Belum Banyak Dikenal Tapi Jadi Dirut PT LIB, Siapa Akhmad Hadian?

Hadian merupakan profesional di bidang IT

Jakarta, IDN Times - Akhmad Hadian Lukita ditunjuk menjadi Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar pada Sabtu (13/6). PT Liga muerpakan operator kompetisi Liga 1 dan Liga 2

Akhmad Hadian mengganti posisi Cucu Somantri yang mengundurkan diri pada 19 Maret 2020 silam setelah mendapatkan banyak protes dari klub-klub pemegang saham lantaran dianggap membuat beberapa keputusan kontroversial.

1. Hadian belum dikenal di dunia sepak bola

Belum Banyak Dikenal Tapi Jadi Dirut PT LIB, Siapa Akhmad Hadian?Dirut PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. (Dok. PSSI).

Namun demikian, tak banyak yang tahu tentang sepak terjang Akhmad sebelumnya. Bahkan, namanya belum pernah terdengar sekalipun dari ingar-bingar perjalanan sepak bola Tanah Air. Walhasil, cukup banyak para pencinta sepak bola lokal yang mempertanyakan kapasitasnya.

Nama Akhmad Hadian Lukita sendiri lebih dikenal sebagai seorang profesional di dunia IT. Ia merupakan Direktur Utama PT LAPI Divusi sejak 2013 silam, yakni perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan informasi di Kota Bandung.

2. Hadian punya segudang pengalaman di dunia IT

Belum Banyak Dikenal Tapi Jadi Dirut PT LIB, Siapa Akhmad Hadian?Dirut PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. (Dok. PSSI)

Pria berusia 55 tahun itu merupakan orang yang sangat identik dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Perusahaan yang dipegang olehnya kini, masih irisan dari kampus tersebut, karena merupakan SUK ITB yang bergerak di bidang ICT.

Selain itu, Hadian juga dua kali mengecap pendidikan di perguruan tinggi terkemuka itu, yakni saat mengambil studi S1 dan S2. Sampai dirinya menjadi dosen praktisi dan peneliti di kampus ITB. Sehingga, namanya begitu melekat di salah satu kampus kenamaan di Indonesia ini.

Di luar itu, pengalamannya di dunia IT memang tak perlu dipertanyakan lagi. Selama ini dia juga dikenal sebagai ahli di bidang konsultan IT, enterprise architecture, telekomunikasi, manajemen, pengembangan bisnis, sampai penelitian di bidang tersebut.

3. Hadian berjanji akan memberikan hasil terbaik

Belum Banyak Dikenal Tapi Jadi Dirut PT LIB, Siapa Akhmad Hadian?Liga-Indonesia.id

Yang pasti, Hadian sudah sah menjadi pimpinan pengelola kompetisi sepak bola tanah air. Sebab 18 klub sepakat dan secara bulat mendukungnya dalam pemilihan direksi dan komisaris pada RUPS yang digelar PT LIB.

Terlepas dari pengalamannya yang masih minim di industri sepak bola, Hadian tetap mengungkapkan janjinya bisa mengelola kompetisi lebih baik lagi. Dia ingin membawa PT LIB bisa menggelar kompetisi yang lebih baik dan profesional dari sebelumnya.

"Saya ingin PT LIB menjadi perusahaan yang mempunyai profit bagus serta tata kelola yang baik. Selain itu, sesuai visi dan misi Ketua Umum PSSI yang ingin menghasilkan kompetisi yang berkualitas dan enak ditonton," ujar Akhmad Hadian Lukita.

Baca Juga: Liga 1 dan Liga 2 Bakal Dilanjutkan Oktober, PSSI Siapkan Protokol 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya