Sore Ini Final Sepak Bola Porprov Medan Vs Tanjungbalai: Demi Gengsi

Medan puasa emas sejak 2014, Tanjungbalai menuju sejarah

Medan, IDN Times- Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatra Utara memasuki hari terakhir, Jumat (4/11/2022). Salah satu cabang olahraga yang juga akan menuntaskan perburuan medalinya adalah sepak bola. Final akan menyajikan pertarungan Medan kontra Tanjungbalai di Stadion Mini USU, Jalan Dr Mansyur, Jumat (4/11/2022) (kick off 14.30 WIB).

Tentu saja bagi kedua tim medali emas sepak bola menjadi gengsi yang harus dimenangkan. Medan terakhir kali meraih emas pada 2014 lalu. Sementara Tanjungbalai ingin mencetak sejarah emas pertamanya di cabor sepak bola. Bagaimana persiapan kedua tim?

1. Medan tak mau gagal lagi di final

Sore Ini Final Sepak Bola Porprov Medan Vs Tanjungbalai: Demi GengsiTim sepak bola Medan di Porprov Sumut (Dok.Istimewa)

Bagi Medan emas sepak bola akan menyempurnakan performa impresif kontingen di Porprov. Sejauh ini Medan nyaris dipastikan jadi juara umum. Tentu tak lengkap tanpa emas sepak bola. Pada Porprov 2019 lalu mereka kalah di final dari Asahan. Tentu Medan tak mau kembali gagal di final.

Perjalanan Medan ke final tak mudah. Mereka harus melewati adu penalti di babak semi final. Di babak penyisihan Medan lolos sebagai juara grup setelah melewati adangan Dairi, Karo dan Binjai. Medan mengoleksi 7 poin.

Di babak 8 besar, pasukan Puspom menumbangkan Simalungun 3-0. Sementara di semi final Medan menang adu penalti dari Sergai 4-3 (1-1).

Sayangnya Medan harus kehilangan satu pemainnya  Mika Athallah karena kartu merah di final nanti. Pelatih Kota Medan, Puspom, mengaku timnya sudah siap tempur melawan Tanjungbalai.

Puspom menilai Tanjungbalai tim yang tangguh dan patut diwaspadai. Terlebih tim ini sukses mengalahkan favorit juara Asahan yang sekaligus merupakan juara bertahan.
"Tanjungbalai sukses ke final, itu artinya mereka tim bagus. Tapi kami sudah siap memberikan perlawanan maksimal. Kami sudah sampai di final, maka target berikutnya adalah juara," tegas Puspom.

Baca Juga: Sudah 55 Emas, Medan Kokoh di Puncak Klasemen Porprov Sumut

2. Tanjungbalai akui fisik pemain terkuras

Sore Ini Final Sepak Bola Porprov Medan Vs Tanjungbalai: Demi GengsiTim sepak bola Tanjungbalai (Dok.Istimewa)

Sementara Tanjungbalai sebelumnya lolos sebagai juara grup D dengan dua kemenangan di babak penyisihan atas Simalungun dan Paluta. 

Di babak 8 besar, Tanjungbalai mengalahkan Dairi 4-1. Sementara di semi final Tanjungbalai menang lewat perpanjangan waktu atas Asahan 2-1. 

Sayangnya di final Tanjungbalai juga tak komplet. Kartu merah terhadap Safwan Nabawi membuatnya harus absen di partai puncak. 

Pelatih Tanjungbalai, Sukimin, mengakui para pemainnya mengalami kelelahan. Selain harus tampil 120 menit di laga semifinal, timnya juga mesti berjibaku dengan kondisi lapangan PPLP Sumut yang berlumpur sehingga sangat menguras banyak tenaga pemain.

"Mustahil memang sehari istirahat pemain bisa kembali prima setelah melakoni laga yang cukup melelahkan. Tapi itu tidak boleh jadi alasan. Kami melihat anak-anak sangat bersemangat. Kami akan manfaatkan kelemahan Medan di final nanti," ujar Sukimin.

Kim mengaku secara teknik permainan anak asuhnya di atas level anak-anak Medan. Menurutnya, problem yang harus diatasi timnya justru fisik pemain setelah melakoni laga berat di lapangan berlumpur. “Harapannya anak-anak tetap bermain maksimal,” katanya.

Sebelum laga final, terlebih dahulu digelar pertandingan perebutan peringkat ketiga atau medali perunggu antara Asahan dan Serdang Bedagai. 

3. Perjalanan ke final

Sore Ini Final Sepak Bola Porprov Medan Vs Tanjungbalai: Demi GengsiTim Tanjungbalai memastikan tiket 8 besar Porprov Sumut 2022 (Dok.Istimewa)

Berikut perjalanan kedua tim ke final:

Medan
Penyisihan
vs Dairi 2-1
vs Karo 3-2
vs Binjai 1-1

8 Besar
vs Simalungun 3-0

Semi Final
vs Serdang Bedagai 1-1 (4-3)

Tanjungbalai
Penyisihan
vs Simalungun 4-2
vs Paluta 7-0

8 Besar
vs Dairi 4-1

Semi Final
vs Asahan 2-1

Baca Juga: Tim Putri Medan Jumpa Asahan, Ulangan Final Voli Porprov Sumut 2019

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya