Chelsie Monica, Komentator Dewa Kipas Vs Irene yang Bikin Salfok!

Chelsie Monica mencuri perhatian

Jakarta, IDN Times - Dalam pertandingan antara Dewa Kipas dan Irene Sukandar pada Senin (22/3/2021), yang disiarkan langsung di YouTube Deddy Corbuzier, Close The Door, ada satu nama yang menarik perhatian. Dia adalah Chelsie Monica Ignesias Sihite.

Chelsie menjadi komentator pertandingan antara Dewa Kipas dan Irene Sukandar, bersama dengan Susanto Megaranto. Berstatus Master, Chelsie didapuk sebagai komentator, namun malah membuat publik salah fokus. Apalagi, kalau bukan karena parasnya yang menawan.

Bahkan, Deddy saja sempat membuat jokes untuk Chelsie. "Saya kalau mau les private catur bukan dengan Anda (Susanto Megaranto). Tapi sama dia (Chelsie), enak ada pemandangannya," kata Deddy.

Tapi, selain paras menawan, Chelsie ternyata punya prestasi luar biasa di level nasional dan internasional.

Baca Juga: GothamChess Buka Suara Usai Dewa Kipas Keok

1. Chelsie karib dengan catur sejak masih bocah

Chelsie Monica, Komentator Dewa Kipas Vs Irene yang Bikin Salfok!Chelsie Monica (Instagram.com/chelsie.monica)

Chelsie lahir di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 2 November 1995 silam. Sejak masih bocah, dia sudah tertarik pada dunia catur, karena pengaruh dari sang ayah.

Akhirnya, Chelsie kerap meminta kepada sang ayah untuk mengajarinya bermain catur. Dari situ, bakat Chelsie sebagai pecatur muncul dan mulai serius menggelutinya.

2. Chelsie mendapatkan gelar Woman International Master pada 2011

Chelsie Monica, Komentator Dewa Kipas Vs Irene yang Bikin Salfok!Chelsie Monica (Instagram.com/chelsie.monica)

Pada 2011 silam, Chelsie mendapatkan gelar Woman International Master (WIM) tanpa harus melalui tiga kali norma, dalam sebuah ajang di Tarakan bernama ASEAN+ Age Group Chess Championship.

Selanjutnya, dalam ajang World Junior Ches Championship 2012 Girls Under 20 di Yunani, Chelsie juga mampu finis di urutan delapan dengan raihan poin 8,5/13, plus rating performance sebesar 2.319. Dia mampu bersaing dengan para pecatur internasional lainnya dalam ajang tersebut.

Lalu, dalam Olimpiade Catur 2012 di Istanbul, Chelsie mampu meraih poin 8/10. Di ajang itu, dia meraih norma grandmaster pertamanya, sekaligus peningkatan ELO rating sebesar +45 poin. Dia juga mencatatkan rating performance sebesar 2.370 di ajang itu.

3. Chelsie terdaftar di situs resmi FIDE

Chelsie Monica, Komentator Dewa Kipas Vs Irene yang Bikin Salfok!Chelsie Monica (Instagram.com/chelsie.monica)

Berkat segala capaiannya sejauh ini di dunia catur, Chelsie saat ini sudah terdaftar di situs resmi Federasi Catur Dunia (FIDE), dengan nomor kode 7101198. Per Oktober 2012, dia memiliki rating 2.254.

Selain gelar-gelar di atas, berikut adalah deretan gelar lain yang pernah didapat oleh Chelsie Monica, baik di level Asia maupun dunia.

- Peringkat 2 ASEAN Age Group Chess Championship di Muangthai (2005)
- Peringkat 2 di 6th World Scholl Chess Festival di Singapura (2006)
- Peringkat 2 ASEAN Age Group Chess Championship di Indonesia (2006)
- Juara World School Chess Championship di Singapura (2008)
- Juara ASEAN Age Group Girl Under-16 di Filipina (2011)
- Juara 1 Turnamen Catur Piala Gubernur Chelyabinsk, Rusia (2011)

Baca Juga: Dewa Kipas Vs Irene Sukandar Catat Rekor Penonton Live YouTube

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya