Mengenal Philep Hansen, Pelatih Baru PSMS Medan di Liga 2 

Tak asing dengan sepak bola Medan

Medan, IDN Times - Philep Hansen Maramis menjadi nahkoda baru bagi tim PSMS Medan di Liga 2 2020. Pelatih berlisesnsi A AFC itu resmi diperkenalkan manajemen klub di Sekretariat PSMS, Jumat (3/1).

Terpilihnya Philip Hansen cukup mengejutkan. Dia menyingkirkan nama-nama beken sekaligus pelatih lokal asal Medan. Berikut profil singkat sang pelatih kelahiran 23 Juli 1968!

1. Karir profesional pemain diawali dari Medan Jaya

Mengenal Philep Hansen, Pelatih Baru PSMS Medan di Liga 2 Pelatih baru PSMS Philep Hansen menandatangani kontrak (IDN Times/Hasudungan)

Rekam jejak sebagai pemain, Philep mengawalinya tahun 1990 di PS Unri. Philep berhasil membuat Unri menjadi juara dan top skorer Invitasi Sepak Bola Mahasiswa Piala Presiden Indonesia di Unibraw, Malang. Lalu dia memperkuat  PS PBD Riau Juara Antar-Klub se-Riau dan hingga 1993 masih memperkuat Unri.

Medan Jaya justru menjadi klub profesional pertama Philep. Empat tahun dia memperkuat Medan Jaya di Liga Dunhill dan Liga Kansas. Baru tahun 1998 Philep kembali ke Riau dengan memperkuat PSPS. Asykar Bertuah diperkuatnya hingga tahun 2021. 

Selanjutnya selama dua musim memperkuat PS PTPN V.

 

 

2. Karir pelatih identik dengan PSPS

Mengenal Philep Hansen, Pelatih Baru PSMS Medan di Liga 2 Pelatih baru PSMS Philep Hansen dan para asistennya (IDN Times/Hasudungan)

Sementara sebagai pelatih, Philep dikenal sebagai pelatih PSPS. Dia mengawalinya sebagai pelatih PTPN V musim 2004. PTPN V dibawanya menjadi juara Divisi Utama Pekanbaru.

Lalu dia memperkuat Pra-PON Riau tahun 2002 dengan menjejak semifinal di Lampung. Tahun 2006 dia meraih juara Porda Riau lalu membesut PSPS di Liga Indonesia.

Tahun 2012, Philep membesut Riau di PON 2012. Lalu Philep sudah membesut PS Universitas Riau 2009-2014. Dia kembali ke PSPS tahun 2014.

Lalu PSPS  dibawanya lolos ke 16 besar Divisi Utama, dan berturut-turut lolos 8 besar Liga 2 hingga tahun 2017.

Baca Juga: [BREAKING] Philep Hansen Resmi Jadi Pelatih PSMS Medan di Liga 2

3. Instruktur pelatih di PSSI

Mengenal Philep Hansen, Pelatih Baru PSMS Medan di Liga 2 Pelatih baru PSMS Philep Hansen dan para asistennya (IDN Times/Hasudungan)

Karir kepelatihan Philip Hansen terus berlanjut. Sejak 2018 lalu, dia menjadi salah instruktur pelatih di PSSI. "Sejak 2018 awal saya sudah jadi instruktur di PSSI," terang sang pelatih

4. Sejak 2015 ingin besut PSMS

Mengenal Philep Hansen, Pelatih Baru PSMS Medan di Liga 2 Pelatih baru PSMS Philep Hansen (IDN Times/Hasudungan)

Philep Hansen ternyata mengincar kursi pelatih nomor satu di PSMS sejak 2015 silam. Kala itu, PSMS akan berlaga di Piala Pangdam I/BB. Berlanjut ke 2016 di ISC B, Philep juga menginginkannya.

"Tahun 2015 saya sudah utarakan ingin di PSMS. Baru Tahun 2016 saya melamar ke PSMS," tambahnya.

Baca Juga: Latihan Perdana 3 Januari, PSMS Bakal Dipimpin Pelatih Baru

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya