Pencak Silat, Dari Indonesia hingga Tenar ke Seluruh Dunia

Orang Amerika aja belajar pencak silat, masa kamu gak?

Jakarta, IDN Times - Tahukah kamu keberagaman di Indonesia tidak hanya dari segi adat istiadat, budaya maupun bahasa.saja.

Dari seni bela diri, Indonesia juga punya banyak macam. Salah satu yang terkenal adalah pencak silat.

Pencak silat merupakan bela diri tradisional Indonesia. Awal mula lahirnya dari suku Melayu pesisir Sumatra dan semenanjung Malaka. Sekarang, jenis bela diri ini tidak hanya ada di Indonesia tetapi sudah terkenal ke berbagai negara.

Salah satu negaranya adalah Amerika Serikat yang memiliki atlet sekaligus pemain film international bernama Stephan Berwick. Melalui perbincangan IDN Times dengan beliau dan tim di @america, Pacific Place, Jakarta, yuk kenalan dengan beliau!

1. Siapa Stephan Berwick? Yuk, kenal lebih dekat!

Pencak Silat, Dari Indonesia hingga Tenar ke Seluruh DuniaIDN Times/Nisa Widya Amanda

Stephan Berwick adalah seorang warga negara asli Amerika Serikat. Beliau adalah seorang atlet bela diri dan aktor. Debut film pertamanya adalah bermain di film Hongkong.

2. Awal mula belajar seni bela diri

Pencak Silat, Dari Indonesia hingga Tenar ke Seluruh DuniaIDN Times/Nisa Widya Amanda

Saat beliau masih belia, ayahnya memberikan sebuah buku tentang bela diri. Buku tersebut merupakan sejarah dari seni bela diri. Melihat gambar-gambar yang terdapat di dalamnya membuat ia tertarik untuk mempelajarinya.

3. Apa yang dilakukan setelah beliau menguasai ilmu seni bela diri?

Pencak Silat, Dari Indonesia hingga Tenar ke Seluruh Duniabaltimoremartialarts.com

Stephan bersama temannya pergi ke Hongkong dan diberi kesempatan untuk bermain film. Setalah itu, ia kembali ke Amerika dan mengajar orang-orang China yang tinggal di sana, serta warga Amerika. Stephan mengajari mereka dengan menggunakan musik klasik karena beliau ingin memperkenalkan bahwa bela diri bukan bentuk kekerasan tetapi sebuah seni.

4. Tantangan saat mengajari orang Amerika

Pencak Silat, Dari Indonesia hingga Tenar ke Seluruh Duniamp-usa.org

Olahraga seni bela diri sendiri datangnya dari benua Asia. Jadi, tentu lebih sulit bagi orang-orang Eropa maupun Amerika saat mempelajari ini. Salah satunya, mereka ingin cepat mahir hanya dalam waktu dua minggu dan merasa sulit mengikuti gerakan-gerakannya. 

Baca Juga: Gak Cuma Ibu, Ini 7 Fakta Anak Sehat Tergantung Aktifnya Olahraga Ayah

5. Efek yang dirasakan oleh Stephan Berwick

Pencak Silat, Dari Indonesia hingga Tenar ke Seluruh DuniaIDN Times/Nisa Widya Amanda

Banyak hal yang dirasakan Stephan dalam hidupnya dengan mempelajari jenis olahraga satu ini. Dalam kehidupan sehari-hari ia menjadi lebih disiplin dan lebih kuat, bila dibandingkan dengan teman-teman seumurannya.

6. Bagaimana dengan Indonesia?

Pencak Silat, Dari Indonesia hingga Tenar ke Seluruh DuniaIDN Times/Nisa Widya Amanda

Tidak kalah dari Amerika Serikat, Indonesia juga memiliki atlet bela diri yang gak kalah keren. Ia adalah Puspa Arumsari, yang di bulan Agustus 2018 lalu berhasil mengharumkan nama Indonesia melalui pesta olahraga Asian Games, yang diselenggarakan di Jakarta-Palembang.

7. Perjalanannya menjadi seorang atlet pencak silat

Pencak Silat, Dari Indonesia hingga Tenar ke Seluruh DuniaIDN Times/Nisa Widya Amanda

Puspa mengenal olahraga ini awalnya hanya ikut-ikutan dari kakak laki lakinya yang merupakan seorang pelatih di perguruan pencak silat. Dari situ timbul rasa penasaran Puspa untuk belajar pencak silat dan lama-lama menjadi suka.

Lambat laun Puspa mengetahui bahwa pencak silat adalah budaya dan milik Indonesia. Jadi pikirnya, jika bukan anak muda Indonesia, siapa lagi yang akan meneruskan olahraga bela diri ini?

8. Puspa Arumsari mencetak banyak prestasi, termasuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional

Pencak Silat, Dari Indonesia hingga Tenar ke Seluruh DuniaIDN Times/Nisa Widya Amanda

Puspa pernah mengalami sebuah momen yang menjadikannya cambuk untuk berlatih lebih giat. Di suatu waktu, Puspa mengikuti sebuah kejuaraan di mana waktu persiapannya hanya lima jam sebelum hari H untuk menghafal 100 lebih gerakan.

Saat tampil, ia lupa gerakan transisi. Momen inilah yang menjadikan Puspa terkenal dan hebat seperti sekarang ini, yang menorehkan prestasi, baik di kancah nasional maupun international. Prestasinya antara lain adalah Sea Games Malaysia – Perunggu, Kejuaran Dunia di Jakarta – Emas, PON Jawa Barat – Emas, yang merupakan batu loncatannya masuk ke pelatnas sebagai tim elit internasional Indonesia dan Asian Games 2018 – Emas.

9. Harapan Puspa untuk pencak silat Indonesia

Pencak Silat, Dari Indonesia hingga Tenar ke Seluruh Duniapicluck.net

Puspa ingin olahraga ini masuk ke ajang olimpiade, agar lebih mendunia. Di ajang Olimpiade Tokyo 2020 nanti, pencak silat akan masuk ekshibisi dan ke depannya di olimpiade berikutnya, sudah bisa masuk cabang olahraga yang dipertandingkan.

Sangat menganggumkan ya prestasi kedua tokoh di atas. Kita sebagai generasi muda sepatutnya juga seperti mereka. Berusaha, kerja keras dan bisa mengharumkan nama bangsa kita sendiri. Ayo, kamu, anak muda, jangan mau ketinggalan mencetak prestasi!

Baca Juga: Jadi Kuat dan Sehat, Ini 6 Manfaat Bela Diri bagi Kesehatan Dirimu

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya