Tim Sepakbola Sumut Tumbang 0-2 dari Tuan Rumah Papua

Langkah tim Sumut terhenti di babak 6 besar

Papua, IDN Times - Tim sepakbola Sumatera Utara kalah 2-0 dari tim tuan rumah Papua di babak enam besar PON Papua. Pada laga yang berlangsung di Stadion Mandala, Jayapura, Minggu (10/10/2021) siang Papua berhasil menaklukkan Sumut lewat gol Marthin (menit 64) dan M Arody (menit 89).

Pada laga dua hari sebelumnya, kesebelasan Sumut juga kalah dari Aceh dengan skor 2-1.

Dengan dua kekalahan ini, langkah Sumut di PON harus terhenti. Sedangkan tuan rumah Papua dan Aceh melaju ke babak semi final.

Baca Juga: Pengetahuan Masyarakat Minim, Pemasungan ODGJ masih Marak di Sumut

1. Kiper Muhammad Irfan tampil gemilang di babak pertama

Tim Sepakbola Sumut Tumbang 0-2 dari Tuan Rumah PapuaPelatih PON Sumut, Colly Misrun (IDN Times/Doni Hermawan)

Seperti dilansir Antara, Pelatih kepala Papua Eduard Ivakdalam melakukan dua perubahan susunan pemain dibandingkan melawan Aceh, lantaran kapten Ricky Ricardo Cawor dan penyerang sayap lainnya Jefron Sitawa masih belum cukup bugar untuk turun sejak awal, sehingga Salvador Ayomi dan Rafiko Nawipa diplot mengisi trio lini depan mendampingi M. Arody Uopdana.

Selain itu di bawah mistar gawang kiper pelapis Jhon Rericnal Pigai juga diberi kepercayaan agar kiper utama Adzib Al Hakim Arsyad bisa beristirahat.

Sementara di kubu Sumut hanya terdapat dua perubahan dengan pelatih kepala Colly Misrun menurunkan gelandang serang Kevin Armedyah Nur Erwihas yang kembali dari sanksi kartu merah dan kiper Muhammad Irfan yang sudah puluh dari cedera.

Tempo pertandingan berlangsung relatif lambat dan peluang berbahaya pertama lahir pada menit ke-18 dari sepakan bek sayap Papua I Nyoman Nikson Ansanay yang merangsek ke dalam kotak penalti Sumut, sayang bola masih bisa dihalau oleh kiper Muhammad Irfan.

Sejak serangan itu, perlahan Papua semakin percaya diri menggempur pertahanan Sumut, tetapi peluang-peluang yang diciptakan Arudy Uopdana, Samuel Gideon Balinsa maupun Alpons Migau masih belum membuahkan gol.

Sumut berusaha memberikan perlawanan, tapi bangunan serangan mereka lebih sering patah bahkan sebelum memasuki sepertiga akhir pertahanan Papua.

Buntunya lini depan Papua, memaksa Eduard mengirim masuk Ricky Ricardo menggantikan Salvador Ayomi pada menit ke-35, sayangnya sang kapten belum mampu mengubah kedudukan 0-0 hingga waktu turun minum.

Hal itu tidak lepas dari aksi gemilang Muhammad Irfan melakukan empat tembakan beruntun dari Ricky Cawor, Arody Uopdana dan Rafiko Nawipa pada awal injury time babak pertama.

2. Babak kedua Papua berhasil mencetak dua gol

Tim Sepakbola Sumut Tumbang 0-2 dari Tuan Rumah PapuaKondisi Stadion Mandala Jayapura yang akan digunakan sebagai venue cabang olahraga (cabor) sepakbola PON XX, Kota Jayapura, Papua, Jumat (2/7/2021). ANTARA FOTO/Indrayadi TH

Memasuki babak kedua, Sumut tampil lebih agresif dalam melancarkan serangan serta cukup jeli melihat celah-celah kesalahan Papua.

Papua nyaris membuka keunggulan saat Samuel Gideon melepaskan eksekusi tendangan bebas yang sayangnya bisa ditepis oleh Muhmmad Irfan.

Namun hasil sepak pojok dari situasi itu bisa dikirimkan oleh Samuel Gideon dan disambut sontekan Marthin Alesandro yang memecah kebuntuan serta membawa Papua memimpin 1-0 atas Sumut pada menit ke-65.

Gol itu membuat Papua kian percaya diri melancarkan serangan dan nyaris menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-73 setelah Ricky Ricardo meliuk-liuk memperdaya bek Sumut, sayang tembakan penyelesaiannya yang melengkung berakhir menghantam mistar gawang.

Di ujung lapangan berbeda lima menit berselang tercipta kemelut hasil situasi sepak pojok Sumut, yang sayangnya belakangan bisa disapu oleh para pemain Papua.

Tepat di pengujung waktu normal, Papua berhasil melengkapi kemenangan mereka menjadi 2-0 berkat gol Arody Uopdana yang menyambar bola muntah hasil penyelamatan tak sempurna Muhammad Irfan atas sepakan voli Rafiko Nawipa.

3. Di semifinal, Papua vs Kaltim dan Jatim vs Aceh

Tim Sepakbola Sumut Tumbang 0-2 dari Tuan Rumah PapuaSemarak pembukaan PON Papua 2021. ( ANTARA FOTO/Zabur Karuru/wsj)

Berbarengan dengan hasil ini di Grup E Jawa Timur menang 2-0 atas Jawa Barat. Hasil itu membuat Jatim lolos sebagai pemuncak Grup E .

Di semifinal, Papua akan bertemu Kaltim sedangkan Jatim menghadapi Aceh.

Baca Juga: Sumut Turun ke Posisi 9 Klasemen PON, Biliar Pastikan Medali Hari Ini

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya