Demi Sukseskan PON 2024, Gubernur Edy  Belajar dari Jawa Barat

Edy pengin Sumut berada di posisi teratas

Medan, IDN Times- Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Edy Rahmayadi ingin Sumut sukses melaksanakan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI tahun 2024. baik sukses sebagai tuan rumah bersama Aceh, maupun prestasi.

"Jabar sudah membuktikan tiga kali juara di PON, di atas terus, nah ini yang perlu kita pelajari sama Jabar, semoga nanti PON 2024 Sumut yang paling atas," kata Edy Rahmayadi saat rapat persiapan PON XXI di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Sabtu (4/6/2022).

1. Edy minta saran ke Jabar

Demi Sukseskan PON 2024, Gubernur Edy  Belajar dari Jawa BaratPelempar lembing Sumatera Utara Abd Hafiz mengikuti nomor Final Lempar Lembing PON XX Papua di Stadion Atletik, Mimika Sport Complex, Selasa (5/10/2021). (Dok.IDN Times/PB PON XX Papua)

Untuk mempersiapkan atlet meraih prestasi, Edy akan meminta saran dan belajar dari Jabar mengenai persiapan non fisik penyelenggaraan PON mendatang. Menurut Edy, persiapan non fisik merupakan hal paling krusial selain persiapan fisik, seperti infrastuktur. Kemudian persiapan non fisik merupakan aspek teknis penyelenggaraan suatu event.

Baca Juga: Edy Beri Bonus Rp1 M untuk Atlet Sumut Peraih Medali SEA Games Vietnam

2. Gubernur meminta OPD untuk mulai mempersiapkan kebutuhan PON

Demi Sukseskan PON 2024, Gubernur Edy  Belajar dari Jawa BaratPelari Sumut Agustina Mardika Manik memenangkan lari 1.500 meter putri PON XX Papua di Stadion Atletik, Mimika Sport Complex, Senin (11/10/2021). (Dok.PB PON XX Papua / Rommy Pujianto)

Pada kesempatan itu, Edy juga meminta para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mulai mempersiapkan kebutuhan PON yang terkait instansinya masing-masing. Mulai dari venue, penginapan atlet dan lain-lain.

"Kita kerja standar saja tak cukup sekarang, kita harus all out, berbuat yang terbaik," kata Edy.

3. Provinsi Jabar menjadi tuan rumah PON pada tahun 2016

Demi Sukseskan PON 2024, Gubernur Edy  Belajar dari Jawa BaratPelari Sumut Agustina Mardika Manik usai memenangkan lari 1.500 meter putri PON XX Papua di Stadion Atletik, Mimika Sport Complex, Senin (11/10/2021). (Dok.PB PON XX Papua / Rommy Pujianto)

Provinsi Jabar menjadi tuan rumah PON pada tahun 2016. Pada penyelenggaraan PON tersebut, Jabar berhasil menyabet gelar juara umum. Oleh karena itu, Edy memanggil pihak-pihak yang terlibat pada PON dari Jabar untuk dimintai saran.

Ketua KONI Jabar Ahmad Saefudin, yang hadir dalam rapat tersebut mengatakan, dalam suatu even olahraga, ada beberapa sukses yang harus diraih oleh tuan rumah.

Pertama sukses penyelenggaraan, kedua sukses administrasi dan ketiga sukses prestasi. Menurutnya, kesuksesan tersebut diraih lantaran soliditas setiap orang, mulai dari pimpinan hingga bawahan mampu melakukan sesuatu yang memang seharusnya dilakukan. Katanya, hal yang harus dipersiapkan Sumut adalah penggorganisasian. 

Baca Juga: Para Mantan Atlet Nasional Minta KONI Tuntaskan Persoalan PRSI Sumut 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya