Klub Anggota PSMS Berencana Pilih Ketua Umum Baru, Dualisme Lagi?

Akan bentuk PT baru karena merasa tidak dilibatkan

Medan, IDN Times - Permasalahan badan hukum PSMS antara PT Pesemes dan PT Kinantan Medan Indonesia baru saja usai. Pengadilan memutuskan menolak gugatan PT Pesemes.  Namun potensi dualisme kembali muncul.

Soalnya klub-klub anggota PSMS Medan yang biasa disebut 40 klub akan menggelar Rapat Anggota Biasa (RAB) di Hotel Dhaksina, 19 Januari mendatang. RAB ini digelar karena masa bakti kepengurusan periode 2015-2019 telah berakhir. Terakhir kali dijabat Dr Mahyono.

Hal itu dikatakan perwakilan klub anggota PSMS di Medan, Senin (6/1). "Masa bakti kepengurusan sebelumnya telah berakhir, jadi klub anggota sepakat menggelar RAB," ujar perwakilan klub Sari Azar Tanjung (Bintang Utara) didampingi Yongki Haurisa (Volta) dan Zulkifli (Kurnia).

1. Empat agenda RAB

Klub Anggota PSMS Berencana Pilih Ketua Umum Baru, Dualisme Lagi?Enam pemain baru PSMS yang sudah resmi dikontrak (IDN Times/Hasudungan)

Dijelaskan, RAB ini memiliki empat agenda. Agenda pertama adalah memiliki ketua umum baru. Kemudian mengubah AD/RT PSMS dan mendirikan badan hukum atau badan usaha. Terakhir mematangkan pelaksanaan turnamen antar klub PSMS.

"Untuk badan hukum, kita akan mendirikan yang baru, karena selama ini PT PeSeMeS dan PT Kinantan tidak ada keterlibatan klub. Padahal sesuai dengan AD/RT, PSMS itu masih milik 40 klub," jelasnya.

Sebelumnya PT Pesemes dan PT Kinantan Medan Indonesia memang berseteru soal hak cipta logo dan merek PSMS. Namun pengadilan sebelumnya telah memutuskan menolak gugatan PT Pesemes. Selama beberapa tahun terakhir skuat PSMS yang bermain di kompetisi dinaungi manajemen PT Kinantan Medan Indonesia. Saat ini mereka juga telah menggelar persiapan dengan mengontrak beberapa pemain dan latihan.

Baca Juga: Resmi Dikontrak! Ini yang Perlu Kamu Tahu Soal 6 Pemain Baru PSMS

2. Susunan panitia telah dibentuk dan akan audiensi dengan Plt Wali Kota Medan

Klub Anggota PSMS Berencana Pilih Ketua Umum Baru, Dualisme Lagi?IDN Times/Febrianti

Untuk mematangkan RAB tersebut, telah digelar pertemuan yang dihadiri 23 klub pada Minggu (5/1) kemarin. Hasilnya, klub sepakat memilih H Sumardi (Sinar Medan) sebagai ketua panitia.

Sumardi didampingi Sari Azar Tanjung SE (Bintang Utara) dan Yongki Haurisa (Volta) sebagai wakil ketua. Kemudian Zulkifli (Kurnia) sebagai sekretaris didampingi Kaswando (Angkasa) dan M Nyanapran(Darma Putra) sebagai sekretaris. Bendahara dijabat oleh Ravi Kumar (Indian Football) didampingi Hj Ade Nurleli (Medan Utara) sebagai wakil ketua.

Mereka juga memilih penasehat Fauji Hasballah (Kasawan Putra), Dolly Sinumba (Padanglawas Putra), Husni Mustafa (Kurnia FC) dan H Syamsir Almance (Sinar Belawan). Lalu Fadilla Hutri SH dan Boasa Simanjuntak sebagai Steering Committee (SC).

"Kita akan melakukan audensi kepada wali kota Medan sebagai pembina PSMS. Selama ini, pembina PSMS itu dijabat wali kota, bukan gubernur," tegas Sari Azar.

3. Penjaringan calon ketua umum dibuka 14 Januari

Klub Anggota PSMS Berencana Pilih Ketua Umum Baru, Dualisme Lagi?Dr Mahyono yang terakhir kali mengisi jabatan ketua umum PSMS (IDN Times/Hasudungan)

Sedangkan Ketua Penjaringan dijabat oleh Suherman SE (PS PTPN III). Penjaringan dibuka mulai Selasa (7/1) hingga 14 Januari mendatang. Sekretariat penjaringan di Stadion Kebun Bunda dan Jalan Brigjen Katamso No.755 Kampung Baru. "Penjaringan berlangsung selama seminggu," ungkap Ketua Penjaringan Suherman SE.

Baca Juga: Ini 3 Klub Luar Negeri yang Menantang PSMS Medan di Turnamen Pra Musim

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya