari Timur, Film Sepak Bola Inspiratif Garapan Glenn Fredly

Cahaya dari Timur film soal bakat sepak bola di Maluku

Jakarta, IDN Times - Glenn Fredly merupakan artis yang serba bisa. Gak hanya jadi musisi, Glenn juga sempat mencoba kemampuan memproduseri film. Maka, kepergian Glenn Fredly  di Rumah Sakit Mitra, Jakarta Selatan pada Rabu (8/4) tidak hanya jadi kehilangan bagi dunia musik.

FIlm yang dimaksud adalah Cahaya dari Timur. Ini adalah film yang mengangkat sepak bola di Timur. 

Glenn juga berkolaborasi dengan sineas Angga Sasongko dan penulis cerita Andy Bachtiar dalam menggarap cerita dan musik.

Menariknya, film Cahaya dari Timur ini kental akan budaya lokal. Bukan hanya cerita, hampir 70 persen pemain dalam film tersebut diambil dari warga Maluku. Film yang diambil dari kisah nyata tersebut sempat mencuri perhatian pencinta film Indonesia. Maklum, Glenn dkk. menggarapnya dengan cerita menarik karena mengangkat kisah perjuangan anak-anak dari Timur, khususnya Maluku, untuk mentas dalam babak nasional kejuaraan sepak bola di Jakarta.

Tak hanya itu, film ini juga mengangkat makna perdamaian yang bisa diwujudkan melalui sepak bola. Film yang juga mengambil setting waktu kerusuhan yang terjadi di Ambon itu menceritakan kerusuhan yang reda karena semua orang di sana berhenti bertikai dan balik mendukung bersama-sama tim daerahnya yang tengah mentas di ibu kota.

Kini, Glenn Fredly memang telah tutup usia, tapi jasanya dalam karya film untuk menyampaikan misi perdamaian melalui sepak bola akan tetap melekat di hati para pencintanya.

Baca Juga: Meninggal Dunia, Ini Perjalanan Karier Si Legendaris Glenn Fredly 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya