Donald Pandiangan, Legenda Panahan Sumut yang Masuk Google Doodle

Dikenal sebagai Robin Hood Indonesia

Medan, IDN Times- Donald Pandiangan ditampilkan di Google Doodle hari ini, Senin (12/12/2022). Hal itu bertepatan dengan hari kelahirannya. Donald adalah mantan atlet nasional dalam bidang olahraga panahan Indonesia. 

Donald Pandiangan adalah atlet legenda nasional yang lahir di Sumatra Utara. Berikut sekilas fakta soal Donald Pandiangan.

1. Dikenal sebagai Robin Hood Indonesia

Donald Pandiangan, Legenda Panahan Sumut yang Masuk Google DoodleSejumlah atlet panahan mengambil anak panah dalam kualifikasi perorangan putri Olimpiade Tokyo 2020 di Yumenoshima Park Archery Field, Tokyo, Jepang, Jumat (23/7/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Donald merupakan atlet panahan kelahiran 12 Desember 1945, di Sidikalang, Sumatra Utara. Ia tutup usia pada 20 Agustus 2008.

Semasa hidupnya, ia menorehkan prestasi luar biasa. Ia bahkan dikenal sebagai Robin Hood Indonesia dikarenakan kesuksesan sebagai atlet maupun saat menjadi pelatih. 

Baca Juga: 5 Fakta Kyudo, Seni Bela Diri Panahan asal Jepang

2. Semasa hidupnya, Donald meraih banyak medali

Donald Pandiangan, Legenda Panahan Sumut yang Masuk Google DoodleIlustrasi olahraga panahan (Pexels/Kampus Production)

Donald Pandiangan memiliki nama lengkap Donald Djatunas Pandiangan. Ia dikenal sebagai atlet nasional dalam bidang olahraga panahan Indonesia. Semasa hidupnya, Donald meraih banyak medali dalam Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games).

Donald Pandiangan telah memenangkan lebih dari 20 medali emas SEA Games 1977-1987 di semua level nomor tanding.

3. Sosok Donald pernah diceritakan dalam film tiga Srikandi

Donald Pandiangan, Legenda Panahan Sumut yang Masuk Google DoodleIlustrasi atlet panahan Indonesia saat bertanding. (IDN Times/Herka Yanis)

Salah satu prestasi yang ditoreh Donald adalah ketika menjadi pelatih trio Lilies Handayani, Nurfitriana Saiman, dan Kusuma Wardhani. Mereka berhasil merebut perak Olimpiade 1988 di Seoul, Korea Selatan.

Sosok Donald pernah diceritakan dalam film tiga Srikandi pada 2016 lalu. Film itu mengisahkan keberhasilan Indonesia yang sukses meraih medali pertamanya di Olimpiade. Aktor yang memerankan sosoknya adalah Reza Rahardian.

Baca Juga: Kenapa Elon Musk Aktifkan Kembali Akun Twitter Donald Trump?

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya