Pekan Paralimpiade Nasional 2020, Sumut Targetkan Borong Emas

Gubernur Edy beri dukungan penuh atlet

Medan, IDN Times - Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2020 akan dihelat di Papua November mendatang. Atlet dari Sumatera Utara pun disiapkan untuk memperebutkan medali di sana.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi berharap para atlet bisa mengharumkan Sumatera Utara di kancah nasional. Hal itu diungkapkan Edy saat para atlet menemuinya, Senin (27/1).

"Saya bangga dengan atlet kita saat ini, terutama dengan adik-adik penyandang disabilitas yang tergabung dalam NPC Provinsi Sumut. Sudah kewajiban saya mendukung atlet-atlet untuk ikut berpartisipasi pada ajang bergengsi,” ujar Edy Rahmayadi.

1. Para atlet harus berlatih keras untuk sabet emas

Pekan Paralimpiade Nasional 2020, Sumut Targetkan Borong EmasAtlet NPC Sumut targetkan borong emas pada Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2020 akan dihelat di Papua November mendatang (Dok. Humas Pemprov Sumut)

Dalam kesempatan itu, Edy juga mengingatkan para atlet untuk berlatih secara ketat. Sehingga persiapan untuk bertanding menjadi maksimal.

"Para atlet yang akan berangkat ke Papua sudah bisa memulai pelatihan dari sekarang. Lakukanlah yang terbaik untuk menjadikan Sumut Bermatabat," ujarnya.

Baca Juga: Momen Iduladha, Atlet dan Pengurus NPC Berkurban 2 Ekor Sapi

2. Optimis torehkan Sumut di tiga besar

Pekan Paralimpiade Nasional 2020, Sumut Targetkan Borong Emasparalympic.org

Sementara itu Ketua National Paralympic Comittee (NPC) Sumut Alan Sastra Ginting optimis atletnya bertarung di Peparnas. Dia menargt para atlet bisa mencatatkan namanya di tiga besar.

"Target kita adalah mempertahankan hasil akhir di posisi ketiga pada Peparnas 2020. Sedikitnya ada 300 atlet yang telah kita siapkan. Namun pesan Pak Gubernur untuk mengutamakan atlet yang berpotensi mendulang emas lebih banyak, seperti cabang olahraga atletik, angkat berat, judo dan catur sehingga nanti akan kita berangkatkan sekitar 60 hingga 65 atlet,” ungkapnya.

3. NPC Sumut juga akan berangkatkan atlet ke Jepang dan Filipina

Pekan Paralimpiade Nasional 2020, Sumut Targetkan Borong EmasANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Selain Peparnas 2020, NPC Sumut juga berencana memberangkatkan altet Sumut untuk mengikuti Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara 2020 yang akan berlangsung Maret mendatang di Flipina  dan Paralympic Games 2020 yang digelar Agustus-September di Tokyo.

"Sudah direkomendasikan pusat. Ada lima atlet asal Sumut yang lolos untuk mengikuti Paralympic 2020. Cuma yang sudah diluluskan Komite Paralimpiade Internasional masih satu yakni Putri Aulia dari Cabor atletik pemegang ranking tiga besar dunia tampil di nomor 100 dan 400 meter (T13 putri)," ujarnya.

Baca Juga: NPC Sumut Kirim 4 Atlet Ikuti Grand Prix Dubai

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya