Alasan PSMS Coret Hari Nasution dan Datangkan Joko Susilo

Dari evaluasi tur di Jawa Timur

Medan, IDN Times- Usai tur di Jawa Timur, PSMS Medan melakukan beberapa evaluasi. Hasilnya satu pemain dicoret dari skuat. Dia adalah M Hari Fatwa Nasution yang berposisi sebagai bek tengah. 

Usai mencoret pemain, PSMS merekrut Joko Susilo, stoper yang memperkuat tim musim lalu. Apa alasan PSMS?

1. Keputusan mencoret Hari dan mendatangkan Joko dari I Putu Gede

Alasan PSMS Coret Hari Nasution dan Datangkan Joko SusiloJoko Susilo dan Ilham Fathoni merayakan gol PSMS saat uji coba (Dok.IDN Times/istimewa)

Manajer PSMS, Mulyadi Simatupang mengatakan pencoretan ini merupakan keputusan Pelatih, I Putu Gede. Termasuk mendatangkan Joko Susilo juga karena keinginan Putu.

"Kalau urusan coret mencoret, secara teknis itu lebih ke ranahnya coach ya dan datangnya Joko Susilo itu juga atas permintaan coach juga. Terlebih Joko Susilo ini juga merupakan bagian dari PSMS musim lalu," kata Mulyadi, Rabu (6/7/22).

"Jadi apakah mungkin dengan kedatangan Joko Susilo itu bisa membuat Harry Fatwa itu keluar saya kira hanya coach yang tahu," tambahnya.

Baca Juga: Keok dari Persikab, PSMS Belum Pernah Menang 3 Laga Uji Coba di Jatim

2. Pencoretan pemain wajar terjadi

Alasan PSMS Coret Hari Nasution dan Datangkan Joko SusiloManajer PSMS, Mulyadi Simatupang berbicara pada Diskusi sepak bola membangun masa depan sepak bola Sumut, Sabtu (5/3/2022) (IDN Times/Doni Hermawan)

Hari merupakan pemain muda PSMS yang menjadi salah satu yang dipertahankan dari skuat musim lalu. Ia memang tidak mendapat kesempatan main tahun lalu. Sementara Joko merupakan andalan PSMS di lini tengah. Namun performa apiknya dinodai dengan kartu merah saat menghadapi Sulut United di babak 8 Besar. Pada laga itu PSMS tumbang 1-2.

Mulyadi mengatakan bongkar pasang pemain wajar terjadi. Apalagi kompetisi belum dimulai.

"Bisa dibilang adanya bongkar pasang ini cukup wajar (sebelum liga dimulai). Mungkin coach belum dapat kerangka tim yang dia inginkan dan terus masih mencari pemain-pemain yang diinginkan," ucapnya.

"Kalau saya ditanya soal ini, menurut saya mungkin dia belum sesuai dengan strategi yang diinginkan coach. Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Hari Fatwa sudah bersama PSMS pada musim lalu," imbuhnya.

3. Putu Gede sebut pemain tak sesuai dengan skema

Alasan PSMS Coret Hari Nasution dan Datangkan Joko SusiloPelatih PSMS, I Putu Gede (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara Pelatih kepala PSMS, I Putu Gede menyebut Hari tak menunjukkan progres saat training camp di Jawa Timur. Ia menyebut sudah memberikan kesempatan.

"Pertama ini tak lepas dari evaluasi selama (training camp/TC) di Jawa Timur kemarin dan seminggu latihan di sini pasca TC (tak menunjukkan progres)," bebernya.

Putu berharap Hari bisa berkembang di luar PSMS. Apalagi dia punya talenta. "Dia (pemain) bagus, cuma dia tidak sesuai dengan skema yang kita inginkan. Kalau dia bertahan hanya untuk pelengkap di bench, kasian juga, karena dia masih bisa berkembang di luar kita," pungkas mantan pemain Arema ini.

Baca Juga: Karo United Bawa Bekal dari Trofeo di Penang, Kembali TC di Medan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya