Comscore Tracker

Erick Thohir Beli Saham 2 Klub Bola, Presiden Jokowi: Semua Dibeli

Candaan Jokowi di depan nelayan Maluku Tengah

Jakarta, IDN Times - Menteri BUMN Erick Thohir tak bisa dikesampingkan dari sepak bola. Ya, Erick Thohir diketahui memiliki saham di beberapa klub sepak bola Indonesia. Teranyar Erick membeli saham klub Persis Solo bersama Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo dan juga klub Inggris, Oxford United.

Kegemaran Erick membeli saham klub bola jadi bahan guyonan Jokowi saat bercengkrama dengan para nelayan dan penjual ikan di Dermaga Huseka'a Hitu, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (25/3/2021). Saat itu Erick ikut bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Jokowi sepertinya sengaja menyambungkan obrolannya dengan sepak bola karena tahu Maluku Tengah, salah satu daerah yang kental dengan sepak bola. "Itu ada Pak Menteri BUMN. Kalau masalah bola, tahu Pak Erick," kata Jokowi.

Baca Juga: Resmi Ikat Gede Sukadana dan Junda, PSMS Incar Pemain Piala Menpora

1. Bercengkrama dengan nelayan soal sepak bola

Erick Thohir Beli Saham 2 Klub Bola, Presiden Jokowi: Semua DibeliANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Seorang peserta yang hadir pun menimpali Jokowi dengan mengatakan Maluku memiliki banyak talenta pemain bola. Memang tak salah, karena sudah terbukti, Tulehu yang berada di Maluku Tengah, sudah menjadi produsen pemain profesional di Indonesia.

Beberapa bintang lahir dari Tulehu, sebut saja Rizky Pellu, Hendra Adi Bayaw, Ramdani Lestaluhu, Abduh Lestaluhu, dan lainnya. 

Mendengar pernyataan peserta tersebut, Jokowi kembali melempar pertanyaan kepada para hadirin, "Tahu enggak, pak Erick ini pemilik kesebelasan apa?"
 
Para hadirin yang berada di lokasi spontan menyebut Inter Milan. "Pemilik kesebelasan apa tahu? Inter Milan, haha betul," timpal Jokowi.
 
"Kalau di Indonesia pemilik apa? Baru saja beli Persis Solo. Semua dibeli," canda mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

2. Erick baru saja membeli Persis Solo

Erick Thohir Beli Saham 2 Klub Bola, Presiden Jokowi: Semua DibeliMenteri BUMN Erick Thohir (Dok. IDN Times/Humas BUMN)

Erick yang mendengar percakapan ringan tersebut cuma membalasnya dengan tawa. Begitu pula dengan para nelayan yang hadir. Erick memang belum lama ini membeli saham Persis Solo sebesar 20 persen.
 
Erick bersama dengan putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, dan beberapa pengusaha lain, akan mengelola klub tersebut. Selain itu, Erick dalam waktu dekat akan mengakuisisi klub asal Inggris, Oxford United, bersama dengan Anindya Novyan Bakrie.

3. Erick sempat memiliki saham Inter Milan

Erick Thohir Beli Saham 2 Klub Bola, Presiden Jokowi: Semua DibeliPemain Inter Milan merayakan kemenangan atas AC Milan saat pertandingan perempat final Coppa Italia di Stadion San Siro, Milan, Rabu (27/1/2021) dini hari. Inter Milan memenangi pertandingan dengan skor 2-1 dan melaju ke semifinal. ANTARA FOTO/REUTERS/Daniele Mascolo

Soal Inter, sebenarnya Erick sudah melepas seluruh sahamnya di sana. Dia cuma memiliki saham Inter selama enam tahun, 2013 hingga 2019. Erick sempat menjabat sebagai Presiden Inter, menggantikan Massimo Moratti.

Saham Erick di Inter pada 2019 dilepas ke Suning Group. Dalam tahun yang sama, Erick melepas jabatannya sebagai Wakil Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat, perusahaan penopang Persib Bandung.

Bukan cuma Inter, klub luar negeri yang pernah dimiliki Erick. Dia juga sempat membeli klub Major League Soccer, DC United. Erick juga memiliki klub basket Satria Muda. Klub NBA, Philadelphia 76ers, juga sempat dimiliki Erick, sebelum pada akhirnya dijual.

Baca Juga: Mahkamah Agung Putuskan Nama dan Logo PSMS Milik Warga Sumut 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya