Akan Bertemu Presiden, Timnas U-22 Diarak ke Istana Negara

Garuda Muda berhasil menjadi kampiun dalam ajang AFF-U22

Jakarta, IDN Times - Tim Nasional Indonesia U-22 diarak ke Istana Negara, Jakarta Pusat  untuk bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo, Kamis (28/2).

Kampiun Piala AFF U-22 2019 di Kamboja pada Selasa (26/2) lalu sudah tiba di Indonesia hari ini.

Arak-arakan berlangsung usai Timnas U-22 berhasil meraih gelar juara Piala AFF U-22 2019 di Kamboja, mengalahkan Thailand di final. Masing-masing gol dicetak oleh Sani Rizki dan Osvaldo Haay dan memastikan 'Garuda Muda' meraih kemenangan 2-1 atas Negeri Gajah Putih tersebut.

Gelar itu sekaligus melengkapi titel Piala AFF yang sebelumnya diraih timnas level U-19 dan U-16.Tim asuhan Indra Sjafri ini telah tiba di Indonesia pada Rabu (27/2) petang kemarin.

Baca Juga: Tekuk Thailand 2-1, Timnas Raih Gelar Juara Piala AFF U-22

1. Rute arak-arakan

Akan Bertemu Presiden, Timnas U-22 Diarak ke Istana NegaraDok. PSSI

Pantauan IDN Times, Marinus Wanewar dkk diarak pada pagi ini mulai pukul 08.11 WIB. Arak-arakan dimulai dari Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat.

Kemudian, Timnas U-22 bergerak menuju samping fly over TVRI dan mengarah ke Hotel Century melalui Hotel Mulia.

Nantinya, mereka akan diarak melewati FX Sudirman, menuju kawasan Thamrin. Rombongan bakal berhenti di depan pintu Istana Negara untuk bertemu dengan Presiden Republik Indonesia Joko "Jokowi" Widodo.

2. Masyarakat memanfaatkan momen arak-arakan untuk berfoto

Akan Bertemu Presiden, Timnas U-22 Diarak ke Istana NegaraKemacetan akibat arak-arakan (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Tidak hanya itu, selama perjalanan arak-arakan itu, beberapa masyarakat memanfaatkan momen itu untuk mengambil foto. Hal ini tentu membuat sekitar rute yang dilalui mengalami kemacetan. Bahkan, sebagian warga yang melintas ada yang merasa terganggu akibat arak-arakan itu.

"Bikin macet woy!" ujar salah satu pengendara motor yang melintas.

3. Kemenpora meminta maaf atas kemacetan yang ditimbulkan

Akan Bertemu Presiden, Timnas U-22 Diarak ke Istana NegaraSesmenpora Gatot (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Sebelumnya, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpor) Gatot S. Dewa Broto, meminta maaf kepada masyarakat yang menggunakan jalan di sejumlah rute yang dilalui Timnas tersebut.

"Kami atas nama pemerintah menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat di sekitar Sudirman hingga MH Thamrin, karena akan terjadi kemacetan," ujar Gatot saat ditemui di Hotel Sultan Jakarta Pusat, Kamis (28/2) pagi.

4. Arak-arakan sebuah bentuk apresiasi

Akan Bertemu Presiden, Timnas U-22 Diarak ke Istana NegaraSesmenpora Gatot(IDN Times/Axel Jo Harianja)

Arak-arakan tersebut dikatakan Gatot, merupakan bentuk apresiasi kepada Timnas U-22 yang berhasil menjadi juara dalam pertandingan Piala AFF 2019.

"Walaupun ini kelasnya Asia Tenggara, tapi yang utama adalah bahwa ini sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah. Ini bukan sesuatu yang berlebihan," Gatot menjelaskan.

Baca Juga: Cetak Gol di Final AFF, Sani Rizky Ternyata Anggota Polda Metro Jaya

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya