Comscore Tracker

Ahli IT Ditunjuk Jadi Dirut PT LIB, Siapa Sebenarnya Akhmad Hadian?

Belum dikenal di dunia sepak bola

Jakarta, IDN Times - Usai mundurnya Cucu Somantri, PT Liga Indonesia Baru (LIB) akhirnya punya direktur utama (Dirut) baru. Dia adalah Akhmad Hadian Lukita yang terpilih pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar pada Sabtu (13/6). 

Lantas siapa sebenarnya pemimpin operator kompetisi Liga 1 dan Liga 2 itu?Ini sosoknya dan apa saja misinya?

1. Hadian belum dikenal di dunia sepak bola

Ahli IT Ditunjuk Jadi Dirut PT LIB, Siapa Sebenarnya Akhmad Hadian?Dirut PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. (liga-indonesia.id).

Namun demikian, tak banyak yang tahu tentang sepak terjang Akhmad sebelumnya. Bahkan, namanya belum pernah terdengar sekalipun dari ingar-bingar perjalanan sepak bola Tanah Air. Walhasil, cukup banyak para pencinta sepak bola lokal yang mempertanyakan kapasitasnya.

Nama Akhmad Hadian Lukita sendiri lebih dikenal sebagai seorang profesional di dunia IT. Ia merupakan Direktur Utama PT LAPI Divusi sejak 2013 silam, yakni perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan informasi di Kota Bandung.

2. Hadian punya segudang pengalaman di dunia IT

Ahli IT Ditunjuk Jadi Dirut PT LIB, Siapa Sebenarnya Akhmad Hadian?Dirut PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. (Dok. PSSI)

Pria berusia 55 tahun itu merupakan orang yang sangat identik dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Perusahaan yang dipegang olehnya kini, masih irisan dari kampus tersebut, karena merupakan SUK ITB yang bergerak di bidang ICT.

Selain itu, Hadian juga dua kali mengecap pendidikan di perguruan tinggi terkemuka itu, yakni saat mengambil studi S1 dan S2. Sampai dirinya menjadi dosen praktisi dan peneliti di kampus ITB. Sehingga, namanya begitu melekat di salah satu kampus kenamaan di Indonesia ini.

Di luar itu, pengalamannya di dunia IT memang tak perlu dipertanyakan lagi. Selama ini dia juga dikenal sebagai ahli di bidang konsultan IT, enterprise architecture, telekomunikasi, manajemen, pengembangan bisnis, sampai penelitian di bidang tersebut.

3. Hadian berjanji LIB akan profit dan punya tata kelola yang bagus

Ahli IT Ditunjuk Jadi Dirut PT LIB, Siapa Sebenarnya Akhmad Hadian?Liga-Indonesia.id

Yang pasti, Hadian sudah sah menjadi pimpinan pengelola kompetisi sepak bola tanah air. Sebab 18 klub sepakat dan secara bulat mendukungnya dalam pemilihan direksi dan komisaris pada RUPS yang digelar PT LIB.

Terlepas dari pengalamannya yang masih minim di industri sepak bola, Hadian tetap mengungkapkan janjinya bisa mengelola kompetisi lebih baik lagi. Dia ingin membawa PT LIB bisa menggelar kompetisi yang lebih baik dan profesional dari sebelumnya.

"Saya ingin PT LIB menjadi perusahaan yang mempunyai profit bagus serta tata kelola yang baik. Selain itu, sesuai visi dan misi Ketua Umum PSSI yang ingin menghasilkan kompetisi yang berkualitas dan enak ditonton," ujar Akhmad Hadian Lukita.

Baca Juga: Liga 1 dan Liga 2 Bakal Dilanjutkan Oktober, PSSI Siapkan Protokol 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya