Bartek Marzalek Juara F1H2O Toba: Sirkuit yang Sangat Tricky

Danau Toba jadi sirkuit favorit Bartek

Toba, IDN Times - Pembalap Polandia, Bartek Marszalek menjuarai balapan perdana F1H2O musim 2023 di Danau Toba, Balige, Toba, Minggu (26/2/2023). Ini adalah kemenangan pertama bagi Bartek selama debutnya di balapan perahu cepat itu sejak 2011.

“Penonton memberikan atmosfir yang membuat semangat saya meningkat,” ujar Bartek dalam temu pers, minggu petang.

Bartek mencatatkan kemenangan dengan perolehan waktu 01:02.23. Dia menjadi juara setelah pembalap Shaun Torrente terkena penalti satu lap.

Bagi Bartek, bermain di Danau Toba memberikan tantangan yang menarik. Selama ini dia lebih sering bermain di air asin.

“Sirkuit sangat-sangat tricky,” ungkap pembalap dari tim Stromoy Racing.

Pun begitu dia benar-benar kagum akan sirkuit di Danau Toba. Bahkan sejak awal sesi latihan bebas, dia sudah mendapat tantangan. Dia pun ingin kembali berlaga jika kelak F1 Powerboat dihelat kembali di danau vulkanot terbesar di dunia itu.

“Karakteristik sirkuit air yang saya favorikan di dunia adalah Danau Toba,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Bartek adalah pembalap yang lahir di Warsawa 9 September 1983. Dia berasal dari keluarga dengan silsilah balap yang kuat.

Dia memulai balapan pada tahun 2005 di kelas Formula 250 dan memenangkan Kejuaraan Polandia. Musim berikutnya dia naik ke kelas Formula 350 dan menempati posisi kedua di Kejuaraan Dunia.

Marzalek debut perdana di F1H2O pada 2011. Saat itu dia menempati posisi paling buncit. Performanya membaik di musim kedua dan terus naik perlahan hingga mencapai posisi 9 tahun 2014.

Prestasi terbaiknya adalah posisi 5 klasemen akhir tahun 2019. Musim lalu dia turun lagi ke posisi 7. Dia berduet dengan pembalap perempuan satu-satunya Marit Stromoy.

Baca Juga: Balapan Serie Kedua Distop, Bartek Marszalek Jadi Juara F1H2O Toba

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya