Comscore Tracker

Gantung Raket, Ini Catatan Emas Lin Dan di Dunia Bulu Tangkis

Tapi ada satu gelar yang masih buatnya penasaran

Jakarta, IDN Times - Satu lagi legenda bulu tangkis dunia memutuskan gantung raket. Lin Dan legenda bulu tangkis asal Tiongkok resmi pensiun di usia 37 tahun. 

Lin Dan pensiun dengan nama yang harum. Sembilan tahun lalu atau tepatnya saat berusia 28 tahun, Lin Dan sudah meraih hampir semua gelar jawara badminton bergengsi. Bahkan Lin Dan satu-satunya pebulu tangkis tunggal putra yang mampu melakukannya.

Seperti apa sih kisah dan catatan Lin Dan di dunia bulu tangkis? 

1. Punya gelar Super Grand Slam saat usianya baru 28 tahun

Gantung Raket, Ini Catatan Emas Lin Dan di Dunia Bulu TangkisAksi tunggal putra Tiongkok, Lin Dan, di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019. bwfbadminton.com

Ketika berusia 28 tahun, Lin Dan telah memiliki 9 gelar bulu tangkis paling bergengsi dunia mulai dari Olimpiade, Kejuaraan Dunia, Piala Dunia, Super Series Masters Finals, All England Open, Asian Games, dan Kejuaraan Asia.

Selain itu, dia juga sukses membawa pulang gelar juara saat memperkuat Tiongkok menjalani turnamen beregu di Piala Thomas dan Piala Sudirman. Lin Dan tercatat sebagai tunggal putra pertama dan satu-satunya di dunia sejauh ini yang berhasil menorehkan capaian tersebut.

Baca Juga: Gantung Raket, 5 Fakta Hebat yang Pernah Diukir Tontowi Ahmad

2. Lin Dan kalahkan capaian sendiri di Olimpiade

Gantung Raket, Ini Catatan Emas Lin Dan di Dunia Bulu Tangkisbwfbadminton.com

Pada Olimpiade Beijing 2008, Lin Dan mempersembahkan medali emas Olimpiade perdananya untuk Tiongkok. Kala itu, Lin Dan berhadapan dengan wakil Malaysia, Lee Chong Wei.

Empat tahun kemudian, dalam gelaran Olimpade London 2012, Lin Dan berhasil back to back dengan kembali membawa pulang emas usai menundukkan rival abadinya, Lee Chong Wei.

3. Belum berhasil bawa pulang gelar juara Indonesia Open

Gantung Raket, Ini Catatan Emas Lin Dan di Dunia Bulu TangkisIDN Times/Margith Juita Damanik

Dilansir dari sejumlah sumber, Lin Dan memang tercatat memiliki hampir seluruh gelar di dunia bulu tangkis. Namun, satu dari tiga turnamen BWF World Tour Super 1000 belum berhasil ditaklukkannya.

Turnamen tersebut adalah Indonesia Open. Tercatat ikut turnamen BWF Super 1000 tersebut sejak 2002, hingga masa pensiunnya Lin Dan belum juga bisa membawa pulang gelar juara Indonesia Open dan menaklukkan keangkeran Istora Senayan.

Baca Juga: [BREAKING] Atlet Legendaris Tiongkok, Lin Dan, Resmi Gantung Raket!

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya